Tutorial

Cara Menghilangkan Garis Merah Pada Word

Microsoft Word adalah salah satu program pengolah kata yang paling populer digunakan oleh banyak orang. Salah satu fitur yang seringkali membuat frustrasi pengguna adalah garis merah di bawah kata yang menandakan adanya kesalahan ejaan atau tata bahasa. Meskipun ini merupakan fitur penting untuk membantu memperbaiki kesalahan, namun terkadang garis merah tersebut bisa mengganggu tampilan dokumen. Berikut ini beberapa cara untuk menghilangkan garis merah pada Word.

1. Matikan Spell Checker

Spell checker adalah fitur yang bertanggung jawab untuk menandai kesalahan ejaan pada dokumen. Jika garis merah yang muncul adalah karena kesalahan ejaan, Anda dapat mematikan spell checker untuk sementara. Caranya:

  1. Buka menu File dan pilih Options.
  2. Pilih Proofing dan hilangkan centang pada opsi Check spelling as you type.
  3. Klik OK untuk menyimpan perubahan.

2. Custom Dictionary

Sometimes, garis merah muncul karena kata yang digunakan tidak terdaftar dalam dictionary bawaan Word. Anda dapat menambahkan kata-kata tersebut ke dalam custom dictionary agar tidak ditandai sebagai kesalahan. Caranya:

  1. Buka menu File dan pilih Options.
  2. Pilih Proofing dan klik Custom Dictionaries.
  3. Pilih Add untuk menambahkan kata-kata baru ke dalam custom dictionary.

3. Gunakan Bahasa yang Benar

Garis merah juga akan muncul jika kata atau kalimat yang Anda masukkan tidak sesuai dengan bahasa yang dipilih dalam Word. Pastikan Anda memilih bahasa yang benar untuk dokumen Anda agar garis merah tidak muncul tanpa alasan yang jelas.

4. Ubah Warna Garis Merah

Jika garis merah terlalu mencolok atau mengganggu, Anda dapat mengubah warna garis merah tersebut agar lebih mudah diabaikan. Caranya:

  1. Buka menu File dan pilih Options.
  2. Pilih Advanced dan geser ke bawah hingga menemukan opsi Show spelling and grammar errors.
  3. Pilih warna yang diinginkan untuk garis merah.

5. Periksa Pengaturan Proofing

Anda juga dapat mengatur pengaturan proofing pada Word sesuai kebutuhan Anda. Beberapa opsi yang dapat disesuaikan antara lain pengejaan ejaan, tata bahasa, dan gaya penulisan. Caranya:

  1. Buka menu File dan pilih Options.
  2. Pilih Proofing untuk mengakses pengaturan proofing.
  3. Atur opsi-opsi yang tersedia sesuai dengan preferensi Anda.

6. Aktifkan Grammar Checker

Selain spell checker, Word juga memiliki fitur grammar checker yang dapat membantu menandai kesalahan tata bahasa pada dokumen. Jika garis merah yang muncul adalah karena kesalahan tata bahasa, pastikan untuk mengaktifkan grammar checker agar dapat menemukan dan memperbaiki kesalahan tersebut.

7. Restart Word

Sometimes, garis merah yang muncul pada Word bisa disebabkan oleh glitch sementara. Cobalah untuk me-restart program Word untuk memperbaiki masalah tersebut. Jika garis merah masih tetap muncul setelah restart, periksa kembali pengaturan dan opsi-opsi yang telah disebutkan sebelumnya.

8. Update Program

Terakhir, pastikan Anda menggunakan versi terbaru dari Microsoft Word. Update program secara reguler untuk mendapatkan pembaruan fitur dan perbaikan bug yang mungkin mengakibatkan garis merah muncul tanpa alasan yang jelas.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat menghilangkan garis merah yang mengganggu pada Word dan tetap fokus pada konten yang ingin Anda buat. Jika garis merah tetap muncul meskipun sudah mencoba semua cara di atas, Anda dapat mencari bantuan lebih lanjut dari forum atau situs bantuan resmi Microsoft.

KSDA Jateng adalah portal berita dan informasi terbaru Jateng. Situs ini memiliki visi untuk memberikan informasi yang akurat, terkini, dan bermanfaat bagi masyarakat Jateng.
Back to top button