Tips

Cara Mengobati Cacar Air Agar Cepat Kering Dan Hilang

Cacar air merupakan penyakit yang disebabkan oleh virus varicella zoster. Gejala cacar air antara lain adalah timbulnya bintik-bintik merah berisi cairan bening yang sangat gatal di seluruh tubuh. Cacar air umumnya dapat sembuh dalam waktu 1-2 minggu, namun ada beberapa cara yang dapat membantu mengobati cacar air agar cepat kering dan hilang. Berikut adalah beberapa cara yang dapat dilakukan:

Perbanyak Konsumsi Cairan

Salah satu cara untuk membantu mengobati cacar air adalah dengan memperbanyak konsumsi cairan, seperti air putih, jus buah, atau sup. Konsumsi cairan yang cukup dapat membantu tubuh untuk tetap terhidrasi dan mempercepat proses penyembuhan dari dalam. Jika tubuh terhidrasi dengan baik, maka kulit akan lebih cepat pulih dan cacar akan lebih cepat kering dan hilang.

Mandikan Anak Dengan Air Hangat

Mandikan anak dengan air hangat dapat membantu mengurangi rasa gatal akibat cacar air. Namun, pastikan air yang digunakan tidak terlalu panas karena hal ini dapat membuat kulit menjadi iritasi. Setelah mandi, jangan menggosok kulit dengan handuk, cukup tepuk-tepuk dengan lembut agar kulit tidak terluka. Mandikan anak dengan air hangat secara teratur dapat membantu mengurangi rasa gatal dan mempercepat proses penyembuhan.

Kompres Kulit Dengan Air Dingin

Kompres kulit yang terkena cacar air dengan air dingin dapat membantu mengurangi rasa gatal dan peradangan. Kompres kulit menggunakan kain bersih yang telah direndam dalam air dingin, lalu tempelkan di area kulit yang terkena cacar air. Lakukan kompres selama beberapa menit dan ulangi beberapa kali sehari untuk membantu meredakan rasa gatal dan mempercepat proses penyembuhan kulit.

Hindari Menggaruk Kulit

Menggaruk kulit yang terkena cacar air dapat membuat luka semakin parah dan meninggalkan bekas. Hindari untuk menggaruk kulit meskipun rasa gatal sangat mengganggu. Anda dapat memberikan cotton gloves atau kaus tangan pada anak untuk mengurangi resiko mereka menggaruk kulit dengan jari-jari mereka. Jika rasa gatal terasa sangat mengganggu, Anda dapat menggunakan krim anti-gatal atau minyak kelapa untuk mengurangi rasa gatal.

Konsultasikan Diri Kepada Dokter

Jika kondisi cacar air anak tidak kunjung membaik setelah melakukan beberapa langkah di atas, sebaiknya segera melakukan konsultasi dengan dokter. Dokter akan memberikan penanganan medis yang lebih tepat sesuai dengan kondisi anak Anda. Dokter juga dapat memberikan obat antiviral atau obat anti-gatal yang dapat membantu mengatasi gejala cacar air.

Pencegahan Cacar Air

Agar terhindar dari cacar air, sebaiknya lakukan vaksinasi cacar air. Vaksinasi cacar air dapat membantu tubuh untuk memproduksi antibodi yang dapat melawan virus varicella zoster. Selain itu, jaga kebersihan tubuh dan lingkungan, serta hindari kontak langsung dengan penderita cacar air untuk mencegah penularan. Selalu cuci tangan dengan sabun secara teratur dan hindari berbagi barang pribadi seperti handuk, sikat gigi, atau pakaian dengan orang lain.

Dengan melakukan langkah-langkah di atas, diharapkan dapat membantu mempercepat proses penyembuhan cacar air pada anak dan mencegah penyebaran virus penyebab cacar air ke orang lain. Jika gejala cacar air tidak kunjung membaik, segera konsultasikan diri kepada dokter untuk penanganan medis yang lebih tepat.

Redaksi KSDA Jateng

KSDA Jateng adalah portal berita dan informasi terbaru Jateng. Situs ini memiliki visi untuk memberikan informasi yang akurat, terkini, dan bermanfaat bagi masyarakat Jateng.
Back to top button