Aplikasi

Cara Bermain Rubik Untuk Pemula dan Mudah Dipahami

KSDA Jateng – Cara Bermain Rubik yang merupakan salah satu jenis permainan mengasah otak terbanyak yang sudah terjual di seluruh dunia. Rubik ini menjadi permainan yang sempat viral pada masanya karena keunikan yang dimiliki.

Memainkan rubik juga tidak bisa sembarangan karena memiliki banyak rumus-rumus dan trik untuk menyelesaikannya. Jika kamu ingin bisa menguasai rubik, maka otak kamu pun harus ikut memikirkan bagaimana caranya.

Mari bahas tuntas pada kesempatan kali ini mengenai bagaimana Cara Bermain Rubik yang akan kami sampaikan pada artikel dibawah. Silahkan simak dengan seksama, pahami cara-cara tersebut agar dapat langsung dipraktekkan!

Apa Itu Rubik?

Rubik adalah salah satu jenis permainan yang awalnya diciptakan hanya sebagai metode pembelajaran 3D saja. Pertama kali ditemukan pada tahun 1974 oleh seorang profesor dan pemahat di Hungaria.

Permainan ini memiliki bentuk kubus dengan 9 kotak kecil di setiap permukaannya. Jika ditotal dalam bentuk kubus, rubik ini memiliki 6 sisi yang bentuknya hampir sama dengan dadu.

Setiap sisinya memiliki warna yang berbeda-beda, warnanya sendiri berbeda-beda tergantung dari produsen yang membuatnya. Namun, umumnya rubik memiliki warna biru, merah, putih, kuning, hijau dan orange.

Seperti yang sudah kami katakan diawal bahwa permainan ini adalah permainan mengasah otak terbanyak yang pernah terjual. Sampai saat ini, diperkirakan sudah terjual sebanyak 300 juta rubik di seluruh penjuru dunia.

Rubik yang awalnya hanya dijadikan sebagai metode pembelajaran 3D di sebuah universitas, mampu dijadikan yang lebih dari itu. Karena keunikan yang dimiliki permainan ini, rubik menjadi populer dan banyak orang yang tertarik mengenai permainannya.

Hingga pada tahun 1981, diadakan kompetisi rubik pertama yang digelar di Munich. Yang dinilai dari kompetisi rubik ini adalah seberapa cepatnya kamu mampu menyusun warna-warna yang telah diacak.

Pada saat itu, yang memenangkan kompetisi ini adalah Jury Froeschl dengan total waktu 38 detik setelah warna diacak sebanyak 40x. Walaupun telah diacak sebanyak 40 kali, Jury Froeschl mampu menyamakan kembali warna-warna tersebut hanya dalam waktu 38 detik.

Seiring berjalannya waktu, kompetisi-kompetisi rubik dengan menilai kecepatan saja tidak lagi terlihat menarik. Banyak kompetisi rubik yang telah dikembangkan dan diinovasikan menjadi lebih menantang.

Contohnya menyamakan warna rubik dengan mata tertutup, menyamakan rubik dengan satu tangan atau satu kaki, dan sebagainya. Hal ini dibuat untuk semakin menantang para peserta agar terlihat lebih seru dan menarik.

Namun tentu saja pastinya masih banyak dari kamu yang masih bingung bagaimana cara menyelesaikan rubik dengan baik dan benar. Oleh karena itulah, artikel ini akan membantu kamu memahami cara memainkannya.

Trik Dan Tips Cara Bermain Rubik Untuk Pemula

Permainan rubik ini memiliki tingkatan layer yang berbeda-beda sesuai dengan kebutuhan. Ada yang 2×2, 3×3, 4×4, 5×5, tergantung dari keinginan masing-masing yang memainkan.

Namun pada pembahasan kali ini, kami akan membahas tingkatan layer yang paling familiar dan banyak digunakan yaitu 3×3. Sebelum masuk mengenai bagaimana tips Cara Bermain Rubik, alangkah baiknya mengenal terlebih dahulu pergerakan didalamnya.

Pengetahuan tentang rotasi pergerakan rubik 3×3 ini sangat penting untuk memudahkan kamu memahami rumus nantinya. Oleh karena itulah kamu perlu terlebih dahulu mengetahui apa saja rotasi-rotasi pergerakannya.

Terdapat 6 huruf yang akan melambangkan rotasi pergerakan rubik 3×3. Yaitu R, L, B, D, F dan U. 6 huruf tersebut berfungsi untuk melambangkan arah yang akan dipakai ketika memainkan rubiknya.

  • R adalah right, yaitu memutar sisi kanan rubik searah dengan arah jarum jam
  • R’ adalah R aksen, yaitu untuk memutar sisi kiri rubik berlawanan dengan arah jarum jam
  • L adalah left, yaitu sama dengan R
  • L’, yaitu sama dengan R’
  • U adalah Up, yaitu memutar sisi atas rubik searah dengan arah jarum jam
  • U’, yaitu memutar sisi atas rubik berlawanan dengan arah jarum jam
  • D adalah down, yaitu memutar sisi bawah rubik searah dengan arah jarum jam
  • D’, yaitu memutar sisi bawah rubik berlawanan dengan arah jarum jam
  • F adalah front, yaitu memutar sisi depan rubik searah dengan arah jarum jam
  • F’, adalah memutar sisi depan rubik berlawanan dengan arah jarum jam
  • f adalah f kecil, yaitu memutar sisi depan 2 layer dari rubik searah dengan arah jarum jam
  • f’, memutar sisi depan 2 layer rubik berlawanan dengan arah jarum jam
  • B adalah back, yaitu memutar sisi belakang rubik searah dengan arah jarum jam
  • B’, adalah memutar sisi belakang rubik kearah berlawanan dengan arah jarum jam

Berikut ini adalah tahapan penyelesaian Cara Bermain Rubik dengan rumus-rumus huruf diatas. Simak dan perhatikan dengan baik rumus-rumusnya.

1. Membuat Bentuk Awal Cross

Dalam rubik 3×3, ada bagian-bagian yang harus kamu ketahui terlebih dahulu. Bagian ini adalah Center, Corner, Edge dan layer.

Center adalah bagian tengah pada rubik yang mana posisinya tidak akan bisa berubah-ubah. Pada rubik 3×3, center yang dimiliki sebanyak 6 dengan warna masing-masing yang ada dalam rubik tersebut.

Sedangkan corner adalah bagian ujung pada rubik atau pojok rubik yang berjumlah sebanyak 8 corner. Selanjutnya adalah edge, yang mana posisi edge ini berada di tengah-tengah dari corner.

Lalu terakhir adalah layer, setiap rubik pastinya memiliki layer baik itu rubik 3×3, 4×4 dan yang lainnya. Rubik 3×3 memiliki 3 layer, dari yang paling bawah adalah layer 1, layer 2, dan layer 3.

Kembali lagi, sebagai langkah awal Cara Bermain Rubik adalah dengan membuat bentuk cross. Untuk membuat cross, kamu perlu berfokus pada satu warna terlebih dahulu.

Misalnya, sebagai langkah awal cross yang ingin dibuat adalah warna putih. Maka kamu perlu berfokus pada center warna putih dan menyatukan edge warna putih dengan center.

Setelah berhasil menyatukan center dan edge warna putih, lakukanlah hal yang sama terhadap warna-warna lainnya. Membuat cross awal ini tidak memiliki rumus, jadi kamu perlu melakukannya dengan menggunakan kerja otak kamu masing-masing.

Usahakan jangan cepat menyerah karena dengan adanya bentuk cross ini akan memudahkan kamu di langkah-langkah selanjutnya. Pastikan bahwa cross sudah terbentuk dengan baik dan teratur.

2. Menyamakan Warna Putih Di Layer 1

Setelah berhasil membuat bentuk cross awal tadi, Cara Bermain Rubik kedua yang harus kamu lakukan adalah menyamakan layer awal. Layer awal ini adalah layer 1 yang letaknya berada dibawah rubik.

Hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah memposisikan cross putih tadi menjadi berada di layer 1. Lalu kamu harus mencari corner-corner lainnya yang berwarna putih untuk dipindahkan ke layer 1.

Namun, ada hal yang perlu kamu perhatikan terlebih dahulu. Yaitu untuk memastikan bahwa warna putih yang akan dipindahkan berada di layer 3.

Setelah itu, putarlah layer 3 tersebut sampai warna yang ada bersebelahan dengan corner putih menyatu dengan center warnanya masing-masing. Hal ini akan memudahkan kamu untuk menyesuaikan warna putih pada layer 1 nantinya.

Untuk memindahkan layer-layer ini, ada beberapa rumus yang bisa kamu gunakan. Jika posisi pada warna putih corner yang akan dipindahkan berada di sisi kiri, maka gunakan rumus ini U F U’ F.

Sedangkan jika posisinya berada di sisi kanan, rumus yang digunakan adalah U F U’ F. Kamu bisa terus mengulang-ulang rumus tersebut sampai warna putih berhasil disatukan pada layer 1.

Terlebih lagi, dengan menggunakan rumus ini, center, edge, dan corner pada warna lainnya akan ikut tersusun. Walaupun belum tersusun dengan sempurna, tapi setidaknya akan membentuk setengah sempurna.

3. Menyelesaikan Warna Di Layer 2

Pertama-tama adalah jangan mengubah posisi warna putih agar tetap berada di layer bawah atau layer 1. Pada langkah Cara Bermain Rubik ketiga ini, yang perlu kamu lakukan diawal adalah memindahkan semua edge ke layer 2.

Pada rubik 3×3, ada satu center yang berwarna kuning. Kamu harus mencari edge-edge yang tidak ada center kuningnya untuk dipindahkan.

Lalu kamu juga harus memutar dan menggeser layer 3 sampai warna edgenya sesuai dengan centernya masing-masing. Kamu juga bisa menggunakan rumus untuk membantu memudahkan penyelesaiannya.

Yaitu jika warna center yang dituju berada di sisi kanan, maka gunakanlah rumus U R U’ R’ U’ F’ U F’. Sebaliknya, jika center berada di sisi kiri, maka gunakan rumus U’ L’ U L F U’ F’.

4. Menyamakan Warna Kuning

Cara Bermain Rubik selanjutnya adalah menyamakan warna kuning setelah berhasil menyelesaikan layer 2. Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah membuat cross kuning.

Berbeda dengan cross diawal tadi, membentuk cross kuning ini memiliki beberapa opsi, rumus, dan algoritmanya tersendiri. Jika terdapat satu center kuning ditengah, maka gunakanlah rumus F R U R’ U’ F’, hingga membentuk L kecil.

Namun, jika yang terbentuk adalah L kecil terbalik, kamu bisa menggunakan rumus F R U R’ U’ F’. Bentuk yang akan dihasilkan nantinya adalah pola garis lurus.

Selanjutnya gunakan rumus F R U R’ U’ F’ untuk membentuk bentuk cross. Lalu langkah terakhir adalah gunakan rumus R U’ L’ U R’ U’ L hingga terbentuknya pola ikan.

5. Menyamakan Warna Di Layer 3

Memainkan rubik juga tidak bisa sembarangan karena memiliki banyak rumus-rumus dan trik untuk menyelesaikannya. Jika kamu ingin bisa menguasai rubik, maka otak kamu pun harus ikut memikirkan bagaimana caranya.

Pada layer 3, terdapat 3 algoritma yang akan terjadi. Algoritma ini adalah kemungkinan yang sekiranya akan kamu temukan ketika menyelesaikan warna di layer 3.

Simak dan pahami 3 algoritma dibawah ini agar ketika menemukan keanehan dalam penyelesaiannya, kamu tahu harus melakukan apa. Karena dari ketiga kemungkinan ini, salah satunya pasti akan kamu temukan pada layer 3.

  • Algoritma Garpu, hadapkan garpu pada sisi kiri lalu selanjutnya gunakanlah rumus R U U R’ U’ R U U L’ U R’ U’ L.
  • Ketika hanya satu sisi yang dapat disesuaikan, maka posisikanlah sisi tersebut di bagian belakang. Lalu perhatikan edge yang ingin dipindahkan sesuai dengan warna centernya masing-masing. Jika edge tersebut berada di sebelah kiri, maka gunakan rumus F F U’ L R’ F F L’ R U’ F F. Sebaliknya, jika ada di sebelah kanan, gunakan rumus F F U L R’ F F L’ R U U F.
  • Jika kamu tidak menemukan kedua kemungkinan diatas, maka gunakanlah rumus pada algoritma garpu. Untuk menghasilkan hasil yang sama pada algoritma tersebut.

FAQ About Cara Bermain Rubik

Cara Bermain Rubik yang merupakan salah satu jenis permainan mengasah otak terbanyak yang sudah terjual di seluruh dunia. Rubik ini menjadi permainan yang sempat viral pada masanya karena keunikan yang dimiliki.

Memainkan rubik juga tidak bisa sembarangan karena memiliki banyak rumus-rumus dan trik untuk menyelesaikannya. Jika kamu ingin bisa menguasai rubik, maka otak kamu pun harus ikut memikirkan bagaimana caranya.

Mari bahas tuntas pada kesempatan kali ini mengenai bagaimana Cara Bermain Rubik yang akan kami sampaikan pada artikel dibawah. Silahkan simak dengan seksama, pahami cara-cara tersebut agar dapat langsung dipraktekkan!

Tips And Trik Metode Untuk Pemula?

Terdapat beberapa metode Cara Bermain Rubik untuk pemula yang dapat kamu coba. Salah satunya adalah Beginner’s method.

Dari 12 algoritma yang ada, kamu hanya perlu menghafalkan 7 algoritma saja. Banyak ulasan-ulasan dan cara lengkap nya mengenai Cara Bermain Rubik menggunakan Beginner’s method, silahkan pelajari dengan seksama.

Apakah Ada Cara Bermain Rubik Yang Lainnya?

Banyak sekali Cara Bermain Rubik dan penyelesaiannya yang tersedia di luaran sana. Selain itu, metode-metode dan Cara Bermain Rubik yang dapat kamu gunakan bukan hanya sebatas Beginner’s method saja.

Metode-metode Cara Bermain Rubik lainnya akan membantu kamu juga menyelesaikan penyelesaian rubik dengan cara lain.

Sehingga Cara Bermain Rubik beserta penyelesaiannya bukan hanya berpatokan pada langkah yang kami jelaskan diatas. Namun jika Cara Bermain Rubik diatas nyaman dan dipahami dengan baik, maka silahkan gunakan langkah tersebut dengan baik.

Berapakah Rekor Penyelesaian Rubik Tersulit Di Dunia?

Kalau kamu penasaran bagaimana Cara Bermain Rubik dan penyelesaian rubik tersulit di dunia, sepertinya akan sulit dibahas. Karena penyelesaiannya sendiri memakan waktu sampai 7,5 jam dengan rubik 17x17x17.

Walaupun memakan waktu berjam-jam, tetapi sangat sebanding dengan ukuran rubik 17x17x17 tersebut. Kalau kamu jadi orang yang menyelesaikannya, kira-kira berapa waktu yang diperlukan sampai rubik tersebut tuntas?

Demikian informasi dan penjelasan mengenai Cara Bermain Rubik yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba Cara Bermain Rubik diatas dengan baik, ya!

KSDA Jateng adalah portal berita dan informasi terbaru Jateng. Situs ini memiliki visi untuk memberikan informasi yang akurat, terkini, dan bermanfaat bagi masyarakat Jateng.
Back to top button