Tips

Cara Memasak Pare Agar Tidak Pahit

Siapa yang tidak kenal dengan pare? Sayuran yang memiliki rasa pahit ini sering menjadi pilihan bagi mereka yang sedang menjalani program diet. Namun, masalah sering muncul saat memasak pare, yaitu rasa pahit yang terlalu kuat. Bagaimana cara memasak pare agar tidak pahit? Simak ulasan berikut untuk mendapatkan solusinya.

1. Memilih Pare yang Baik

Pertama-tama, pastikan Anda memilih pare yang baik untuk dimasak. Pilihlah pare yang masih segar, berwarna hijau tua tanpa adanya bercak coklat atau layu. Hindari memilih pare yang terlalu besar atau terlalu kecil.

2. Memotong dan Membuang Bagian Tengah

Langkah selanjutnya adalah memotong pare dan membuang bagian tengahnya. Bagian tengah parelah yang membuatnya terlalu pahit. Potong pare menjadi dua bagian, lalu gunakan sendok untuk mengeluarkan bagian tengahnya yang berbiji.

3. Merendam Pare dalam Air Garam

Sebelum dimasak, rendam potongan pare dalam air garam selama beberapa menit. Air garam dapat membantu mengurangi rasa pahit pada pare. Setelah direndam, bilas pare dengan air bersih sebelum dimasak.

4. Menggunakan Baking Soda

Menggunakan baking soda juga dapat membantu mengurangi rasa pahit pada pare. Campurkan sedikit baking soda dengan air, lalu rendam potongan pare dalam larutan tersebut selama beberapa menit sebelum dimasak. Pastikan untuk mencuci pare dengan air bersih setelah proses rendaman.

5. Memasak Pare dengan Bahan Penghilang Pahit

Ada beberapa bahan alami yang dapat membantu menghilangkan rasa pahit pada pare saat dimasak. Bahan-bahan tersebut antara lain tomat, irisan bawang merah, atau potongan cabai. Tambahkan bahan-bahan ini saat memasak pare untuk mengurangi rasa pahitnya.

6. Memasak dengan Metode Tumis atau Rebus

Pilih metode masak tumis atau rebus untuk pare agar tidak terlalu pahit. Memasak pare dengan cara direbus dalam waktu yang cukup lama dapat membuatnya terlalu pahit. Oleh karena itu, lebih baik menggunakan metode tumis dengan bumbu dan rempah-rempah agar rasa pahitnya lebih sedikit terasa.

7. Penyajian dengan Bumbu yang Tepat

Hal terakhir yang perlu diperhatikan adalah bumbu yang digunakan saat menyajikan pare. Tambahkan bumbu-bumbu seperti bawang putih, garam, lada, atau ketumbar untuk memberikan cita rasa yang lebih nikmat pada pare. Hindari menggunakan terlalu banyak bumbu yang dapat menguatkan rasa pahit pare.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat memasak pare agar tidak terlalu pahit dan lebih enak untuk dinikmati. Cobalah berbagai metode dan temukan cara memasak pare yang paling sesuai dengan selera Anda.

KSDA Jateng adalah portal berita dan informasi terbaru Jateng. Situs ini memiliki visi untuk memberikan informasi yang akurat, terkini, dan bermanfaat bagi masyarakat Jateng.
Back to top button