Cara Menghilangkan Noda Minyak Di Baju

Minyak adalah salah satu bahan yang sering menimbulkan noda pada pakaian. Noda minyak dapat sulit dihilangkan jika tidak segera ditangani. Namun, jangan khawatir karena ada beberapa cara yang dapat Anda coba untuk menghilangkan noda minyak di baju. Simak informasi lengkapnya di bawah ini.

1. Cuci Baju Dengan Air Panas

Cara pertama yang dapat Anda coba untuk menghilangkan noda minyak di baju adalah dengan mencuci baju menggunakan air panas. Air panas dapat membantu melarutkan minyak yang menempel pada serat pakaian. Namun, pastikan Anda mengetahui jenis bahan dari baju tersebut agar tidak merusak tekstur atau warna pada pakaian.

2. Gunakan Deterjen Khusus Minyak

Jika mencuci baju dengan air panas saja tidak cukup efektif, Anda dapat menggunakan deterjen khusus minyak. Deterjen ini dirancang khusus untuk membersihkan noda minyak pada pakaian. Pastikan Anda mengikuti petunjuk penggunaan yang tertera pada kemasan deterjen untuk hasil yang maksimal.

3. Gunakan Tepung Maizena

Tepung maizena juga dapat menjadi solusi untuk menghilangkan noda minyak di baju. Caranya, taburkan tepung maizena secukupnya pada bagian noda minyak dan biarkan selama beberapa jam agar tepung tersebut menyerap minyak. Setelah itu, sikat atau kucek bagian noda dengan lembut sebelum dicuci dengan air hangat.

4. Gunakan Larutan Cuka

Larutan cuka merupakan bahan alami yang dapat membantu menghilangkan noda minyak di baju. Campurkan cuka dengan air dalam perbandingan tertentu, lalu gunakan campuran tersebut untuk merendam baju yang bercak minyak selama beberapa jam. Kemudian, cuci baju seperti biasa.

5. Gunakan Deterjen Cair dan Soda Kue

Campuran deterjen cair dan soda kue juga efektif untuk membersihkan noda minyak di baju. Caranya, campurkan deterjen cair dengan soda kue hingga membentuk pasta, lalu oleskan pasta tersebut pada noda minyak. Biarkan beberapa saat sebelum dicuci dengan air hangat.

6. Gunakan Deterjen Cair dan Kapur Barus

Kapur barus juga dapat menjadi pilihan untuk menghilangkan noda minyak di baju. Campurkan kapur barus dengan deterjen cair dan sedikit air, lalu oleskan campuran tersebut pada noda minyak. Biarkan beberapa saat sebelum dicuci dengan air hangat.

7. Gunakan Lem Serbaguna

Jika noda minyak sulit dihilangkan, Anda dapat mencoba menggunakan lem serbaguna. Oleskan lem serbaguna pada noda minyak, biarkan beberapa saat hingga mengering, lalu sikat atau kucek bagian noda sebelum dicuci dengan air hangat.

8. Kiat Tambahan

Selain cara-cara di atas, ada beberapa kiat tambahan yang dapat membantu Anda menghilangkan noda minyak di baju, antara lain:

  • Secepat mungkin bersihkan noda minyak untuk mencegah noda meresap pada serat pakaian.
  • Jangan menggunakan air panas untuk bahan pakaian yang sensitif karena dapat merusak tekstur atau warna pakaian.
  • Kucek noda minyak dengan lembut agar tidak merusak serat pakaian.
  • Hindari penggunaan pemutih yang keras karena dapat menyebabkan warna pakaian memudar.
  • Setrika bagian noda dengan setting panas setelah mencuci dapat membantu menghilangkan sisa noda yang masih tersisa.

Dengan mengikuti cara-cara di atas dan kiat tambahan yang disarankan, Anda dapat menghilangkan noda minyak di baju dengan mudah dan efektif. Pastikan untuk selalu memperhatikan petunjuk penggunaan dan jenis bahan baju agar proses pembersihan berjalan lancar. Selamat mencoba!

Redaksi KSDA Jateng

KSDA Jateng adalah portal berita dan informasi terbaru Jateng. Situs ini memiliki visi untuk memberikan informasi yang akurat, terkini, dan bermanfaat bagi masyarakat Jateng.
Back to top button