Tips

Aplikasi Mengembalikan Foto Yang Terhapus

Kejadian kehilangan foto yang tersimpan di ponsel atau perangkat lainnya seringkali membuat orang merasa panik. Foto-foto tersebut bisa jadi kenangan berharga yang tak bisa digantikan. Namun, jangan khawatir karena saat ini telah banyak aplikasi yang dapat membantu mengembalikan foto yang terhapus. Artikel ini akan membahas beberapa aplikasi terbaik untuk mengatasi masalah kehilangan foto.

1. DiskDigger

Salah satu aplikasi yang sangat direkomendasikan untuk mengembalikan foto yang terhapus adalah DiskDigger. Aplikasi ini memiliki kemampuan untuk memulihkan berbagai jenis file, termasuk foto, video, dan dokumen. DiskDigger dapat memindai memori internal maupun eksternal perangkat Android. Proses pemulihan foto dapat dilakukan dengan mudah melalui langkah-langkah yang disediakan oleh aplikasi.

2. EaseUS MobiSaver

Aplikasi lain yang tak kalah populer adalah EaseUS MobiSaver. Aplikasi ini memiliki fitur yang memungkinkan pengguna untuk mengembalikan data yang terhapus baik dari perangkat iOS maupun Android. Pengguna dapat memulihkan foto-foto yang terhapus dengan mudah, bahkan apabila perangkat mereka tidak dalam keadaan ter-root. EaseUS MobiSaver juga dilengkapi dengan antarmuka yang user-friendly, sehingga pengguna tidak akan kesulitan saat menggunakannya.

3. Recuva

Recuva adalah aplikasi yang biasa digunakan untuk memulihkan file yang terhapus di komputer. Namun, sekarang Recuva juga telah hadir dalam versi mobile yang dapat digunakan untuk memulihkan foto yang terhapus dari perangkat Android. Aplikasi ini memiliki kemampuan untuk memulihkan berbagai jenis file, termasuk foto, video, musik, dokumen, dan lain sebagainya. Recuva juga dilengkapi dengan fitur pencarian yang memudahkan pengguna untuk menemukan file yang ingin mereka pulihkan.

4. PhotoRec

PhotoRec adalah aplikasi open-source yang dapat membantu pengguna memulihkan foto yang terhapus dari berbagai jenis perangkat penyimpanan, mulai dari hard drive hingga kartu memori. Aplikasi ini terkenal karena kemampuannya yang handal dalam memulihkan berbagai jenis file yang terhapus, termasuk foto dalam berbagai format. Meskipun antarmuka PhotoRec terlihat agak kompleks, namun pengguna dapat menemukan panduan penggunaan yang lengkap di situs resmi aplikasi ini.

5. UltData Android Data Recovery

UltData Android Data Recovery adalah aplikasi yang dirancang khusus untuk memulihkan data yang terhapus dari perangkat Android. Aplikasi ini dapat membantu pengguna memulihkan berbagai jenis file, termasuk foto, video, pesan teks, catatan, dan lain sebagainya. Proses pemulihan data dengan UltData Android Data Recovery pun sangat mudah, cukup dengan beberapa langkah sederhana, pengguna dapat memulihkan foto-foto yang telah terhapus.

Kesimpulan

Dari beberapa aplikasi di atas, dapat disimpulkan bahwa mengembalikan foto yang terhapus bukanlah hal yang tidak mungkin. Dengan bantuan aplikasi yang tepat, pengguna dapat dengan mudah memulihkan foto-foto yang terlanjur terhapus. Namun, tetap diperlukan langkah pencegahan agar kejadian kehilangan foto tidak terulang. Selalu melakukan backup secara rutin dan menghindari penghapusan foto yang tidak perlu dapat menjadi langkah-langkah preventif yang efektif.

Demikianlah ulasan tentang aplikasi mengembalikan foto yang terhapus. Semoga informasi ini bermanfaat dan dapat membantu pembaca yang mengalami masalah serupa.

KSDA Jateng adalah portal berita dan informasi terbaru Jateng. Situs ini memiliki visi untuk memberikan informasi yang akurat, terkini, dan bermanfaat bagi masyarakat Jateng.
Back to top button