Blog

Cara Setor Tunai Di ATM BRI ke Rekening Sendiri dan Orang Lain

Gimana kabarnya, Sobat Finansial? Sudah tau belum cara setor tunai di ATM BRI? Jangan khawatir, karena kali ini kita bakal bahas secara lengkap dan detil gimana caranya. Dengan panduan ini, kamu bisa setor duit dengan mudah dan tanpa ribet di ATM BRI terdekat. Yuk, simak langkah-langkahnya!

Mengenal ATM BRI: Apa Saja yang Perlu Kamu Ketahui?

Pertama-tama, sebelum kita bahas cara setor tunai di ATM BRI, penting untuk kamu tahu dulu beberapa hal tentang ATM BRI itu sendiri. ATM BRI biasanya dapat ditemukan di berbagai tempat, mulai dari cabang bank, pusat perbelanjaan, hingga area umum lainnya.

Selain itu, ada dua jenis mesin ATM BRI yang biasa kamu temui, yaitu Cash Deposit Machine (CDM) dan Cash Recycling Machine (CRM). Mesin CDM digunakan khusus untuk melakukan setor tunai, sementara mesin CRM merupakan pengembangan dari CDM yang menggabungkan fungsi ATM dan CDM. Dengan mesin CRM, kamu bisa melakukan setor dan tarik tunai dalam satu mesin.

Persiapan Sebelum Setor Tunai di ATM BRI

Sebelum berangkat ke ATM BRI, pastikan kamu sudah menyiapkan duit tunai dalam pecahan Rp 100.000 atau Rp 50.000. ATM BRI hanya menerima uang dalam pecahan tersebut. Selain itu, pastikan juga uang dalam kondisi baik, tidak rusak, terlipat, atau lecek. Hal ini penting agar proses setor tunai berjalan lancar di mesin ATM.

Cara Setor Tunai Di ATM BRI

  1. Pergi ke ATM BRI TerdekatLangkah pertama tentu saja adalah pergi ke mesin ATM BRI terdekat dari lokasi kamu. Pastikan untuk memilih mesin yang memiliki fitur setor tunai (CDM) atau setor tarik tunai (CRM), sesuai kebutuhan transaksi kamu.
  2. Masukkan Kartu ATMBegitu sampai di mesin ATM, masukkan kartu ATM BRI kamu ke slot yang sesuai. Slot biasanya berada di bagian bawah mesin ATM.
  3. Masukkan PINSetelah memasukkan kartu, mesin ATM akan meminta kamu untuk memasukkan nomor PIN ATM kamu. Ketik dengan hati-hati dan pastikan tidak ada yang melihat saat kamu memasukkan PIN.
  4. Pilih “Setor Tunai”Pada layar mesin ATM, akan muncul beberapa opsi transaksi. Cari dan pilih opsi “Setor Tunai” atau yang serupa.
  5. Masukkan Jumlah Uang yang Akan DisetorSetelah memilih “Setor Tunai”, mesin ATM akan meminta kamu untuk memasukkan jumlah uang yang akan kamu setor. Gunakan keypad ATM untuk memasukkan jumlah tersebut.
  6. Verifikasi Jumlah UangPastikan untuk memeriksa kembali jumlah uang yang sudah kamu masukkan. Jika sudah benar, lanjutkan dengan menekan tombol “OK” atau yang sesuai.
  7. Pastikan Uang dalam Kondisi BaikSebelum menyetorkan uang ke mesin ATM, pastikan bahwa uang tersebut dalam kondisi baik dan tidak cacat. Mesin ATM biasanya tidak akan menerima uang yang rusak, terlipat, atau lecek.
  8. Masukkan Uang ke Slot yang TersediaSetelah verifikasi jumlah, masukkan uang ke dalam slot yang disediakan oleh mesin ATM. Pastikan untuk melakukan hal ini dengan hati-hati agar uang masuk dengan benar.
  9. Tunggu Proses Penyetoran SelesaiSetelah semua uang dimasukkan, tunggu proses penyetoran selesai. Mesin ATM akan memproses transaksi kamu dengan cepat.
  10. Ambil Resi Sebagai Bukti TransaksiSetelah proses selesai, mesin ATM akan mengeluarkan resi sebagai bukti transaksi. Jangan lupa untuk mengambil resi tersebut sebagai rekaman transaksi kamu.
  11. Ambil Kartu dan Uang yang Belum TerprosesSebelum meninggalkan mesin ATM, pastikan untuk mengambil kembali kartu ATM kamu dan uang tunai yang tidak terproses (jika ada).
  12. Pastikan Keluar dari Layar TransaksiTerakhir, pastikan untuk keluar dari layar transaksi dan mesin ATM dengan menekan tombol “Keluar” atau yang sesuai. Jangan biarkan mesin ATM dalam kondisi transaksi yang belum selesai.

Kesimpulan

Nah, itulah cara setor tunai di ATM BRI dengan mudah dan efisien. Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, kamu bisa melakukan setor tunai tanpa ribet di ATM BRI terdekat. Jadi, gak perlu khawatir lagi kalo mau setor duit, tinggal ikutin aja langkah-langkahnya. Semoga artikel ini bermanfaat ya, Sobat Finansial!

KSDA Jateng adalah portal berita dan informasi terbaru Jateng. Situs ini memiliki visi untuk memberikan informasi yang akurat, terkini, dan bermanfaat bagi masyarakat Jateng.
Back to top button