Tips

Cara Menghilangkan Rasa Mengganjal Di Tenggorokan Akibat Asam Lambung

Asam lambung yang berlebihan dapat menyebabkan gejala yang tidak nyaman seperti rasa terbakar di dada, kembung, dan rasa mengganjal di tenggorokan. Untuk mengatasi rasa mengganjal di tenggorokan akibat asam lambung, Anda dapat melakukan beberapa langkah dan perubahan gaya hidup. Berikut adalah beberapa cara yang dapat membantu menghilangkan rasa mengganjal di tenggorokan akibat asam lambung:

1. Menghindari Makanan Berlemak dan Pedas

Makanan berlemak dan pedas dapat memicu produksi asam lambung yang berlebihan. Hindarilah makanan-makanan tersebut dan pilihlah makanan yang lebih sehat dan ringan untuk pencernaan. Pilihlah juga makanan yang tinggi serat dan rendah lemak untuk mengurangi risiko gangguan pencernaan.

2. Hindari Konsumsi Alkohol dan Kafein

Alkohol dan kafein dapat merangsang produksi asam lambung lebih banyak. Hindarilah minuman beralkohol dan berkafein dan pilihlah minuman yang lebih sehat seperti air putih, jus buah, atau teh herbal.

3. Tidak Merokok

Rokok dapat merangsang produksi asam lambung dan merusak kerja sfingter esofagus. Hindarilah kebiasaan merokok untuk mengurangi risiko gangguan pencernaan dan rasa tidak nyaman di tenggorokan.

4. Mengonsumsi Makanan Kecil tapi Sering

Untuk membantu meredakan rasa mengganjal di tenggorokan, coba makan dalam porsi kecil namun sering. Hindari makan dalam porsi besar yang dapat membuat perut terlalu penuh dan meningkatkan produksi asam lambung.

5. Beristirahat Setelah Makan

Setelah makan, beristirahatlah minimal selama 30 menit hingga 1 jam sebelum melakukan aktivitas berat. Dengan beristirahat setelah makan, Anda dapat membantu pencernaan makanan dengan lebih baik dan mengurangi risiko terjadinya GERD.

6. Menjaga Berat Badan Ideal

Obesitas atau kelebihan berat badan dapat meningkatkan tekanan pada perut dan memicu produksi asam lambung lebih banyak. Jaga pola makan sehat dan lakukan aktivitas fisik secara teratur agar berat badan tetap ideal.

7. Minum Air Putih yang Cukup

Kurangnya asupan cairan dalam tubuh dapat mempengaruhi produksi asam lambung. Pastikan untuk minum air putih yang cukup setiap hari untuk menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh.

8. Tidur dengan Kepala Lebih Tinggi

Jika Anda sering mengalami rasa terbakar di dada atau rasa mengganjal di tenggorokan saat tidur, coba tidur dengan kepala lebih tinggi menggunakan bantal tambahan. Hal ini dapat membantu mencegah munculnya gejala GERD saat tidur.

9. Konsultasikan dengan Dokter

Jika rasa mengganjal di tenggorokan tidak kunjung membaik atau bahkan semakin parah, segeralah berkonsultasi dengan dokter. Dokter akan melakukan pemeriksaan lebih lanjut dan memberikan penanganan yang sesuai untuk mengatasi masalah asam lambung Anda.

Dengan mengikuti tips di atas, diharapkan Anda dapat menghilangkan rasa mengganjal di tenggorokan akibat asam lambung dengan lebih baik. Selalu perhatikan pola makan dan gaya hidup sehat untuk mencegah timbulnya masalah pencernaan yang lebih serius.

KSDA Jateng adalah portal berita dan informasi terbaru Jateng. Situs ini memiliki visi untuk memberikan informasi yang akurat, terkini, dan bermanfaat bagi masyarakat Jateng.
Back to top button