Nama Bulan Dalam Bahasa Inggris

Setiap bulan dalam tahun memiliki nama tertentu, baik dalam kalender Gregorian maupun kalender lunar. Dalam artikel ini, akan dibahas nama bulan dalam bahasa Inggris beserta informasi menarik mengenai asal-usul nama bulan tersebut.

List Nama Bulan dalam Bahasa Inggris

  1. January (Januari)
  2. February (Februari)
  3. March (Maret)
  4. April (April)
  5. May (Mei)
  6. June (Juni)
  7. July (Juli)
  8. August (Agustus)
  9. September (September)
  10. October (Oktober)
  11. November (November)
  12. December (Desember)

1. January (Januari)

January merupakan bulan pertama dalam kalender Gregorian. Nama bulan ini berasal dari dewi Romawi yang bernama Janus, yang merupakan dewa pintu, langit, dan bumi. Janus biasanya digambarkan memiliki dua wajah, yang melambangkan masa lalu dan masa depan.

2. February (Februari)

February adalah bulan kedua dalam kalender Gregorian. Nama bulan ini berasal dari kata Latin “februum”, yang merujuk kepada pembersihan ritual yang dilakukan pada bulan ini oleh suku Romawi kuno.

3. March (Maret)

March adalah bulan ketiga dalam kalender Gregorian. Nama bulan ini diambil dari kata Latin “Martius” yang merupakan nama dewa perang Romawi, Mars.

4. April (April)

April adalah bulan keempat dalam kalender Gregorian. Asal-usul nama bulan ini masih menjadi perdebatan, namun beberapa teori menyebutkan bahwa nama bulan ini berasal dari kata Latin “aperire” yang berarti “membuka”, merujuk kepada musim semi yang dimulai pada bulan ini.

5. May (Mei)

May merupakan bulan kelima dalam kalender Gregorian. Nama bulan ini berasal dari nama dewi kesuburan Romawi, Maia. Pada zaman Romawi kuno, bulan Mei merupakan bulan yang dihormati dengan ritual dan perayaan kesuburan.

6. June (Juni)

June adalah bulan keenam dalam kalender Gregorian. Nama bulan ini berasal dari dewi pernikahan Romawi, Juno. Bulan Juni sering kali dianggap sebagai bulan yang membawa keberuntungan bagi pernikahan.

7. July (Juli)

July merupakan bulan ketujuh dalam kalender Gregorian. Nama bulan ini diambil dari Julius Caesar, seorang jenderal dan kaisar Romawi yang berjasa dalam reformasi kalender Romawi menjadi kalender yang mirip dengan kalender yang kita gunakan saat ini.

8. August (Agustus)

August adalah bulan kedelapan dalam kalender Gregorian. Nama bulan ini berasal dari Julius Caesar juga, yang kemudian dihormati dengan memberikan nama bulan ini sesuai dengan gelarnya, Augustus Caesar.

9. September (September)

September merupakan bulan kesembilan dalam kalender Gregorian. Nama bulan ini berasal dari kata Latin “septem” yang berarti “tujuh”, menandakan bahwa pada awalnya bulan ini adalah bulan ketujuh dalam kalender Romawi kuno.

10. October (Oktober)

October adalah bulan kesepuluh dalam kalender Gregorian. Nama bulan ini juga berasal dari bahasa Latin, “octo” yang berarti “delapan”, menandakan posisi bulan ini sebagai bulan kedelapan dalam kalender Romawi kuno sebelum penambahan bulan-bulan baru.

11. November (November)

November merupakan bulan kesebelas dalam kalender Gregorian. Nama bulan ini berasal dari kata Latin “novem” yang berarti “sembilan”, karena pada awalnya bulan ini merupakan bulan kesembilan dalam kalender Romawi.

12. December (Desember)

December adalah bulan terakhir dalam kalender Gregorian. Nama bulan ini berasal dari kata Latin “decem” yang berarti “sepuluh”, menandakan bahwa pada awalnya bulan ini adalah bulan kesepuluh dalam kalender Romawi sebelum penambahan bulan-bulan baru.

Kesimpulan

Dari pembahasan di atas, dapat disimpulkan bahwa setiap nama bulan dalam bahasa Inggris memiliki asal-usul dan makna tersendiri. Dari Januari hingga Desember, masing-masing bulan memiliki cerita dan sejarah yang menarik yang terkait dengan budaya dan kepercayaan masyarakat pada masa lampau. Mengetahui nama bulan dalam bahasa Inggris juga dapat membantu dalam berbagai konteks, baik dalam penanggalan, perencanaan, maupun pembelajaran bahasa Inggris.

Redaksi KSDA Jateng

KSDA Jateng adalah portal berita dan informasi terbaru Jateng. Situs ini memiliki visi untuk memberikan informasi yang akurat, terkini, dan bermanfaat bagi masyarakat Jateng.
Back to top button