Aplikasi

Download FM WhatsApp (FM WA) Versi Terbaru Anti Banned

KSDA Jateng – FM Whatsapp adalah salah satu aplikasi modifikasi dari WA yang begitu populer dan banyak digunakan oleh berbagai pengguna akhir-akhir ini. Hal ini tentu tidak terlepas dari adanya berbagai kelebihan yang mungkin tidak bisa ditemukan pada APK serupa lainnya atau pada WhatsApp versi asli.

WhatsApp sendiri menjadi salah satu aplikasi perpesanan yang digunakan oleh mayoritas masyarakat karena pemakaiannya yang sangat mudah dan terjamin aman. Namun, sejalan dengan kelebihan tersebut, masih terdapat beberapa kekurangan fitur pada WhatsApp yang membuat beberapa pengguna mengeluh.

Oleh karena itu, salah satu solusi yang diambil beberapa pengguna adalah menggunakan aplikasi modifikasi dengan berbagai fitur tambahan yang diinginkan. Lantas, apa saja fitur-fitur yang dimiliki oleh FM WA? Simak penjelasan serta dapatkan link download APK nya di bawah ini!

Review Sekilas Tentang FM WhatsApp

Sebagaimana yang sempat sedikit dibahas sebelumnya, FM WA merupakan APK modifikasi dari aplikasi WhatsApp. Aplikasi MOD ini dikembangkan oleh developer bernama Fouad Apps. Karena merupakan aplikasi MOD, maka cara pengunduhan FM WA hanya bisa dilakukan melalui situs web.

Pasalnya, tentu aplikasi yang diciptakan secara tidak resmi seperti ini dilarang keras oleh Play Store atau App Store karena terkait dengan hak cipta dan sebagainya. Jadi jangan heran jika pengguna tidak bisa menemukan berbagai APK di Play Store atau App Store.

Menjadi salah satu APK modifikasi WhatsApp terbaik, banyak pengguna yang merasa terbantu karena adanya berbagai fitur unggulan yang bisa didapatkan di FM WA. Beberapa di antaranya merasa puas karena adanya fitur privasi sehingga pengguna bisa menggunakan aplikasi dengan lebih nyaman.

Selain itu, adanya tampilan hingga tema yang bisa dikustomisasi juga membuat banyak orang semakin betah dalam menggunakan APK ini. Ratusan tema yang siap langsung digunakan secara gratis bisa dicoba kapanpun dan dijamin tidak akan membuat pengguna bosan dengan tampilan yang itu-itu saja.

Meski penggunaan APK begitu menguntungkan karena fitur unggulan di dalamnya, para pengguna harus tetap mengingat bahwa menginstal APK di perangkat bisa membawa resiko untuk kedepannya. Hal ini karena tidak terdapat lembaga resmi yang mengawasi proses berjalannya APK.

Fitur-Fitur Unggulan FM WhatsApp APK

Dalam menggunakan FM WA, para pengguna akan dimanjakan dengan berbagai fitur unggulan yang sudah disediakan. Apalagi fitur ini mungkin masih belum bisa ditemukan pada aplikasi WhatsApp versi original atau bahkan di beberapa APK MOD WhatsApp lainnya.

Untuk mengetahui fitur FW WA secara lebih lengkap, perhatikan beberapa poin di bawah ini:

1. Sembunyikan Last Seen, Centang Dua, dan Centang Biru

Fitur pertama dalam FM WA yang bisa dimanfaatkan adalah bisa menyembunyikan status last seen, centang dua hingga centang biru dalam perpesanan. Fitur ini bisa digunakan jika pengguna ingin lebih nyaman menggunakan WhatsApp tanpa harus khawatir dipantau oleh pengguna lain.

Beberapa orang yang sedang menghindari pengguna tertentu juga akan sangat terbantu dengan adanya fitur menyembunyikan centang dua. Pasalnya, walaupun sebenarnya pesan yang dikirimkan oleh orang lain sudah masuk, balon percakapan akan tetap menampilkan tanda centang satu saja.

Dengan begitu, orang lain pasti akan mengira bahwa pengguna belum menerima pesan tersebut atau bahkan tidak online WhatsApp selama beberapa waktu karena centang satu.

2. Kunci Aplikasi

Dewasa ini, sebenarnya sudah banyak sekali smartphone keluaran baru yang telah dilengkapi dengan sistem pengaturan kunci aplikasi. Namun, untuk beberapa ponsel yang belum dilengkapi dengan fitur tersebut, pengguna akhirnya menginstal aplikasi tambahan lain untuk mengunci aplikasi tertentu.

Dalam hal ini, pengguna FM WhatsApp tidak perlu repot-repot mengutak-atik pengaturan ponsel atau bahkan hingga menginstal aplikasi tambahan lagi untuk mengunci aplikasi. Pasalya, APK satu ini telah dilengkapi dengan fitur tersebut di dalamnya.

Dengan mengaktifkan fitur kunci aplikasi, maka WhatsApp akan terkunci dengan pola atau sandi yang telah diatur sebelumnya oleh pengguna. Ini adalah langkah paling ampuh jika terdapat beberapa orang yang suka jahil dan tidak sopan dengan membuka WA tanpa izin terlebih dahulu.

Selain dapat mengunci aplikasi secara keseluruhan, fitur penguncian ini juga bisa digunakan untuk mengamankan beberapa ruang obrolan tertentu saja dengan memasang PIN. Pengguna bisa menerapkan keduanya sekaligus, atau salah satu diantaranya sesuai dengan masing-masing situasi dan kondisi.

3. Melihat Pesan Terhapus

Saat saling berkirim pesan di WhatsApp, tidak jarang para pengguna harus dibuat penasaran dengan pesan yang telah dihapus oleh seseorang. Sebab, WhatsApp sendiri tidak menyediakan fitur untuk bisa memulihkan pesan terhapus sehingga bisa dibaca.

Bukan tanpa sebab, hal ini mungkin dipertimbangkan oleh pihak developer karena bisa membaca pesan yang sebenarnya sudah dihapus bisa melanggar privasi seseorang. Pengguna sendiri pasti akan merasa risih dan kesal jika pesan yang telah dihapusnya tetap bisa dipantau atau dibaca oleh orang lain.

Namun, terkadang fitur hapus pesan digunakan oleh beberapa orang untuk berbuat jahil dan bahkan di beberapa kesempatan bisa memicu pertengkaran. Jika sangat penasaran dengan pesan yang sudah terhapus tersebut, maka pengguna bisa mengaktifkan fitur anti pesan terhapus di FM WhatsApp.

Nantinya, pesan tersebut akan muncul dengan ikon berbentuk lingkaran tercoret pada sebelah pojok kanan balon percakapan sebagai penanda bahwa pesan telah dihapus oleh pengirim. Uniknya, tidak hanya untuk percakapan pribadi saja, fitur ini juga bisa digunakan untuk melihat pesan terhapus di grup obrolan.

Tetapi apabila merasa tidak nyaman dengan fitur ini karena bisa melanggar privasi orang lain, maka pengguna bisa menonaktifkannya sewaktu-waktu dengan begitu mudah melalui panel pengaturan.

4. Menonaktifkan Panggilan Video

Selain bisa digunakan untuk berkirim pesan dan bertelepon, WhatsApp juga bisa digunakan untuk video call dengan orang lain di mana pengguna bisa saling berkomunikasi dengan kamera yang menyala. Video call sendiri terkadang menjadi fitur yang mengganggu bagi beberapa pengguna.

Pasalnya, tidak semua pengguna senang melakukan panggilan dengan tatap muka secara online. Selain itu, bagi beberapa pengguna yang sedang menghindari seseorang tertentu, mendapatkan panggilan video terkadang menjadi hal yang sangat dihindari.

Untuk mengatasi hal ini, FM WhatsApp MOD APK telah dilengkapi dengan fitur menonaktifkan video call, di mana orang lain hanya bisa mengirim pesan atau melakukan panggilan telepon biasa saja. Fitur satu ini yang menjadi keunikan dari FM WA karena jarang bisa ditemukan pada APK MOD lainnya.

5. Menghilangkan Status Sedang Online

Fitur satu ini menjadi hal yang membuat banyak orang tertarik menginstal dan menggunakan FM WA. Pasalnya walaupun sudah banyak dikeluhkan oleh berbagai pengguna, pihak resmi WhatsApp masih belum juga menyediakan fitur satu ini.

Adanya status pada profil WhatsApp seseorang apakah sedang online atau offline adalah hal yang mengganggu bagi beberapa orang. Ini karena pengguna akan merasa dipantau saat sedang mengoperasikan WhatsApp hingga rasanya tidak nyaman.

Belum lagi jika pengguna tersebut sedang menghindari seseorang atau malas untuk membalas beberapa chat, maka adanya status online membuat kegiatan mengoperasikan WA terasa sangat tidak nyaman.

Namun sekarang hal itu bukanlah masalah lagi, karena FM WA telah menyediakan fitur yang bisa digunakan untuk menyembunyikan status online. Sehingga apabila diaktifkan, maka profil pengguna akan tetap terlihat offline walaupun sebenarnya sedang menggunakan WA.

6. Menghilangkan Status ‘Sedang Mengetik…’ dan ‘Sedang Merekam…’

Selain dapat menyembunyikan status pengguna yang sedang online,, FM WA juga bisa digunakan untuk menghilangkan tulisan ‘sedang mengetik…’ atau ‘sedang merekam…’ dalam ruang obrolan. Status ini sendiri biasanya muncul saat pengguna sedang mengetikkan balasan atau melakukan voice note.

Adanya keterangan seperti ini terkadang membuat pengguna merasa kurang nyaman karena berbagai alasan. Ada yang merasa khawatir karena bisa saja pihak lawan bicara menunggu terlalu lama karena pengguna memang tidak handal dalam mengetik cepat dan beberapa alasan lainnya.

Permasalah seperti ini bisa diatasi dengan fitur FM WhatsApp satu ini. Di mana pengguna bisa lebih leluasa ketika merekam suara atau mengetikkan balasan tanpa harus mengkhawatirkan apapun lagi.

7. Kustomisasi Tampilan

Fitur selanjutnya yang begitu menakjubkan dari APK satu ini adalah adanya kustomisasi panggilan yang begitu detail. Pasalnya, semua hal yang terdapat di dalam WA mulai dari ikon, halaman utama, tema, unsur warna, hingga grafis bisa ditentukan sesuai keinginan dan selera.

Dalam hal tema, pengguna dapat memilih berbagai pilihan yang sudah disediakan dalam APK dan bisa diterapkan dengan mudah dan gratis. Dan jika kurang puas dengan ratusan tema yang telah disediakan, pengguna juga bisa menambahkan desain pribadi pada perpustakaan tema dan menerapkannya ke WA.

Selain itu, unsur warna hingga grafis ikon juga bisa diubah-ubah sesuai selera pribadi. Sehingga jika membicarakan tentang kualitas fitur kustomisasi tampilan, maka FM WA bisa dikatakan sebagai APK terbaik jika dibandingkan dengan aplikasi modifikasi WA yang lainnya.

8. Anggota Grup yang Lebih Banyak

Dalam WhatsApp original, jumlah maksimal anggota yang diberikan untuk satu ruang obrolan grup hanyalah hingga 250 orang saja. Inilah mengapa sering terdapat grup dengan keterangan batch 1, batch 2, dan seterusnya.

Pasalnya tidak ada pilihan lain untuk membuat grup baru lagi agar bisa menampung semua anggota grup yang ingin bergabung. Hal ini terkadang merepotkan karena admin diharuskan untuk mengirim informasi yang sama ke berbagai grup yang ada.

Berbeda dengan FM WhatsApp, di sini suatu grup obrolan bisa diisi hingga 500 anggota. Dengan begitu, suatu informasi bisa disampaikan dengan lebih efisien dan tidak ada miskomunikasi antar satu grup dengan grup lain yang masih dalam satu naungan.

9. Kirim Lebih Banyak File

Keluhan lain lagi yang sering dilayangkan oleh pengguna WhatsApp resmi adalah adanya pembatasan pengiriman file yang terlalu sedikit dalam sekali waktu. Jika ingin mengirim lebih banyak file, maka bisa mengirimkannya secara terpisah pada sesi selanjutnya.

Pengguna harus mengingat file mana yang terakhir dikirimkan agar bisa memilih file selanjutnya yang harus dikirim. Tentu ini ribet dan sangat tidak efisien jika harus mengirimkan banyak file dalam waktu yang sering.

Di FM WA, hal ini sudah bukan menjadi permasalahan karena batas maksimal pengiriman file yang disediakan lebih banyak. Dengan begitu pengguna bisa mengirim banyak file sekaligus dalam satu waktu dengan efisien dan cepat.

Link Download FM WhatsApp dan Spesifikasi APK

Seperti yang telah dijelaskan di awal, APK FM WA tidak bisa diunduh dan diinstal dengan mudah melalui Play Store ataupun App Store. Untuk bisa menggunakannya, maka diharuskan mengunduh file APK nya terlebih dahulu melalui situs web pihak ketiga.

Untuk bisa melakukan hal tersebut, maka pengguna bisa mencari situs yang menyediakan file APK tersebut, atau mengunjungi link yang tersambung ke link tersebut. Agar tidak perlu repot-repot lagi mencari, berikut ini telah tercantum link download serta spesifikasi APK dengan lengkap!

Nama APKFM WhatsApp MOD APK
Developer APKFouad Mods
Ukuran APK60 MB
OS MinimalAndroid 5.1+
Versi APKLatest Version
Link Download APKKlik Disini
Link Download WhatsApp OriKlik Disini

Sesuai dengan tabel tersebut, maka setidaknya siapkan ruang penyimpanan hingga 100 MB sebelum mengunduh file APK. Ini karena nantinya proses pengunduhans serta penginstalan bisa memakan lebih banyak ruang penyimpanan daripada ukuran APK itu sendiri.

Selain itu, pastikan juga perangkat yang akan dipasangi FM WA APK memiliki OS minimal Android 5.1 ke atas. Karena penginstalan aplikasi modifikasi ini mungkin tidak akan bisa dilakukan pada ponsel dengan OS di bawah itu.

Atau semisal proses penginstalan berhasil dilakukan, terdapat kemungkinan besar aplikasi mengalami beberapa error karena perangkat yang memang tidak kompatibel.

Selain itu, jika menginginkan FM WA versi lama, maka pengguna bisa mengunjungi tautan di bawah ini. Namun perlu diperhatikan lagi bahwa pada versi lama, maka APK sudah expired atau kadaluarsa sehingga bisa saja terdapat beberapa kendala di dalamnya.

Cara Download FM WhatsApp Anti Gagal

Setelah mengetahui informasi terkait link download FM WA APK baik versi terbaru lama, maka selanjutnya adalah melakukan proses download agar aplikasi bisa digunakan. Berbeda dengan aplikasi yang terdapat di Play Store, pengguna harus melakukan pengunduhan dan pemasangan manual pada APK.

Untuk menghindari proses download dan pemasangan yang gagal, maka lakukan langkah-langkah sesuai penjelasan berikut ini:

1. Download File FM WA APK

Hal pertama yang harus dilakukan tentu dengan mengunduh file APK nya terlebih dahulu agar nanti bisa dipasang ke perangkat. Untuk melakukannya, pengguna cukup klik link download APK yang telah dicantumkan di tabel sesuai dengan versi yang diinginkan.

Selanjutnya, halaman akan dialihkan ke situs web pengunduhan. Klik ‘Unduh’/’Download’ untuk melanjutkan proses pengunduhan, dan tunggu hingga semua proses selesai.

Untuk melakukan proses download anti gagal, pastikan jaringan lancar dan mendukung serta terdapat ruang penyimpanan yang tersedia. Jika kedua aspek ini tidak terpenuhi, maka unduhan bisa terkendala dan membuat file APK crash.

2. Instal FM WhatsApp APK

Apabila pengunduhan selesai, maka selanjutnya adalah memasang APK ke ponsel. Namun sebelum ini pastikan pengguna telah mematikan sistem keamanan yang bisa memblokir proses penginstalan APK dengan langkah sebagai berikut:

  • Buka Pengaturan ponsel > Security & Privacy/Sekuriti Privasi > Instal Unknown Source/Instal Sumber Tidak Dikenal > Nyalakan Toggle
  • Buka Pengaturan ponsel > Google Play Protect > Matikan toggle

Setelah langkah di atas berhasil dilakukan, maka selanjutnya buka File Manager dan carilah folder ‘Downloads’/’Unduhan’. Cari file APK yang telah terunduh, ketuk file APK tersebut dan pilihlah opsi Instal.

Sekarang pengguna bisa menggunakan FM WhatsApp yang memiliki segudang fitur unggulan melalui link di atas. Untuk berjaga-jaga atas berbagai kemungkinan yang bisa terjadi di masa mendatang, diharapkan pengguna benar-benar bijak dalam menggunakan APK beserta fitur yang disediakan di dalamnya.

KSDA Jateng adalah portal berita dan informasi terbaru Jateng. Situs ini memiliki visi untuk memberikan informasi yang akurat, terkini, dan bermanfaat bagi masyarakat Jateng.
Back to top button