Blog

Sumber Daya Alam Yang Dapat Diperbaharui Dan Tidak Dapat Diperbaharui

Sumber daya alam merupakan segala sesuatu yang berasal dari alam dan dapat dimanfaatkan oleh manusia untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Sumber daya alam dapat dibedakan menjadi dua, yaitu sumber daya alam yang dapat diperbaharui dan sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui.

Sumber Daya Alam Yang Dapat Diperbaharui

Sumber daya alam yang dapat diperbaharui adalah sumber daya alam yang dapat diperbarui atau diperbaharui dalam waktu yang relatif singkat. Sumber daya alam ini dapat diproduksi kembali oleh alam dalam waktu yang tidak terlalu lama. Beberapa contoh sumber daya alam yang dapat diperbaharui adalah:

  1. Tanah
  2. Air
  3. Hutan
  4. Biomassa

Tanah

Tanah merupakan sumber daya alam yang sangat penting bagi keberlangsungan kehidupan manusia. Tanah dapat diperbaharui melalui proses alami seperti erosi, sedimentasi, dan dekomposisi bahan organik.

Air

Air merupakan sumber daya alam yang sangat penting bagi kehidupan manusia. Air dapat diperbaharui melalui siklus air yang terjadi di alam, yaitu penguapan, kondensasi, presipitasi, dan infiltrasi.

Hutan

Hutan merupakan salah satu sumber daya alam yang dapat diperbaharui. Hutan dapat diperbaharui melalui proses fotosintesis oleh tumbuhan yang ada di dalamnya.

Biomassa

Biomassa merupakan sumber daya alam yang berasal dari makhluk hidup, seperti tumbuhan dan mikroorganisme. Biomassa dapat diperbaharui melalui proses pertumbuhan organisme hidup tersebut.

Sumber Daya Alam Yang Tidak Dapat Diperbaharui

Sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui adalah sumber daya alam yang jumlahnya terbatas dan tidak dapat diperbarui oleh alam dalam waktu yang singkat. Penggunaan sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui secara berlebihan dapat mengakibatkan kepunahan sumber daya tersebut. Beberapa contoh sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui adalah:

  1. Batu bara
  2. Minyak bumi
  3. Gas alam
  4. Logam berharga

Batu Bara

Batu bara merupakan sumber daya alam yang berasal dari fosil tumbuhan yang terjadi dalam jumlah yang sangat terbatas. Penggunaan batu bara secara berlebihan dapat menyebabkan penipisan sumber daya ini.

Minyak Bumi

Minyak bumi merupakan sumber daya alam yang proses terbentuknya memakan waktu jutaan tahun. Karena itu, minyak bumi termasuk sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui dalam waktu yang relatif singkat.

Gas Alam

Gas alam merupakan sumber daya alam yang berasal dari proses pembekuan sisa-sisa organisme laut. Gas alam termasuk sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui secara cepat.

Logam Berharga

Logam berharga seperti emas dan perak merupakan sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui dalam waktu yang singkat. Penggunaan logam berharga secara berlebihan juga dapat menyebabkan penipisan sumber daya ini.

Demikianlah penjelasan mengenai sumber daya alam yang dapat diperbaharui dan tidak dapat diperbaharui. Penting bagi manusia untuk menjaga dan mengelola sumber daya alam dengan bijaksana demi keberlangsungan hidup di bumi ini.

KSDA Jateng adalah portal berita dan informasi terbaru Jateng. Situs ini memiliki visi untuk memberikan informasi yang akurat, terkini, dan bermanfaat bagi masyarakat Jateng.
Back to top button