Cara Tradisional Mengatasi Anak Demam Di Malam Hari

Demam pada anak seringkali membuat orangtua khawatir, apalagi jika demam terjadi di malam hari. Demam pada anak bisa disebabkan oleh berbagai faktor seperti infeksi virus atau bakteri, reaksi terhadap vaksin, atau kondisi lainnya. Namun, untuk mengatasi demam pada anak di malam hari, beberapa metode tradisional dapat dicoba.

1. Kompress dengan Air Hangat

Kompress dengan air hangat dapat membantu menurunkan demam pada anak dengan cara yang alami. Caranya, siapkan air hangat dengan suhu yang nyaman untuk kulit anak. Kemudian, rendam kain bersih ke dalam air hangat tersebut dan peras hingga tidak terlalu basah. Letakkan kain tersebut di dahi, leher, dan pergelangan tangan anak selama beberapa menit. Lakukan secara berkala untuk membantu menurunkan suhu tubuh anak.

2. Memberikan Minum Air Hangat

Minum air hangat dapat membantu mengurangi gejala demam pada anak. Air hangat dapat membantu meningkatkan suhu tubuh anak dan mengurangi dehidrasi yang mungkin terjadi akibat demam. Berikan anak minum air hangat secukupnya, namun jangan terlalu panas untuk menghindari terjadinya luka bakar pada mulut.

3. Mandi Air Hangat

Mandi air hangat dapat membantu menurunkan suhu tubuh anak secara efektif. Caranya, siapkan air hangat dalam bak mandi atau baskom yang cukup dangkal. Rendam badan anak dalam air hangat tersebut selama beberapa menit dan pastikan suhu air tetap nyaman bagi anak. Setelah mandi, keringkan tubuh anak dengan handuk dan kenakan pakaian hangat agar suhu tubuh anak tetap stabil.

4. Pijatan Ringan

Pijatan ringan pada anak dapat membantu meningkatkan peredaran darah dan menurunkan suhu tubuh secara alami. Pijat lembut tubuh anak dengan minyak aromaterapi atau minyak esensial yang dapat membantu merilekskan tubuh anak. Pijatan pada punggung, perut, dan kaki dapat membantu anak merasa nyaman dan membantu menurunkan demam.

5. Ruang yang Nyaman

Pastikan ruangan tempat anak beristirahat dalam kondisi yang nyaman. Hindari ruangan yang terlalu panas atau terlalu dingin, sebisa mungkin atur suhu ruangan agar nyaman bagi anak. Gunakan selimut yang cukup, namun jangan terlalu tebal agar anak tidak merasa kepanasan.

6. Minum Ramuan Herbal

Ramuan herbal seperti jahe, kunyit, atau temulawak dapat membantu menurunkan demam pada anak secara alami. Seduh ramuan herbal tersebut dengan air hangat dan berikan pada anak. Pastikan ramuan herbal tersebut tidak terlalu panas agar aman dikonsumsi oleh anak.

Kesimpulan

Demam pada anak di malam hari memang menjadi perhatian serius bagi orangtua. Namun, dengan menggunakan metode tradisional di atas, diharapkan dapat membantu menurunkan demam pada anak secara alami. Namun, perlu diingat untuk tetap memantau kondisi anak dan segera konsultasikan dengan dokter jika demam tidak kunjung turun atau disertai gejala-gejala lain yang mengkhawatirkan.

KSDA Jateng adalah portal berita dan informasi terbaru Jateng. Situs ini memiliki visi untuk memberikan informasi yang akurat, terkini, dan bermanfaat bagi masyarakat Jateng.
Back to top button