Tips

Cara Buka Situs Yang Diblokir Di Google Chrome Di Hp

Google Chrome adalah salah satu browser paling populer yang digunakan oleh para pengguna smartphone, termasuk pengguna HP. Namun, terkadang kita sering mengalami masalah ketika mencoba untuk mengakses situs yang diblokir di Google Chrome di HP. Hal ini bisa disebabkan oleh berbagai alasan, baik itu dari pihak penyedia layanan internet, pemerintah, atau bahkan oleh pengguna sendiri. Tetapi jangan khawatir, ada beberapa cara untuk membuka situs yang diblokir di Google Chrome di HP. Dalam artikel ini, kita akan membahas beberapa cara yang bisa digunakan untuk mengatasi masalah tersebut.

Menggunakan VPN (Virtual Private Network)

VPN (Virtual Private Network) adalah salah satu cara paling umum yang digunakan untuk membuka situs yang diblokir di Google Chrome di HP. Dengan menggunakan VPN, pengguna bisa menyembunyikan lokasi asli mereka dan mengakses internet melalui server yang berada di negara lain yang tidak memblokir situs tersebut. Berikut adalah langkah-langkah untuk menggunakan VPN di Google Chrome di HP:

  1. Download dan install aplikasi VPN di HP Anda.
  2. Buka aplikasi VPN dan pilih server negara yang tidak memblokir situs yang ingin diakses.
  3. Aktifkan VPN dan biarkan proses koneksi selesai.
  4. Buka Google Chrome di HP dan coba akses situs yang sebelumnya diblokir.

Menggunakan Proxy Website

Proxy website adalah layanan yang menyediakan akses ke situs-situs yang diblokir melalui server mereka. Dengan menggunakan proxy website, pengguna dapat menyembunyikan identitas mereka dan mengakses situs yang diblokir melalui server proxy. Berikut adalah langkah-langkah untuk menggunakan proxy website di Google Chrome di HP:

  1. Cari dan pilih salah satu proxy website yang terpercaya.
  2. Masukkan URL situs yang ingin diakses ke dalam kolom yang disediakan di halaman proxy website.
  3. Aktifkan proxy website dan biarkan proses koneksi selesai.
  4. Coba akses situs yang sebelumnya diblokir melalui proxy website.

Mengubah Pengaturan DNS

DNS (Domain Name System) adalah sistem yang menghubungkan nama domain dengan alamat IP komputer. Dengan mengubah pengaturan DNS di HP, pengguna dapat mengakses situs yang diblokir melalui server DNS alternatif. Berikut adalah langkah-langkah untuk mengubah pengaturan DNS di Google Chrome di HP:

  1. Buka pengaturan HP dan cari menu “Wi-Fi” atau “Jaringan Seluler”.
  2. Pilih jaringan Wi-Fi yang sedang digunakan dan tekan lama hingga muncul opsi untuk mengatur jaringan.
  3. Pilih “Ubah pengaturan jaringan” atau “Ubah jaringan” dan pilih “Lihat pengaturan jaringan lanjutan”.
  4. Pilih menu “IP settings” atau “Tetapkan IP” dan ubah pengaturan DNS ke DNS alternatif yang bisa digunakan untuk mengakses situs yang diblokir.
  5. Simpan perubahan pengaturan DNS dan coba akses situs yang sebelumnya diblokir melalui Google Chrome di HP.

Menggunakan Aplikasi Penjelajah Alternatif

Jika semua cara di atas tidak berhasil, pengguna juga bisa mencoba menggunakan aplikasi penjelajah alternatif yang memiliki fitur untuk membuka situs yang diblokir. Beberapa aplikasi penjelajah alternatif bahkan sudah dilengkapi dengan fitur VPN atau proxy bawaan yang dapat digunakan secara langsung tanpa perlu menginstal aplikasi tambahan. Berikut adalah beberapa contoh aplikasi penjelajah alternatif yang bisa digunakan:

  • Opera Browser
  • Firefox Focus
  • UC Browser
  • Puffin Browser
  • Bromite

Setelah menginstal salah satu aplikasi penjelajah alternatif di HP, pengguna hanya perlu membuka aplikasi tersebut dan mencoba akses situs yang diblokir. Dengan mengganti browser default di HP dengan aplikasi penjelajah alternatif, pengguna bisa mengatasi masalah akses situs yang diblokir di Google Chrome.

Kesimpulan

Dengan menggunakan beberapa cara di atas, pengguna bisa membuka situs yang diblokir di Google Chrome di HP dengan mudah. Mulai dari menggunakan VPN, proxy website, mengubah pengaturan DNS, hingga menggunakan aplikasi penjelajah alternatif, semua cara tersebut bisa membantu pengguna untuk mengatasi masalah akses situs yang diblokir. Namun, pengguna juga perlu mempertimbangkan keamanan dan privasi mereka saat menggunakan cara-cara tersebut, terutama saat menggunakan layanan VPN atau proxy website. Semoga artikel ini bermanfaat dan membantu para pengguna untuk mengakses situs yang diblokir di Google Chrome di HP.

KSDA Jateng adalah portal berita dan informasi terbaru Jateng. Situs ini memiliki visi untuk memberikan informasi yang akurat, terkini, dan bermanfaat bagi masyarakat Jateng.
Back to top button