Game

Game Pertama Di Dunia

Saat ini, game menjadi salah satu hiburan yang paling populer di dunia. Berbagai jenis game, dari yang sederhana hingga yang kompleks, telah mengisi waktu luang jutaan orang di seluruh dunia. Namun, tahukah Anda apa game pertama di dunia? Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi sejarah game pertama yang diciptakan dan bagaimana perkembangannya hingga saat ini.

1. Permainan Catu

Permainan catu dianggap sebagai game tertua yang pernah ditemukan. Permainan ini diperkirakan berasal dari kisaran tahun 3.000 SM dan ditemukan di peradaban Mesir kuno. Catu merupakan permainan strategi yang dimainkan dengan menggunakan biji-bijian atau batu kecil pada papan yang memiliki lubang-lubang kecil. Meski sederhana, permainan ini menjadi fondasi dari game-game strategi modern yang kita kenal saat ini.

2. Permainan Catur

Permainan Catur juga dianggap sebagai salah satu game tertua di dunia. Permainan ini berasal dari India kuno dan diperkirakan berasal dari abad ke-6 M. Permainan ini melibatkan dua pemain yang saling berhadapan di papan catur dengan kotak-kotak yang berwarna hitam dan putih. Catur juga melibatkan strategi yang kompleks dan menjadi salah satu game paling populer di dunia hingga saat ini.

3. Permainan Go

Permainan Go berasal dari Tiongkok kuno dan diperkirakan telah ada sejak lebih dari 2.500 tahun yang lalu. Go dimainkan pada papan kayu dengan bentuk kotak-kotak dan pemain harus menempatkan batu-batu kecil pada persimpangan garis. Permainan ini juga melibatkan strategi yang kompleks dan menjadi permainan yang populer di Asia Timur hingga saat ini.

4. Permainan Polo Air

Polo air dianggap sebagai game tim tertua yang masih dimainkan hingga saat ini. Permainan ini berasal dari Inggris pada abad ke-19 dan dimainkan di atas kuda dengan pemain yang berusaha mencetak gol menggunakan tongkat dan bola. Permainan ini kemudian berkembang menjadi olahraga yang populer di seluruh dunia dan menjadi bagian dari Olimpiade.

5. Permainan Pac-Man

Permainan Pac-Man dianggap sebagai game video pertama yang mendapatkan popularitas yang besar. Game ini diciptakan oleh Toru Iwatani dari perusahaan game Namco dan dirilis pada tahun 1980. Pac-Man mengikuti petualangan makhluk kuning yang berusaha menjelajahi labirin sambil menghindari hantu-hantu. Permainan ini menjadi sangat populer dan mendapatkan banyak sekuel serta adaptasi di berbagai platform.

6. Permainan Space Invaders

Permainan Space Invaders juga dianggap sebagai game video penting dalam sejarah game. Game buatan Taito Corporation ini dirilis pada tahun 1978 dan menceritakan tentang pertempuran antara pesawat ruang angkasa manusia melawan alien yang datang menyerang bumi. Game ini menjadi sangat populer di seluruh dunia dan memengaruhi perkembangan game arcade serta game konsol di masa depan.

7. Permainan Tetris

Permainan Tetris adalah game puzzle yang diciptakan oleh Alexey Pajitnov dari Rusia pada tahun 1984. Permainan ini melibatkan susunan blok-blok berbentuk beragam yang harus disusun sedemikian rupa sehingga tidak ada celah di antara blok-blok tersebut. Tetris menjadi sangat populer dan dianggap sebagai salah satu game paling ikonik dalam sejarah game.

8. Permainan Super Mario Bros

Permainan Super Mario Bros adalah game platformer yang diciptakan oleh Nintendo pada tahun 1985. Game ini menceritakan petualangan Mario dalam menyelamatkan Putri Peach dari Bowser. Super Mario Bros menjadi sangat populer dan menjadi salah satu game tersukses dalam sejarah game, serta memengaruhi perkembangan game platformer di masa depan.

9. Permainan Minecraft

Permainan Minecraft adalah game sandbox yang diciptakan oleh Markus Persson dari Mojang. Game ini dirilis pada tahun 2011 dan mengizinkan pemain untuk menjelajahi dan membangun dunia virtual sesuai dengan imajinasi mereka. Minecraft menjadi sangat populer dan memengaruhi perkembangan game sandbox serta game indie di masa depan.

10. Permainan Fortnite

Permainan Fortnite merupakan game battle royale yang diciptakan oleh Epic Games. Game ini dirilis pada tahun 2017 dan menjadi fenomena dalam dunia game. Fortnite mengizinkan pemain untuk bertarung hingga satu-satunya pemenang dalam pertempuran yang intens. Game ini menjadi sangat populer dan memiliki dampak besar dalam perkembangan genre battle royale dalam dunia game.

Dari permainan-permainan tersebut, kita bisa melihat bagaimana game pertama di dunia telah memberikan inspirasi dan fondasi bagi perkembangan game hingga saat ini. Dari permainan sederhana seperti catu hingga game kompleks seperti Fortnite, dunia game terus berkembang dan memberikan hiburan yang tak terbatas bagi jutaan orang di seluruh dunia.

Terima kasih telah membaca artikel ini dan semoga memberikan wawasan yang berguna mengenai sejarah dan perkembangan game pertama di dunia.

KSDA Jateng adalah portal berita dan informasi terbaru Jateng. Situs ini memiliki visi untuk memberikan informasi yang akurat, terkini, dan bermanfaat bagi masyarakat Jateng.
Back to top button