Aplikasi

WhatsApp Web dan Link Download WA Web Versi Terbaru 2024

KSDA Jateng – Penggunaan aplikasi WhatsApp memang bisa dirasakan dari segi aspek aksesibilitas, praktis dan juga fungsionalnya. Semenjak kemunculan Whatsapp Web, penggunaan web WhatsApp ini bisa dilakukan pada perangkat komputer atau laptop.

Artinya pengguna bisa mengaktifkan WhatsApp mobile pada perangkat laptop atau PC. Secara tidak langsung penggunaan web WhatsApp ini bisa dilakukan secara efisien. Terutama bagi diri seseorang yang pekerjaan, namun tetap harus membalas pesan whatsapp.

Cukup dengan menggunakan web Wa, maka tidak membutuhkan aplikasi tambahan sebagai pengguna whatsapp yang ingin mencari cara paling mudah dan praktis supaya bisa berkomunikasi. Meskipun tanpa menyentuh ponsel secara fisik, maka bisa memanfaatkan web WA.

Kelebihan Menggunakan Whatsapp Web

Menggunakan WA web secara tidak langsung memang mempermudah pekerjaan para penggunanya supaya bisa mendukung pekerjaan dengan sebaik mungkin. Namun tahukah kamu? Bahwa ternyata penggunaan web Wa mempunyai banyak kelebihan.

Dari kelebihan inilah yang membuat mengapa banyak masyarakat yang tertarik ingin menggunakannya. Tenang saja jika belum mengetahui hal apa saja yang menjadi kelebihan dari WA web, berikut ini penjelasan, selengkapnya:

1. Berbagi File Cepat

Untuk kelebihan pertama yaitu dari segi berbagai file yang dikatakan jauh lebih cepat. Misalnya mengirimkan foto, kontak, dokumen atau file lainnya. Asalkan file tersebut sudah tersimpan di PC atau laptop, maka langsung dikirimkan dari perangkat tersebut.

Namun perlu diingat bahwa penggunaan versi web pada WhatsApp tidak akan menyimpan dokumen tersebut secara otomatis di komputer. Untuk itu pengguna perlu melakukan pengunduhan file terlebih dahulu supaya dapat masuk di komputer secara manual.

Memang hal ini berbeda dengan aplikasi WhatsApp untuk melakukan penyimpanan media yang secara otomatis apabila opsi tersebut relevan diaktifkan.

2. Tersedia Banyak Shortcut

Berhubung menggunakan keyboard secara fisik atau pada laptop atau PC, maka selama penggunaan web WhatsApp akan disuguhkan dengan pintasan keyboard maupun shortcut. Tujuan supaya aktivitas berkomunikasi menjadi lebih cepat dan menyenangkan.

Banyak sekali shortcut yang tersedia pada aplikasi Whatsapp Web, silakan manfaatkan kelebihan ini supaya aktivitas chatting melalui web WhatsApp mampu berjalan dengan lancar, namun pekerjaan juga cepat terselesaikan.

Kekurangan Whatsapp Web

Selain mempunyai banyak fitur dan kelebihan yang bisa diunggulkan, namun sayangnya WA web juga mempunyai beberapa kekurangan. Dari kekurangan inilah diharapkan bisa mempertimbangkan dengan sebaik mungkin. Berikut ini kekurangan yang dimaksud, yaitu:

1. Tidak Bisa Mengunduh Paket Stiker Baru

Kekurangan pertama yaitu bahwa pengguna tidak dapat melakukan pengunduhan maupun mencari paket stiker keluaran terbaru. Pada versi website pengguna tetap dapat menampilkan stiker yang telah diunduh pada aplikasi.

Dengan demikian, maka pengguna tetap dapat menentukan pilihan salah satu dari stiker yang ingin diunduh, kemudian mengirimkannya ke teman sesuai yang ada di kontak Wa.

2. Tidak Dapat Melakukan Panggilan

Sangat disayangkan sekali bahwa wa web tidak memberikan izin bagi pengguna untuk melakukan panggilan. Baik itu panggilan video atau panggilan suara pada kontak. Tetapi, hal ini lebih memungkinkan bagi pengguna untuk melakukan panggilan video grup pada versi web.

Caranya melalui fitur messenger room. Jika sudah membuat room, maka tinggal membagikan tautan bersama dengan orang yang ingin diundang ke obrolan video grup. Namun wajib diketahui bahwa penggunaan messenger room tidak di enkripsi dari ujung ke ujung.

Dengan demikian, percakapan tersebut mungkin saja dapat diintip oleh pengguna lain. Oleh karena itu berhati-hatilah.

Apa Bedanya Whatsapp Web dengan Whatsapp Desktop?

Bisa dikatakan bahwa WhatsApp adalah layanan perpesanan terpopuler secara instan. Banyak para pengembang yang melakukan pembaruan secara terus-menerus dengan tujuan supaya memastikan pengguna tidak berpindah ke jenis aplikasi yang lainnya.

Sama halnya yang dilakukan oleh WhatsApp yang tidak hanya tersedia untuk penggunaan aplikasi ponsel saja. Akan tetapi juga dapat diakses melalui komputer. Terdapat dua layanan wa yang bisa dibuka melalui komputer yaitu melalui desktop atau web.

Walaupun terlihat sama akan tetapi diantara keduanya mempunyai perbedaan yang cukup menonjol. Untuk informasi perbedaan diantara keduanya, silakan menyimak penjelasan berikut:

1. Bentuk Platform

Untuk WA wa secara sengaja dibangun menggunakan format yang berbasis web. Sementara WhatsApp desktop mempunyai format berdasarkan dari program aplikasi untuk komputer. Kamu bisa melihat dari segi tampilannya yang cukup terlihat berbeda.

2. Cara Mengakses

Berhubung antara Wa web dengan Wa desktop mempunyai platform yang berbeda. Otomatis cara untuk mengaksesnya pun juga tidak sama pada versi web. Pengguna bisa mengakses melalui browser, kemudian membukanya melalui https://web.whatsapp.com.

Setelah itu pengguna dapat menautkan ke akun whatsapp pada ponsel halaman. Berbeda dengan akses versi desktop yang membutuhkan pengunduhan aplikasi. Di sini pengguna bisa mengunduh aplikasi dengan cara melalui situs resmi WhatsApp.

Sebelum melakukan pengunduhan, pastikan terlebih dahulu bahwa aplikasi tersebut sudah kompatibel pada sistem operasi komputer. Apabila unduhan berhasil, silakan lakukan penginstalan aplikasi WhatsApp desktop sesuai petunjuk dari masing-masing komputer.

Sementara untuk mengaksesnya, pengguna tinggal menautkan akun wa di ponsel ke aplikasi. Sedangkan cara menautkannya hampir sama seperti WhatsApp.

3. Format

Perbedaan selanjutnya antara WA web dengan whatsapp desktop bisa dilihat dari segi format. Terutama dari segi kemampuan memperkecil halaman platform.

Penggunaan Whatsapp Web dapat diakses melalui browser dan tidak mempunyai fitur minimize. Sementara untuk versi desktop mempunyai fitur minimalis.

4. Fitur Panggilan

Pada versi desktop memiliki pembaruan yang lebih memungkinkan bagi pengguna untuk melakukan video call atau panggilan video dan telepon. Namun sayangnya hal ini tidak berlaku untuk penggunaan wa web.

Link Download WA Web Terbaru 2024

Menggunakan wa web versi dekstop atau mobile memang memberikan hal yang berbeda bagi pengguna. Apalagi Whatsapp Web ini digunakan untuk keperluan bisnis dan chattingan lainnya.

Maka dari itu disini KSDA Jateng ingin memberikan link download terbaru aplikasi Whatsapp Web yang aman untuk digunakan. Baik langsung saja silahkan klik link unduhannya pada table dibawah ini.

Nama AplikasiWhatsApp Web Apk
Versi Aplikasi1.5.8.8 Mod
Ukuran Aplikasi108 MB
Link DownloadDisini

Cara Menggunakan Whatsapp Web

Fitur wa web memang tidak selengkap seperti penggunaan versi mobile. Akan tetapi hal ini bukan berarti wa web tidak memberikan manfaat kepada penggunanya. Pihak pengembang menciptakan sebuah wa web dengan tujuan supaya bisa memenuhi segala kebutuhan penggunanya.

Termasuk ketika bekerja dengan PC atau laptop. Oleh karena itu, sudah sewajarnya apabila fitur yang dimiliki antara wa web dengan mobile juga berbeda. Untuk informasi mengenai cara penggunaan wa web, bisa mengikuti cara berikut:

  • Di langkah pertama, silakan mengakses link Wa web terlebih dahulu yang ada di https://web.whatsapp.com melalui browser yang dimiliki. Bisa menggunakan Google chrome, Mozilla Firefox, Opera Mini, sampai Microsoft Edge.
  • Jika sudah, langsung saja membuka aplikasi WhatsApp yang ada di Smartphone.
  • Kemudian tekan tombol titik tiga di atas kanan layar, lalu pilih Whatsapp Web.
  • Jika sudah, barulah kamu mengklik bagian QR kode.
  • Setelah itu pindahkan QR kode yang muncul di bagian browser desktop di Smartphone.
  • Jika proses pemindaian selesai, maka otomatis layanan chat wa akan dipindahkan ke browser laptop atau desktop.
  • Sekarang pengguna dapat mengakses tanpa perlu menggunakan smartphone.
  • Proses selesai.

Bagaimana Jika WA Web Error

Penggunaan WA web memang semakin meningkat karena cara penggunaannya yang dikatakan sangat mudah dan praktis. Namun sayangnya, terkadang juga mengalami kendala seperti WA web error atau tiba-tiba tidak dapat digunakan.

Jika mengalami hal ini, tidak perlu khawatir, karena bisa mengatasinya dengan langkah-langkah yang tepat. Berikut ini penjelasan selengkapnya:

1. Cek Bagian Server Whatsapp

Cara pertama yang perlu dilakukan yaitu dengan melakukan pengecekan. Pastikan bahwa server pada WhatsApp tidak sedang down. Untuk melakukannya, silakan mengecek dengan membuka situs downdetector.com.

Kemudian melalui situs tersebut bisa dilihat apakah ada laporan jika WhatsApp down atau berfungsi dengan normal. Jika WhatsApp mengalami down, maka hal ini berarti pengguna sulit mengakses bagian web WhatsApp.

2. Memeriksa Kompatibilitas Browser

Cara selanjutnya yaitu dengan melakukan pemeriksaan pada bagian kompatibilitas browser web yang sedang digunakan. Untuk WA web memang dapat diakses melalui berbagai browser dan beberapa aplikasi web yang lainnya.

Jika web tidak dapat diakses menggunakan aplikasi Zero jadul, maka silakan periksa kompatibilitas di browser tersebut. Bisa saja terjadi gangguan yang menimbulkan alasan mengapa web browser tidak dapat digunakan.

3. Cek Update Browser

Melakukan update atau memperbarui pada bagian browser web pada biasanya membantu pengguna supaya menghindari error selama penggunaan aplikasi. Sementara proses update browser dapat dilakukan dengan langkah yang mudah untuk bisa memperoleh update terbaru.

Jika web WhatsApp mengalami error dan tidak dapat digunakan, cobalah untuk merefresh atau mengupdate browser yang digunakan.

4. Membersihkan Cache dan Cookie

Membersihkan cache maupun cookie pada browser website memang bisa membantu pengguna untuk dapat melancarkan penggunaan web WhatsApp. Bagaimana pun juga, chache maupun cokie menjadi faktor yang bisa memperlambat kinerja dari perangkat yang digunakan.

Oleh karena itu, selalu disarankan agar kamu menghapus chache maupun cookie pada web browser. Untuk membersihkan bagian chache maupun chokie pada browser, silahkan mengikuti cara berikut:

  • Pertama, silakan buka Google chrome.
  • Setelah itu pilih menu setting.
  • Jika sudah, klik advanced option.
  • Berikutnya tinggal gulir layar ke bawah.
  • Kemudian pilih clear browsing data agar bisa melakukan penghapusan cache dan cookie.
  • Apabila sudah selesai, langsung saja hubungkan WhatsApp ke HP pada Whatsapp Web.
  • Secara otomatis aplikasi akan berfungsi dengan normal.
  • Proses selesai.

5. Mengupdate WA di Ponsel

Cara untuk mengatasi WhatsApp error selanjutnya yaitu dengan melakukan update aplikasi WhatsApp yang ada di Smartphone. Memang kondisi aplikasi yang belum diperbarui dapat menimbulkan penyebab mengapa website tersebut tidak dapat berfungsi dengan normal.

Solusinya dengan memperbarui aplikasi WhatsApp yang ada di HP. Langkahnya tidak terlalu rumit, seperti berikut:

  • Silakan buka Google play store maupun app store.
  • Setelah itu, pilih Whatsapp.
  • Tekan tombol update di sebelah bawah kanan aplikasi.
  • Proses selesai.

6. Cek Kondisi Jaringan Internet

Cara terakhir untuk mengatasi web WhatsApp yang error yaitu silakan melakukan pengecekan kondisi jaringan yang terhubung di Smartphone maupun laptop.

Bisa saja jaringan internet yang tidak lancar membuat WA web error. Mengingat bahwa jaringan internet sangat berpengaruh terhadap penggunaan aplikasi WhatsApp.

Cara Membuat Stiker di WA Web

Hal menarik yang bisa dilakukan selama menggunakan Whatsapp Web yaitu pengguna dapat membuat stiker sendiri. Fitur pembuat stiker memang bisa secara langsung diakses melalui wa. Baik itu penggunaan WhatsApp desktop atau WA web.

Sebelum kemunculan dari fitur ini memang sudah ada fitur lain yaitu aplikasi stiker WhatsApp yang bisa dimanfaatkan. Setelah itu melakukan pengirimannya ke WhatsApp. Namun hal ini berbeda selama menggunakan Wa web, karena kamu bisa meminta koleksi stiker dari pengguna lain.

Bisa juga dengan membuat stiker sendiri. Langkah pembuatan stiker seperti berikut:

  • Silakan buka wa web yang ada di browser terlebih dahulu.
  • Setelah itu buka WhatsApp di HP.
  • Pilih titik tiga di bagian atas kanan.
  • Setelah itu pilih perangkat tertaut
  • Kemudian klik tautan perangkat.
  • Setelah itu arahkan HP ke bagian barcode yang ada di PC atau laptop.
  • Jika sudah pilih kontak sesuai yang ingin dikirimkan stiker buatan sendiri.
  • Silahkan klik icon kertas.
  • Kemudian pilih icon stiker berwarna biru.
  • Jika sudah kamu akan diarahkan ke bagian dokumen berisi gambar dengan format JPG maupun PNG.
  • Kemudian pilih gambar sesuai yang ingin dijadikan stiker.
  • Caranya tinggal mengklik bagian gambar tersebut.
  • Dengan cara ini, kamu bisa secara langsung mengedit gambar sesuai yang diinginkan.
  • Pada bagian atas, terdapat fitur yang dapat digunakan supaya stiker terlihat lebih menarik. Contohnya menambahkan latar belakang, menambahkan teks, maupun yang lainnya.
  • Jika sudah, tinggal klik tombol selesai.
  • Langkah berikutnya tinggal klik tanda pesawat kertas yang ada di sebelah kanan.
  • Untuk melakukan pengiriman pesan ke pihak penerima, pengguna tinggal melihat contoh stiker buatan Kamu sendiri ketika kolom chat muncul.
  • Jika ingin melakukan penyimpanan, tinggal klik stiker tersebut kemudian beri bintang di bagian pesan.
  • Proses selesai.

Cara Mengedit Foto Melalui Whatsapp Web

Selama penggunaan WA web, kamu akan diberikan kemudahan dari segi proses pengeditan foto yang bisa dilakukan dengan sangat praktis. Jika sekiranya kamu adalah pengguna web wa pemula dan belum mengetahui bagaimana langkah melakukan pengeditan foto, berikut ini caranya:

  • Silakan buka situs WA web terlebih dahulu.
  • Kemudian buka wa yang ada di HP.
  • Lalu klik tanda tiga titik, letaknya ada di atas kanan.
  • Setelah itu tinggal pilih perangkat tertaut.
  • Selanjutnya, tinggal klik tautkan perangkat.
  • Setelah itu, arahkan HP ke bagian barcode yang ada di layar PC atau laptop.
  • Jika sudah, pilih kontak sesuai yang ingin dikirimkan gambar.
  • Selanjutnya tinggal klik icon clip kertas.
  • Kemudian pilih icon video dan foto berwarna ungu.
  • Silahkan masukkan foto sesuai yang ingin dikirim.
  • Namun sebelum mengirim, pengguna dapat mengedit foto tersebut. Baik itu mengecilkan ukuran, memberikan tulisan di foto, mencerahkan foto, mengganti background atau yang lainnya.
  • Kemudian apabila sudah selesai mengedit, silahkan klik tanda warna hijau untuk melakukan pengiriman foto. Foto yang sudah diedit telah berhasil dikirim ke pengguna lain.

Cara Mengaktifkan Dark Mode di WA Web

Fitur berupa dark mode ternyata tidak hanya dimiliki pada website mobile saja. Akan tetapi pada WA web pun juga tersedia fitur yang satu ini. Cara untuk mengaktifkan dark mode cukup mudah dan cepat, seperti langkah berikut:

  • Silakan buka.
  • Kemudian masuk ke website WA.
  • Setelah itu, tinggal melakukan login.
  • Klik bagian icon tiga titik, letaknya ada di pojok atas kanan.
  • Setelah itu pilih menu setting.
  • Jika sudah, akan muncul beberapa pilihan pengaturan tema.
  • Dari sini, kamu akan menemukan pilihan tema dark dan light.
  • Setelah itu, untuk penggunaan fitur mode dark, silahkan pilih dark.
  • Kemudian, klik tombol Ok.
  • Sekarang tema pada WA web sudah berubah menjadi dark mode sesuai yang diinginkan.
  • Proses selesai.

Menggunakan Whatsapp Web memang mampu memberikan banyak keunggulan, terutama dari efisien membagi waktu. Untuk yang seringkali bergelut dengan tugas kantor, maka wa web menjadi solusi yang tepat.

Dari sini, kamu bisa menyelesaikan pekerjaan yang ada di perangkat laptop. Namun juga tetap bisa membalas pesan WhatsApp tanpa harus menyentuh ponsel secara langsung.

Baca juga artikel yang lainnya:

KSDA Jateng adalah portal berita dan informasi terbaru Jateng. Situs ini memiliki visi untuk memberikan informasi yang akurat, terkini, dan bermanfaat bagi masyarakat Jateng.
Back to top button