Kenali Jadwal Perdagangan Saham Agar Hasilkan Cuan Maksimal

KSDA Jateng – Perdagangan saham, salah satu kegiatan yang punya banyak peminat, pasalnya kegiatan ini menghasilkan passive income yang lumayan. Peminat kegiatan jual beli saham di Indonesia ini umumnya adalah para kaula muda, namun banyak juga orang dewasa yang suka kegiatan ini.

Penghasilan passive income yang datang dari kegiatan jual beli saham bisa lumayan banyaknya jika kamu tau caranya. Jual beli saham memang tak bisa dilakukan secara sembarangan. Untuk dapat berhasil dalam jual beli saham tersebut, kamu harus pandai – pandai membeli dan menjual saham.

Jadwal dalam perdagangan saham sangat penting untuk diperhatikan oleh setiap peserta jual beli. Sebab kalau kamu tak tau kapan jadwalnya, kamu bisa ketinggalan jual beli saham tersebut. Untuk memahami mengenai jual beli saham, kamu bisa simak artikel berikut ini dengan baik dan cermat.

Menyelami Pengertian Kegiatan Perdagangan Saham

Passive income, merupakan satu hal yang pasti diinginkan oleh semua orang. Dengan memiliki passive income, tentu saja seseorang memiliki penghasilan jauh lebih banyak. Sebab penghasilan mereka tak hanya berasal dari gaji pokok saja.

Ada banyak sekali cara untuk mendapatkan passive income dalam jumlah yang lumayan. Tentunya kamu boleh pilih metode mana yang mau kamu pakai untuk bisa mendapatkan passive income.

Setelah kamu memilih cara mana yang mau kamu gunakan untuk memperoleh passive income. Kamu harus tau cara memaksimalkan langkah yang kamu pilih tadi agar kamu dapat mendapatkan jumlah passive income yang maksimal.

Perdagangan saham dapat menjadi salah satu pilihan passive income pilihan mu. Proses jual beli saham ini memang sedang digandrungi banyak orang di Indonesia. Terkhususnya kaula muda Indonesia saat ini.

Sebenarnya kegiatan jual beli saham termasuk dalam kegiatan ekonomi yang cukup mudah dipahami. Makanya, kegiatan ini banyak dilakukan oleh masyarakat Indonesia di mana saja dan kapan saja.

Untuk melakukan kegiatan jual beli saham, kamu perlu melakukannya di tempat khusus yang sudah disediakan. Tempat khusus untuk melakukan jual beli saham dikenal dengan istilah pasar modal. Pasar modal ini pun juga dikenal sebagai pasar bursa oleh para pemain saham.

Selain terjadi pada tempat khusus yang sudah disediakan. Proses jual beli saham juga melibatkan berbagai pihak. Mulai dari invenstor saham, srategi pembelian dan penjualan saham. Selain itu, orang – orang yang melakukan jual beli saham, juga harus punya sebuah rekening yang khusus.

Untuk melakukan jual beli saham, kamu harus melakukannya dengan bantuan sistem khusus. Nantinya sistem akan mencari tau berapa harga sebuah saham yang dijual oleh oleh perusahaan.

Dengan adanya sistem ini, kamu bisa masuk dalam perdagangan saham dengan mudah. Sebab kamu hanya perlu menentukan berapa jumlah yang akan kamu beli atau kamu jual nantinya.

Mari Cermati Semua Proses Yang Terjadi Pada Perdagangan Saham

Walau sekilas terdengar seperti proses yang gampang dimengerti. Ada berbagai rangkaian yang harus dilewati para pelaku perdagangan saham.

Banyaknya proses yang dilalui saat melakukan jual beli saham ini tentu saja sangat wajar. Sebab saham harus dijual dengan cara yang benar dan sesuai dengan standar. Baru lah setelah itu kamu bisa mendapatkan saham dengan jalan yang sah.

Nah, walau ada banyak sekali proses dalam jual beli saham, tak berarti proses jual beli saham ini berlangsung sehari semalam. Proses jual beli saham bisa diselesaikan dalam waktu yang kurang dari 24 jam tersebut.

Proses jual beli saham sendiri terbagi menjadi empat periode proses yang berbeda – beda. Kalau kamu penasaran, ini dia tahapan tersendiri dalam jual beli saham.

Tahapan Pertama: Pra Pembukaan Jual Beli Saham

Proses pertama yang akan kamu ikuti jika kamu mau mengikuti perdagangan saham adalah pra pembukaan. Pra pembukaan ini wajib untuk kamu ikuti kalau kamu mau melakukan jual beli saham apa saja.

Sesuai nama, pra pembukaan sendiri merupakan kegiatan untuk membentuk harga dari penawaran saham. Sebab dari harga pra pendaftaran ini akan dipertemukan antara harga yang ditawarkan dengan berapa banyaknya penawaran.

Di proses pra pembukaan ini setiap orang dapat memasukan harga berapa pun yang mereka mau. Entah itu menawarkan harga yang tinggi atau tidak, semua bisa dilakukan oleh para anggota.

Tahapan Kedua: Transaksi Jual Beli Saham

Setelah didapatkan harga yang pas untuk sebuah saham yang ditawarkan oleh perusahaan. Barulah proses perdagangan saham akan bergeser ke tahap kedua. Nama tahap kedua dari jual beli saham adalah proses transaksi.

Pada tahapan kedua, sesuai dengan namanya, di tahapan ini adalah bagian di mana semua anggota melakukan transaksi. Entah itu membeli atau menjual saham yang mereka punya.

Untuk kamu yang masuk ke pasar reguler atau pasar negosiasi, kamu bisa bertransaksi selama dua kali sehari. Tapi kalau kamu masuk ke pasar tunai, kamu hanya bisa melakukan satu kali transaksi.

Tahapan Ketiga: Pra Penutupan Jual Beli Saham

Proses selanjutnya dari kegiatan jual beli saham adalah kegiatan pra penutupan. Kegiatan pra penutupan ini dilakukan setelah semua transaksi jual beli saham berhasil dilakukan anggota. Makanya kegiatan ini ada dalam posisi ketiga dari jual beli saham.

Kegiatan yang terjadi pada pra penutupan adalah blind trading. Blind trading sendiri berarti para pembeli masih bisa menawarkan penjualan dengan harga mereka, namun belum tentu disetujui. Tentunya tak ada kegiatan jual beli di tahap ini.

Tahapan Keempat: Penutupan Jual Beli Saham

Tahapan keempat atau tahapan terakhir dari jual beli saham adalah tahapan penutupan. Di tahapan ini masih ada sedikit kegiatan jual beli. Namun tentunya harga yang dipakai berbeda, yaitu harga dati pra penutupan tadi.

Kalau kamu melakukan pembelian saat penutupan proses perdagangan saham ini, kamu tak bisa menawar harga lagi. Kamu cuma bisa beli saham pas penutupan dengan harga yang sesuai dengan saat penutupan saja.

Kenali Jadwal Perdagangan Saham Untuk Semua Pasar Saham Yang Ada

Setelah kamu tadi memahami apa itu proses jual beli saham dan bagaimana tahapan jual beli saham. Maka sekarang kamu harus tau jadwal setiap pasar dalam melakukan jual beli saham.

Perdagangan saham, salah satu kegiatan yang punya banyak peminat, pasalnya kegiatan ini menghasilkan passive income yang lumayan. Peminat kegiatan jual beli saham di Indonesia ini umumnya adalah para kaula muda, namun banyak juga orang dewasa yang suka kegiatan ini.

Penghasilan passive income yang datang dari kegiatan jual beli saham bisa lumayan banyaknya jika kamu tau caranya. Jual beli saham memang tak bisa dilakukan secara sembarangan. Untuk dapat berhasil dalam jual beli saham tersebut, kamu harus pandai – pandai membeli dan menjual saham.

Jadwal dalam perdagangan saham sangat penting untuk diperhatikan oleh setiap peserta jual beli. Sebab kalau kamu tak tau kapan jadwalnya, kamu bisa ketinggalan jual beli saham tersebut. Untuk memahami mengenai jual beli saham, kamu bisa simak artikel berikut ini dengan baik dan cermat.

Untuk pasar yang dipakai dalam jual beli saham sendiri sebenarnya ada banyak jenis. Tercatat, kamu bisa melakukan jual beli saham pada tiga jenis pasar. Nama pasar – pasar tersebut adalah pasar reguler, pasar tunai, serta pasar negosiasi.

Seperti namanya yang berbeda – beda, proses setiap transaksi saham dalam tiap pasar juga berlainan. Kamu perlu untuk mengetahui setiap jadwal perdagangan saham dalam setiap pasarnya.

Kalau kamu mengetahui jadwal perdagangan saham yang pas untuk setiap jadwalnya, kamu bisa melakukan jual beli dengan mudah, Sebab kamu tak akan menemukan kesalahan jam dalam jual beli saham yang kamu ikuti.

Nah, lalu bagaimana susunan jadwal jual beli saham untuk pasar reguler, tunai, dan pasar negosiasi? Berikut ini adalah jadwal untuk semua jual beli saham di semua pasar saham yang ada.

1. Susunan Jadwal Jual Beli Saham Pada Pasar Jenis Reguler

Bagi semua pelaku jual beli saham apa pun pasti sudah tak asing lagi dengan pasar reguler, kan? Memang pasar reguler adalah jenis pasar saham yang cukup populer di kalangan para penjual maupun pembeli saham.

Di pasar reguler, mereka memiliki satu sistem khusus dalam berjualan saham. Sistem tersebut adalah sistem perdagangan saham dengan metode tawar menawar saham yang terus berkesinambungan.

Oleh karena itu, closing atau tidaknya jual beli saham di pasar reguler hanya akan terjadi bila ada pertemuan harga. Tentunya pertemuan harga tersebut pada harga penjualan saham dan harga yang ditawarkan oleh si calon pembeli.

Nah, kalau kamu mau coba transaksi perdagangan saham di pasar ini. Maka kamu harus lihat jadwal jual beli saham pasar reguler yang sudah ditulis di bawah ini.

Rincian Proses Pasar Untuk Pasar Reguler
Waktu Untuk Pra Pembukaan Perdagangan Dari Jam 08.45 Di Pagi Hari Sampai 08.59 Di Pagi Hari
Jam Untuk Penjualan Saham Sesi Yang Pertama Mulai Pukul 09.00 Di Pagi Hari Sampai Pukul 11.30 Di Pagi Hari
Waktu Untuk Penjualan Saham Sesi Yang Kedua Dimulai Sejak 1.30 Di Siang Hari Sampai 2.49 Di Siang Hari
Jam Untuk Kegiatan Para Penutupan Perdagangan Mulai Jam 2.50 Siang Hingga Jam 3.00 Di Sore Hari
Jam Untuk Random Closing Saham Diawali Pada 02.58 Siang Hari Sampai 03.00 Sore Hari
Waktu Untuk Pasca Penutupan Jual Beli Pada Pukul 03.01 Sore Sampai Pukul 03.15 Sore

2. Susunan Jadwal Jual Beli Saham Pada Pasar Jenis Tunai

Selain pasar reguler, pasar tunai juga menjadi jenis pasar yang wajib untuk dikenali dengan baik oleh para pelaku perdagangan saham. Sebab pasar tunai bisa menjadi opsi perdagangan saham yang menguntungkan juga, loh.

Kalau kamu baru belajar cara jual beli saham, pasti kamu kerap mengira pasar tunai ini sama dengan pasar reguler, kan? Padahal, nggak begitu, sebab memang ada berbagai hal yang beda antara dua jenis pasar saham itu.

Perbedaan pertama antara pasar tunai dengan pasar reguler adalah sesi perdagangan saham yang terjadi. Kalau pasar reguler, mereka punya dua waktu untuk berdagang, sementara kalau pasar tunai hanya punya satu waktu.

Tak cuma itu saja yang membedakan pasar reguler dengan pasar tunai. Metode bayar saham yang dipakai juga berbeda. Kalau oasar reguler mendukung segala jenis pembayaran saham, tapi kalau pasar tunai hanya mendukung tunai.

Nah, sebenarnya hadirnya pasar tunai dalam perdagangan saham membawa manfaat tersendiri, loh. Sebab memang pasar yang satu ini dimaksudkan untuk menyelesaikan masalah transaksi yang terjadi dalam jual beli dengan cepat.

Untuk jadwal jual beli saham di pasar tunai berikut, tentu juga beda dengan jadwal pasar lain. Nah, ini tabel yang menandakan waktu jual beli di pasar tunai.

Identitas Detail Dari Pasar Jual Beli Pasar Tunai
Waktu Untuk Sesi Pertama Jual Beli Dari Pukul 09.00 Di Pagi Hari Sampai Pukul 11.30 Di Pagi Hari

3. Susunan Jadwal Jual Beli Saham Pada Pasar Jenis Negosiasi

Pasar negosiasi adalah jenis pasar paling terakhir yang harus dikenali oleh para pelaku jual beli saham. Pada pasar ini sesuai dengan namanya, proses jual beli dilakukan secara negosiasi antar setiap pihak.

Nah, jadwal jual beli saham untuk pasar negosiasi juga pastinya beda dengan pasar lainnya. Ini dia tabel lengkap untuk jadwal pasar negosiasi.

Keterangan Proses Detail Dari Pasar Saham Untuk Pasar Negosiasi
Sesi Pertama Untuk Melakukan Proses Transaksi Saham Pada Jam 09.00 Pagi Hari Sampai Jam 11.30 Pagi Hari
Sesi Kedua Untuk Melakukan Proses Transaksi Saham Untuk Jam 02.30 Di Siang Hari Sampai Jam 03.30 Di Sore Hari

FAQ

Perdagangan saham, salah satu kegiatan yang punya banyak peminat, pasalnya kegiatan ini menghasilkan passive income yang lumayan. Peminat kegiatan jual beli saham di Indonesia ini umumnya adalah para kaula muda, namun banyak juga orang dewasa yang suka kegiatan ini.

Penghasilan passive income yang datang dari kegiatan jual beli saham bisa lumayan banyaknya jika kamu tau caranya. Jual beli saham memang tak bisa dilakukan secara sembarangan. Untuk dapat berhasil dalam jual beli saham tersebut, kamu harus pandai – pandai membeli dan menjual saham.

Jadwal dalam perdagangan saham sangat penting untuk diperhatikan oleh setiap peserta jual beli. Sebab kalau kamu tak tau kapan jadwalnya, kamu bisa ketinggalan jual beli saham tersebut. Untuk memahami mengenai jual beli saham, kamu bisa simak artikel berikut ini dengan baik dan cermat.

Apa Jenis Saham Yang Bisa Diperjual Belikan?

Ada banyak jenis saham yang bisa kamu jual atau beli di pasar saham. Ada saham biasa, saham preferent, saham hak suara terbatas, saham grup, dan saham indeks. Kamu pilih jenis saham sesuai yang kamu mau, ya.

Kapan Saja Saya Bisa Membeli Atau Menjual Saham?

Pasar saham apa pun hanya buka dari hari Senin sampai dengan hari Jumat di tiap minggunya. Jadi kalau mau berdagang saham apa saja, lakukan di hari – hari itu, ya.

Nah, ini dia segala info yang kamu butuh tentang perdagangan saham dan pastinya harus kamu pahami dengan baik. Pahami hal ini dengan baik agar kamu juga bisa mulai jual beli saham dan dapatkan passive income yang sudah kamu impi – impikan.

KSDA Jateng adalah portal berita dan informasi terbaru Jateng. Situs ini memiliki visi untuk memberikan informasi yang akurat, terkini, dan bermanfaat bagi masyarakat Jateng.
Back to top button