Wiki

Chord Iwan Fals Aku Bukan Pilihan

Sejarah Singkat Iwan Fals

Iwan Fals adalah seorang musisi legendaris Indonesia yang dikenal dengan lirik-lirik lagunya yang penuh dengan kritik sosial. Iwan Fals lahir pada tanggal 3 September 1961 di Jakarta. Ia mulai dikenal publik sejak merilis album pertamanya yang berjudul “Cipta Cipta” pada tahun 1979. Sejak itu, Iwan Fals telah merilis banyak lagu hits yang masih populer hingga saat ini.

Profil Lagu “Aku Bukan Pilihan”

Lagu “Aku Bukan Pilihan” merupakan salah satu lagu hits milik Iwan Fals yang dirilis pada tahun 1986 dalam album “Orang Gila”. Lagu ini mempunyai lirik yang dalam dan penuh dengan makna. Chord dari lagu “Aku Bukan Pilihan” ini pun cukup sederhana dan mudah untuk dipelajari.

Chord “Aku Bukan Pilihan”

Berikut adalah chord dari lagu “Aku Bukan Pilihan” yang dimainkan dengan kunci dasar A:

**Intro:** A D E A
**Aku bukan pilihan:**
A
Engkau tahu tuk sa
D
jak engkau tanyakan hasrat
E
pada semua yang teramat se
A
lalu
A
Engkau tahu aku
D
bukan ada disini
E
untuk melayanimu suka
A
du

Dengan chord dasar A, lagu “Aku Bukan Pilihan” bisa dimainkan dengan mudah oleh pemula sekalipun. Kunci-kunci lain seperti D dan E juga turut digunakan di sepanjang lagu untuk menciptakan alunan musik yang indah.

Interpretasi Lirik “Aku Bukan Pilihan”

Lirik dari lagu “Aku Bukan Pilihan” membahas tentang pengalaman seseorang yang merasa tidak dihargai dan hanya dianggap sebagai pilihan kedua. Iwan Fals dengan cerdas menggambarkan perasaan tersebut melalui lirik-lirik yang emosional dan puitis.

**Pengalaman Penggemar:** Beberapa penggemar menafsirkan lirik lagu ini sebagai cerminan dari kekecewaan Iwan Fals terhadap perlakuan orang-orang di sekitarnya. Kontrasnya antara kesuksesan yang dimilikinya dengan perlakuan orang terhadap dirinya menjadi tema utama dalam lagu ini.

**Analisis Mendalam:** Dalam mendalami lirik lagu “Aku Bukan Pilihan”, kita dapat melihat bahwa Iwan Fals ingin menyampaikan pesan bahwa semua orang layak dihargai dan tidak boleh dianggap sebelah mata. Melalui lirik-lirik yang kuat, Iwan Fals mengajak pendengar untuk lebih peka terhadap perasaan orang lain.

Keberhasilan Lagu “Aku Bukan Pilihan”

Lagu “Aku Bukan Pilihan” berhasil mencuri perhatian publik pada masanya dan bahkan masih populer hingga saat ini. Dengan melodi yang easy listening dan lirik yang mendalam, lagu ini menjadi salah satu karya terbaik dari Iwan Fals.

**Pengaruh Terhadap Musik Indonesia:** Lagu “Aku Bukan Pilihan” tidak hanya berhasil secara komersial, tetapi juga memberikan dampak positif terhadap perkembangan musik Indonesia. Lirik-lirik yang cerdas dan berisi serta aransemen musik yang unik menjadikan lagu ini sebagai salah satu masterpiece dalam sejarah musik Indonesia.

**Cover dan Konser:** Lagu “Aku Bukan Pilihan” sering kali di-cover oleh musisi-musisi muda Indonesia sebagai bentuk penghormatan terhadap karya Iwan Fals. Selain itu, lagu ini juga sering dibawakan dalam konser-konser musik sebagai salah satu lagu wajib yang dinanti oleh para penggemar.

Kesimpulan

Dengan lirik yang dalam, melodi yang easy listening, dan pesan yang kuat, lagu “Aku Bukan Pilihan” merupakan salah satu karya terbaik dari Iwan Fals. Chord dari lagu ini yang sederhana membuat lagu ini mudah untuk dipelajari oleh pemula. Berbagai interpretasi dan analisis mendalam terhadap lirik lagu ini juga menunjukkan keberhasilan Iwan Fals dalam menyampaikan pesan kritik sosial melalui musik. Semoga artikel ini dapat memberikan wawasan yang lebih luas mengenai lagu “Aku Bukan Pilihan” dan menginspirasi para pembaca untuk lebih menghargai karya-karya seni dalam negeri. Terima kasih telah membaca!

Redaksi KSDA Jateng

KSDA Jateng adalah portal berita dan informasi terbaru Jateng. Situs ini memiliki visi untuk memberikan informasi yang akurat, terkini, dan bermanfaat bagi masyarakat Jateng.
Back to top button