Tips

Cara Cek Turnitin Gratis

Turnitin adalah salah satu tools plagiasi yang paling populer digunakan di dunia pendidikan. Dengan Turnitin, pengajar dapat dengan mudah mendeteksi apakah sebuah karya tulis telah disalin dari sumber yang lain. Namun, untuk menggunakan layanan Turnitin, biasanya memerlukan biaya langganan. Bagi Anda yang ingin cek Turnitin gratis, berikut adalah beberapa cara yang bisa dilakukan.

1. Gunakan Alternatif Plagiarism Checker Online

Jika Anda ingin melakukan pengecekan tingkat plagiarisme secara gratis, Anda bisa menggunakan alternatif plagiarism checker online. Meskipun mungkin tidak seakurat Turnitin, namun banyak tools online yang dapat memberikan hasil yang memadai. Beberapa contoh alternatif yang bisa Anda coba antara lain adalah:

  • Plagscan
  • SmallSEOTools
  • Grammarly

2. Mintalah Bantuan dari Institusi Pendidikan

Jika Anda adalah seorang mahasiswa atau peneliti yang terdaftar di sebuah institusi pendidikan, cobalah untuk meminta bantuan dari lembaga tersebut. Banyak institusi pendidikan memiliki langganan Turnitin yang bisa digunakan oleh mahasiswa dan staf pengajar. Anda bisa meminta akses ke akun Turnitin melalui perpustakaan atau departemen terkait.

3. Gunakan Versi Demo Turnitin

Turnitin menyediakan versi demo yang dapat digunakan untuk mencoba fitur-fitur yang mereka tawarkan. Versi demo ini biasanya memiliki batasan tertentu, namun Anda tetap bisa melihat bagaimana cara kerja Turnitin secara keseluruhan. Anda dapat mengunjungi situs resmi Turnitin untuk informasi lebih lanjut mengenai versi demo mereka.

4. Ikuti Kontes Online

Saat ini, banyak kontes online yang menawarkan hadiah berupa langganan Turnitin gratis sebagai salah satu hadiahnya. Coba cari informasi mengenai kontes-kontes tersebut di media sosial atau forum-forum online. Siapa tahu Anda beruntung dan bisa mendapatkan akses gratis ke Turnitin.

5. Gunakan Layanan Perpustakaan Universitas

Banyak perpustakaan universitas yang memiliki langganan Turnitin untuk digunakan oleh mahasiswa dan staf pengajar. Anda bisa mengunjungi perpustakaan universitas terdekat dan bertanya apakah mereka memiliki akses ke Turnitin. Beberapa perpustakaan mungkin juga menyediakan bantuan dalam melakukan pengecekan plagiarisme.

6. Ikuti Seminar atau Workshop

Seringkali, seminar atau workshop yang mengangkat topik penulisan ilmiah dan plagiasi juga menyediakan sesi praktik menggunakan Turnitin. Anda bisa mengikuti seminar atau workshop tersebut untuk belajar cara menggunakan Turnitin dan melakukan pengecekan plagiarisme secara gratis.

7. Bergabung dengan Komunitas Penulis

Bergabung dengan komunitas penulis atau peneliti juga dapat membantu Anda mendapatkan akses gratis ke Turnitin. Banyak komunitas penulis yang saling berbagi informasi mengenai tools dan resources yang dapat digunakan untuk meningkatkan kualitas karya tulis mereka. Dengan bergabung dalam komunitas tersebut, Anda bisa mendapatkan tips dan trik untuk melakukan pengecekan plagiasi secara gratis.

Demikianlah beberapa cara cek Turnitin gratis yang bisa Anda coba. Meskipun mungkin tidak seakurat versi berbayar, namun dengan menggunakan alternatif-alternatif di atas, Anda tetap bisa melakukan pengecekan plagiarisme secara efektif. Selamat mencoba!

KSDA Jateng adalah portal berita dan informasi terbaru Jateng. Situs ini memiliki visi untuk memberikan informasi yang akurat, terkini, dan bermanfaat bagi masyarakat Jateng.
Back to top button