Tips

Cara Menghilangkan Getah Di Baju

Getah merupakan zat lengket yang sering menempel pada baju kita, baik karena tersentuh oleh tanaman, barang-barang tertentu, atau bahkan dari lantai yang baru dilap atau dibersihkan. Menghilangkan getah di baju bisa menjadi tugas yang cukup merepotkan, namun dengan beberapa metode dan tips yang tepat, Anda bisa dengan mudah membersihkannya. Berikut adalah beberapa cara yang bisa Anda coba:

1. Menggunakan Es Batu

Es batu dapat membantu menghilangkan getah di baju dengan cara membekukan getah tersebut sehingga lebih mudah untuk diangkat. Caranya adalah dengan meletakkan es batu pada bagian baju yang terkena getah selama beberapa menit hingga getah membeku. Setelah itu, angkat getah yang sudah membeku dengan hati-hati menggunakan pisau tumpul atau punggung sendok.

2. Menggunakan Alkohol

Alkohol merupakan bahan yang efektif untuk menghilangkan getah di baju karena dapat melarutkan zat lengket tersebut. Celupkan kapas atau kain bersih ke dalam alkohol dan tepuk-tepuk pada bagian baju yang terkena getah. Diamkan beberapa saat hingga alkohol melarutkan getah, lalu bersihkan dengan kain bersih.

3. Menggunakan Minyak Tawon

Minyak tawon juga bisa digunakan untuk menghilangkan getah di baju. Oleskan minyak tawon pada bagian baju yang terkena getah dan biarkan meresap selama beberapa menit. Setelah itu, gosok perlahan bagian tersebut agar getah terangkat. Cuci baju seperti biasa setelah getah berhasil dihilangkan.

4. Menggunakan Deterjen Cair

Jika cara di atas belum berhasil, Anda bisa mencoba menggunakan deterjen cair untuk menghilangkan getah di baju. Celupkan baju ke dalam air hangat yang telah dicampur dengan deterjen cair, lalu rendam selama beberapa jam. Gosok perlahan bagian yang terkena getah, kemudian bilas hingga bersih.

5. Menggunakan Pasta Gigi

Pasta gigi juga dapat menjadi solusi untuk menghilangkan getah di baju. Oleskan pasta gigi pada bagian yang terkena getah dan gosok perlahan. Biarkan beberapa saat agar pasta gigi bisa meresap, lalu bersihkan dengan kain bersih yang telah dibasahi air hangat.

6. Menggunakan Cairan Pembersih Khusus

Jika semua cara di atas tidak berhasil, Anda bisa menggunakan cairan pembersih khusus yang bisa dibeli di toko perlengkapan rumah tangga. Pastikan untuk mengikuti petunjuk penggunaan yang tertera pada kemasan cairan pembersih tersebut agar bisa membersihkan getah di baju dengan efektif.

7. Tips Tambahan:

  • Bersihkan secepat mungkin: Jika baju Anda terkena getah, segeralah membersihkannya agar getah tidak menempel terlalu lama dan sulit untuk dihilangkan.
  • Uji coba di bagian tersembunyi: Sebelum menggunakan cara tertentu untuk menghilangkan getah, pastikan untuk melakukan uji coba di bagian baju yang tidak terlalu mencolok terlebih dahulu.
  • Jangan menggaruk: Hindari menggaruk bagian baju yang terkena getah karena hal ini dapat menyebabkan getah semakin menyebar dan sulit untuk dihilangkan.
  • Cuci baju dengan air hangat: Setelah berhasil menghilangkan getah di baju, pastikan untuk mencuci baju dengan air hangat agar getah benar-benar terangkat dan baju menjadi bersih.

Dengan menggunakan beberapa cara di atas, Anda bisa dengan mudah menghilangkan getah di baju tanpa perlu khawatir akan merusak tekstur atau warna baju tersebut. Selalu perhatikan petunjuk dan tips tambahan yang diberikan untuk hasil yang lebih optimal. Selamat mencoba!

Sumber: https://contohbuah.tech/cara-menghilangkan-getah-di-baju/

KSDA Jateng adalah portal berita dan informasi terbaru Jateng. Situs ini memiliki visi untuk memberikan informasi yang akurat, terkini, dan bermanfaat bagi masyarakat Jateng.
Back to top button