Tutorial

Cara Split Layar Laptop

Pendahuluan

Seiring dengan perkembangan teknologi, kebutuhan akan multitasking semakin meningkat. Salah satu cara untuk meningkatkan produktivitas saat bekerja adalah dengan membagi layar laptop menjadi dua bagian, sehingga dapat menjalankan dua aplikasi secara bersamaan. Dalam artikel ini, kita akan membahas cara split layar laptop secara lengkap.

Metode Split Layar Laptop

Ada beberapa metode yang dapat digunakan untuk membagi layar laptop, diantaranya:

  1. Split Screen Windows 10
  2. Untuk membagi layar laptop dengan sistem operasi Windows 10, Anda dapat menggunakan fitur Snap Assist. Cara ini memungkinkan Anda dengan mudah membagi layar menjadi dua bagian dengan rasio yang disesuaikan.

  3. Split Screen Mac OS
  4. Bagi pengguna laptop Mac, Anda dapat menggunakan fitur Mission Control untuk memisahkan aplikasi yang sedang berjalan. Dengan metode ini, Anda dapat dengan cepat mengorganisir aplikasi yang dibutuhkan dalam satu layar.

  5. Software Eksternal
  6. Anda juga dapat menginstal software eksternal seperti DisplayFusion, AquaSnap, atau Divvy untuk membantu memisahkan layar laptop dengan lebih mudah. Software ini biasanya menawarkan fitur yang lebih canggih dan dapat disesuaikan sesuai kebutuhan.

Cara Split Layar Laptop Windows 10

Berikut adalah langkah-langkah split layar laptop menggunakan fitur Snap Assist pada Windows 10:

  1. Buka Aplikasi Pertama
  2. Buka aplikasi pertama yang ingin Anda tampilkan di salah satu bagian layar.

  3. Salin ke Sisi Lain
  4. Tarik dan geser aplikasi ke salah satu sisi layar hingga Anda melihat indikator transparan. Lepaskan aplikasi untuk membuatnya berada di setengah layar.

  5. Pilih Aplikasi Kedua
  6. Pilih aplikasi kedua yang ingin ditampilkan di sisi lain layar.

  7. Salin ke Sisi Lain
  8. Geser aplikasi ke sisi lain layar dan lepaskan untuk menempatkannya di setengah layar yang tersisa.

Cara Split Layar Laptop Mac OS

Berikut adalah langkah-langkah split layar laptop menggunakan fitur Mission Control pada Mac OS:

  1. Buka Mission Control
  2. Gunakan gesture trackpad atau tekan tombol Mission Control untuk membuka tampilan Mission Control.

  3. Tarik Aplikasi
  4. Tarik aplikasi yang ingin Anda tampilkan ke bagian atas layar atau tahan tombol hijau pada aplikasi untuk menyesuaikan ukuran layar.

  5. Tambah Aplikasi Lain
  6. Dengan menggunakan Mission Control, Anda dapat dengan mudah menambah aplikasi lain ke layar yang sama.

Keuntungan Menggunakan Fitur Split Layar

Ada beberapa keuntungan yang bisa didapat dengan menggunakan fitur split layar laptop, antara lain:

  • Meningkatkan Produktivitas
  • Dengan membagi layar laptop, Anda dapat menjalankan dua aplikasi sekaligus tanpa perlu terus-menerus beralih antara jendela.

  • Mempermudah Multitasking
  • Dengan dua aplikasi yang ditampilkan secara bersamaan, Anda dapat dengan mudah melakukan multitasking dan mengoptimalkan waktu kerja.

  • Organisasi yang Lebih Baik
  • Memisahkan aplikasi ke dalam dua bagian layar dapat membantu Anda mengorganisir pekerjaan dengan lebih baik dan mengurangi kebingungan antara aplikasi yang berjalan.

Kesimpulan

Dengan kemajuan teknologi, membagi layar laptop menjadi dua bagian bukan lagi hal yang sulit. Dengan mengikuti langkah-langkah cara split layar laptop di atas, Anda dapat dengan mudah meningkatkan produktivitas dan efisiensi saat bekerja. Cobalah berbagai metode yang telah disebutkan dan pilih yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda. Semoga artikel ini bermanfaat dan membantu!

Redaksi KSDA Jateng

KSDA Jateng adalah portal berita dan informasi terbaru Jateng. Situs ini memiliki visi untuk memberikan informasi yang akurat, terkini, dan bermanfaat bagi masyarakat Jateng.
Back to top button