Tips

Biaya Hidup Di Australia

Australia adalah negara yang terkenal dengan gaya hidup yang nyaman, namun biaya hidup di sana juga cukup tinggi. Bagi para pelajar atau pekerja migran yang merencanakan untuk tinggal di Australia, penting untuk memahami estimasi biaya hidup yang akan dikeluarkan. Dalam artikel ini, kita akan membahas secara lengkap mengenai biaya hidup di Australia mulai dari akomodasi, transportasi, makanan, hingga kebutuhan sehari-hari.

1. Akomodasi

Akomodasi di Australia merupakan salah satu biaya terbesar yang mesti dikeluarkan. Harga sewa rumah atau apartemen di kota-kota besar seperti Sydney, Melbourne, atau Brisbane cukup tinggi. Untuk apartemen satu kamar di pusat kota, biayanya bisa mencapai AUD 2000 – 3000 per bulan. Sementara itu, di area pinggiran biayanya bisa sekitar AUD 1500 – 2500 per bulan. Untuk mahasiswa, biasanya mereka memilih untuk tinggal di asrama kampus yang biayanya berkisar antara AUD 600 – 1200 per bulan.

1.1 Tips Hemat untuk Akomodasi

  • Cari roommate untuk berbagi biaya sewa.
  • Pilih tinggal di area pinggiran jika memungkinkan.
  • Manfaatkan fasilitas asrama kampus.

2. Transportasi

Transportasi di Australia juga cukup mahal, terutama jika Anda tinggal di pusat kota di mana harga tiket transportasi umum dan bahan bakar cukup tinggi. Harga tiket kereta atau bus dalam kota biasanya sekitar AUD 3 – 4 per perjalanan, sedangkan untuk bahan bakar sekitar AUD 1.4 – 1.7 per liter. Beberapa kota besar juga memiliki sistem transportasi seperti Uber atau taksi dengan harga yang cukup variatif.

2.1 Tips Hemat untuk Transportasi

  • Gunakan transportasi umum dan manfaatkan kartu perjalanan jangka panjang untuk diskon.
  • Pertimbangkan untuk menggunakan sepeda atau berjalan kaki jika memungkinkan.
  • Manfaatkan carpool atau berbagi perjalanan untuk menghemat biaya bahan bakar.

3. Makanan

Makanan di Australia memiliki berbagai pilihan dan harga. Untuk makan di restoran atau kafe, harga satu porsi makanan bisa sekitar AUD 15 – 20. Sementara itu, untuk berbelanja kebutuhan sehari-hari di supermarket, biaya untuk satu minggu bisa mencapai AUD 80 – 100 untuk satu orang. Harga makanan di Australia juga sangat dipengaruhi oleh lokasi dan jenis restoran, dengan harga di pusat kota biasanya lebih mahal.

3.1 Tips Hemat untuk Makanan

  • Masak di rumah dan bawa bekal ke kampus atau tempat kerja.
  • Cari restoran atau kafe yang menyediakan promo atau diskon khusus.
  • Berbelanja kebutuhan sehari-hari di supermarket besar atau cari promo dalam jumlah besar.

4. Kebutuhan Sehari-hari

Selain akomodasi, transportasi, dan makanan, kebutuhan sehari-hari lainnya juga perlu diperhitungkan dalam biaya hidup di Australia. Biaya untuk listrik, air, internet, dan telepon memiliki estimasi sekitar AUD 200 – 250 per bulan. Belum lagi biaya untuk pakaian, perawatan pribadi, serta hiburan seperti bioskop atau kegiatan rekreasi lainnya.

4.1 Tips Hemat untuk Kebutuhan Sehari-hari

  • Manfaatkan paket bundling untuk layanan internet dan telepon.
  • Pertimbangkan untuk membeli pakaian dan perabotan rumah dari toko diskon atau second-hand.
  • Cari kegiatan hiburan gratis atau dengan harga terjangkau.

Dengan memahami estimasi biaya hidup di Australia dan tips hemat untuk setiap kategori, diharapkan para pelajar atau pekerja migran dapat merencanakan keuangan dengan lebih baik. Meskipun biaya hidup di Australia cukup tinggi, namun dengan pengelolaan keuangan yang baik, memungkinkan untuk tetap menjalani gaya hidup yang nyaman tanpa harus khawatir tentang masalah keuangan.

KSDA Jateng adalah portal berita dan informasi terbaru Jateng. Situs ini memiliki visi untuk memberikan informasi yang akurat, terkini, dan bermanfaat bagi masyarakat Jateng.
Back to top button