Tutorial

Teks Prosedur Cara Membuat Nasi Goreng

Nasi goreng adalah salah satu masakan Indonesia yang populer dan sangat disukai oleh banyak orang. Rasanya yang gurih dan sedikit pedas membuat nasi goreng menjadi pilihan favorit untuk sarapan atau makan malam. Dalam artikel ini, kita akan membahas cara membuat nasi goreng yang enak dan lezat.

Bahan-bahan yang Dibutuhkan:

  1. Nasi putih, secukupnya
  2. Bawang merah, 5 butir
  3. Bawang putih, 3 siung
  4. Cabe merah besar, 2 buah
  5. Cabe rawit, 3 buah (opsional)
  6. Kecap manis, 2 sendok makan
  7. Garam, secukupnya
  8. Gula, secukupnya
  9. Kaldu ayam bubuk, 1 sendok teh
  10. Minyak goreng, secukupnya
  11. Telur, 2 butir
  12. Daun bawang, secukupnya
  13. Bawang goreng, secukupnya

Langkah-langkah Pembuatan:

1. Persiapan Bahan

Pertama-tama, siapkan semua bahan yang dibutuhkan. Cuci bahan-bahan seperti bawang merah, bawang putih, cabe, dan daun bawang. Potong bawang merah dan bawang putih menjadi iris tipis. Potong cabe merah besar dan cabe rawit (jika digunakan) menjadi potongan kecil. Pisahkan putih telur dan kuning telur.

2. Memasak Telur

Panaskan sedikit minyak goreng di atas wajan. Masukkan putih telur dan kuning telur, aduk-aduk sebentar hingga matang. Angkat telur dan potong-potong kecil. Sisihkan.

3. Menggoreng Bahan-bahan

Panaskan minyak goreng secukupnya di atas wajan. Tumis bawang merah dan bawang putih hingga harum. Masukkan potongan cabe merah besar dan cabe rawit, aduk hingga layu. Tambahkan nasi putih ke dalam wajan, aduk rata dengan bumbu dan sayuran.

4. Penyajian

Tuang kecap manis, tambahkan garam, gula, dan kaldu ayam bubuk secukupnya ke dalam nasi goreng. Aduk rata dan cicipi rasanya. Masukkan potongan telur yang telah dimasak tadi ke dalam nasi goreng. Aduk lagi hingga semua bahan tercampur sempurna. Angkat nasi goreng dan sajikan di atas piring saji.

Tips tambahan:

  • Gunakan nasi dingin: Nasi yang dingin lebih cocok digunakan untuk membuat nasi goreng karena teksturnya yang lebih kering.
  • Tambahkan sayuran: Untuk variasi, Anda bisa menambahkan wortel, kacang polong, atau sayuran lainnya ke dalam nasi goreng.
  • Pilih bumbu sesuai selera: Sesuaikan jumlah kecap, garam, dan gula sesuai dengan selera masing-masing agar nasi goreng memiliki rasa yang pas.
  • Gunakan api sedang: Penting untuk memasak nasi goreng dengan api sedang agar bumbu meresap dan nasi tidak gosong.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas dan menggunakan bahan-bahan yang berkualitas, Anda bisa membuat nasi goreng yang lezat dan siap disantap bersama keluarga. Selamat mencoba!

Redaksi KSDA Jateng

KSDA Jateng adalah portal berita dan informasi terbaru Jateng. Situs ini memiliki visi untuk memberikan informasi yang akurat, terkini, dan bermanfaat bagi masyarakat Jateng.
Back to top button