Blog

Cara Mengambil Uang Di ATM BRI Dengan dan Tanpa Kartu

Siapa yang tidak pernah merasakan kebutuhan mendesak akan uang tunai di tengah perjalanan atau dalam situasi darurat? Tidak perlu khawatir, karena sebagai nasabah Bank BRI, Anda memiliki opsi yang mudah dan fleksibel untuk menarik uang tunai baik dengan menggunakan kartu debit atau tanpa kartu. Mari kita bahas secara detail cara mengambil uang di ATM BRI.

Cara Mengambil Uang di ATM BRI dengan Kartu Debit

Anda sedang berada di tengah jalan dan mendadak butuh uang tunai? ATM BRI adalah teman terbaik Anda dalam situasi ini. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Temukan ATM BRI Terdekat Meskipun ATM BRI tersebar luas di seluruh Indonesia, pastikan Anda menemukan yang paling dekat dengan lokasi Anda saat itu.
  2. Masukkan Kartu ATM Setibanya di ATM, masukkan kartu ATM BRI Anda dengan hati-hati ke slot yang tersedia.
  3. Pilih Bahasa ATM BRI memiliki opsi bahasa, pilih “Bahasa Indonesia” agar Anda dapat dengan mudah memahami petunjuknya.
  4. Masukkan PIN Anda Ketikkan PIN ATM BRI Anda yang terdiri dari 6 digit dengan teliti untuk melanjutkan proses.
  5. Pilih Opsi “Tarik Tunai” atau “Transaksi Lainnya” Pilih opsi yang sesuai dengan kebutuhan Anda, apakah Anda ingin langsung menarik uang atau melakukan transaksi lainnya.
  6. Tentukan Jumlah Uang yang Diinginkan ATM BRI memberikan opsi untuk menarik uang dalam berbagai denominasi, pilihlah yang sesuai dengan kebutuhan Anda saat itu.
  7. Pilih Jenis Rekening Pilih apakah Anda ingin menarik uang dari rekening tabungan atau giro Anda.
  8. Tunggu Proses Selesai ATM akan melakukan proses verifikasi dan mengeluarkan uang tunai sesuai dengan permintaan Anda.
  9. Ambil Kartu ATM Anda Setelah selesai, jangan lupa untuk mengambil kembali kartu ATM Anda untuk keamanan.
  10. Ambil Uang Tunai Anda Uang tunai yang Anda tarik akan keluar dari mesin ATM, pastikan untuk mengambilnya dengan hati-hati.

Cara Mengambil Uang di ATM BRI Tanpa Kartu

Terkadang, Anda mungkin tidak membawa kartu ATM saat perlu menarik uang tunai. Tidak perlu khawatir, dengan fitur tarik tunai tanpa kartu dari BRI, Anda masih bisa mendapatkan uang tunai dengan mudah. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Buka Aplikasi BRImo di Smartphone Anda Pastikan aplikasi BRImo sudah terinstal di smartphone Anda. Buka aplikasi tersebut untuk memulai prosesnya.
  2. Masukkan Informasi Login Masukkan username dan password Anda atau gunakan fitur fingerprint jika tersedia untuk masuk ke aplikasi BRImo.
  3. Pilih Menu “Tarik Tunai” Temukan menu “Tarik Tunai” di aplikasi BRImo dan ketuk untuk melanjutkan.
  4. Pilih Rekening Sumber Dana Pilih rekening Anda yang akan digunakan untuk menarik uang tunai tanpa kartu.
  5. Tentukan Jumlah Uang yang Diinginkan Masukkan jumlah uang yang ingin Anda tarik melalui aplikasi BRImo.
  6. Konfirmasi Transaksi Masukkan password BRImo Anda untuk konfirmasi transaksi penarikan uang tunai.
  7. Dapatkan Kode Unik Setelah konfirmasi, Anda akan menerima kode unik yang diperlukan untuk menarik uang tunai di ATM.
  8. Pergi ke ATM BRI Terdekat Pergilah ke ATM BRI terdekat dengan membawa kode unik yang sudah Anda terima.
  9. Pilih “Transaksi Tanpa Kartu” di ATM Di mesin ATM, pilih opsi “Transaksi Tanpa Kartu” untuk melanjutkan prosesnya.
  10. Masukkan Kode Unik Masukkan kode unik yang Anda terima melalui aplikasi BRImo untuk memverifikasi transaksi.
  11. Masukkan Nomor Handphone yang Terdaftar Masukkan nomor handphone yang terdaftar di BRImo untuk melanjutkan proses penarikan uang tunai.
  12. Tunggu Proses Selesai ATM akan memproses permintaan Anda dan mengeluarkan uang tunai sesuai dengan jumlah yang diminta.
  13. Ambil Uang Tunai Anda Setelah selesai, ambillah uang tunai Anda dari mesin ATM dan pastikan jumlahnya sesuai dengan yang Anda minta.

Dengan cara ini, Anda dapat dengan mudah mengakses uang tunai di ATM BRI, baik itu dengan kartu debit atau tanpa kartu. Pastikan Anda selalu menjaga keamanan dan kerahasiaan informasi pribadi Anda saat melakukan transaksi di ATM.

Tips Keamanan Saat Mengambil Uang di ATM BRI

Saat melakukan transaksi di ATM, penting untuk selalu waspada dan mengikuti langkah-langkah keamanan berikut:

  1. Jaga Kerahasiaan PIN Jangan pernah memberitahu PIN ATM Anda kepada siapapun, termasuk kepada teman atau anggota keluarga. Selalu ingat dan jangan tuliskan PIN di tempat yang mudah dijangkau oleh orang lain.
  2. Perhatikan Sekitar ATM Sebelum melakukan transaksi, perhatikan apakah ada tanda-tanda yang mencurigakan di sekitar ATM seperti perangkat yang terpasang tidak biasa atau orang-orang yang mencurigakan. Jika merasa tidak aman, lebih baik mencari ATM lain.
  3. Gunakan ATM yang Terletak di Tempat Terbuka Pilihlah ATM yang terletak di tempat terbuka dan terang benderang, terutama saat melakukan transaksi pada malam hari.
  4. Lindungi PIN Saat Memasukkan Tutupi keypad ATM dengan tangan atau benda lain saat memasukkan PIN Anda untuk mencegah pengintai yang mencoba mencuri informasi.
  5. Periksa Kondisi Mesin ATM Sebelum memasukkan kartu ATM, periksa kondisi fisik mesin ATM. Jika ada kerusakan atau tanda-tanda manipulasi, jangan menggunakan ATM tersebut dan laporkan ke pihak bank terkait.
  6. Hati-hati Terhadap Orang yang Mendekati Hindari berbicara dengan orang asing yang mendekati Anda saat sedang menggunakan ATM. Transaksilah dengan konsentrasi penuh dan jangan tergoda untuk berbicara dengan orang asing.
  7. Segera Ambil Kartu dan Uang Tunai Setelah selesai melakukan transaksi, segera ambil kartu ATM dan uang tunai yang Anda tarik. Jangan biarkan kartu atau uang tunai Anda tertinggal di mesin ATM.

Dengan mengikuti tips keamanan ini, Anda dapat melindungi diri dan mengurangi risiko menjadi korban tindak kejahatan saat menggunakan ATM.

KSDA Jateng adalah portal berita dan informasi terbaru Jateng. Situs ini memiliki visi untuk memberikan informasi yang akurat, terkini, dan bermanfaat bagi masyarakat Jateng.
Back to top button