Tutorial

Cara Melihat Jawaban Di Google Form

Google Form merupakan salah satu aplikasi dari Google yang sering digunakan untuk membuat kuesioner, survei, atau formulir online. Dengan menggunakan Google Form, pengguna dapat dengan mudah membuat pertanyaan dan mengumpulkan jawaban dari responden secara online. Namun, bagaimana cara melihat jawaban yang telah diisi oleh responden? Simak ulasan di bawah ini.

1. Masuk ke Google Form

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah masuk ke akun Google Anda dan buka Google Form yang ingin Anda lihat jawabannya. Pilih formulir yang telah Anda buat sebelumnya atau yang sedang berlangsung.

2. Pilih Menu “Jawaban”

Setelah membuka formulir yang diinginkan, pilih menu “Jawaban” yang terletak di bagian atas formulir. Menu ini akan menampilkan semua jawaban dari responden yang telah mengisi formulir tersebut.

3. Lihat Jawaban Secara Keseluruhan

Di dalam menu “Jawaban”, Anda dapat melihat jawaban secara keseluruhan yang telah diisi oleh semua responden. Google Form akan secara otomatis mengumpulkan data dan merangkumnya dalam bentuk grafik atau tabel yang mudah dipahami.

4. Analisis Data

Setelah melihat jawaban secara keseluruhan, Anda juga bisa melakukan analisis data lebih lanjut. Anda dapat melihat persentase jawaban, membuat grafik untuk memvisualisasikan data, atau mengidentifikasi pola-pola tertentu dari jawaban responden.

5. Menyaring Jawaban

Jika Anda ingin melihat jawaban dari responden tertentu, Anda juga dapat menggunakan fitur penyaringan yang disediakan oleh Google Form. Anda bisa menyaring jawaban berdasarkan waktu pengisian, atau berdasarkan kriteria tertentu yang Anda tentukan.

6. Mengunduh Data

Jika Anda ingin memiliki salinan dari data jawaban responden, Anda dapat mengunduh data tersebut ke dalam format Excel atau Google Sheets. Caranya adalah dengan memilih menu “File” dan pilih opsi “Unduh” untuk mengekspor data.

7. Mengaktifkan Pemberitahuan

Jika Anda ingin mendapatkan pemberitahuan setiap kali ada responden yang mengisi formulir, Anda juga dapat mengaktifkan fitur pemberitahuan di Google Form. Dengan begitu, Anda tidak akan melewatkan setiap jawaban yang masuk ke formulir Anda.

8. Membuat Ringkasan Otomatis

Google Form juga menyediakan fitur untuk membuat ringkasan otomatis dari jawaban yang telah diisi oleh responden. Fitur ini akan merangkum data secara singkat dan memudahkan Anda dalam menganalisis hasil dari formulir yang telah dibuat.

9. Berbagi Hasil

Terakhir, setelah Anda selesai melihat dan menganalisis jawaban dari formulir Anda, Anda juga bisa berbagi hasil tersebut dengan orang lain. Anda dapat membagikan link formulir, hasil analisis, atau grafik kepada rekan kerja atau tim yang terlibat.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat dengan mudah melihat jawaban di Google Form dan melakukan analisis data yang diperlukan. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda dalam mengelola formulir online dengan Google Form. Terima kasih!

Redaksi KSDA Jateng

KSDA Jateng adalah portal berita dan informasi terbaru Jateng. Situs ini memiliki visi untuk memberikan informasi yang akurat, terkini, dan bermanfaat bagi masyarakat Jateng.
Back to top button