Tips

Cara Menghilangkan Kesemutan Yang Tak Kunjung Hilang

Apa Itu Kesemutan?

Kesemutan adalah sensasi yang tidak menyenangkan seperti geli-geli atau perih yang terjadi ketika darah tidak mengalir dengan lancar ke area tubuh tertentu. Biasanya, kesemutan terjadi ketika saraf-saraf yang ada di area tersebut terjepit atau terganggu. Namun, kadang-kadang kesemutan juga dapat menjadi tanda dari masalah kesehatan yang lebih serius. Jika kesemutan terjadi terus-menerus dan tidak kunjung hilang, penting untuk mencari tahu penyebabnya dan bagaimana cara mengatasinya.

Penyebab Kesemutan

Beberapa penyebab umum dari kesemutan meliputi posisi tubuh yang salah, tekanan pada saraf-saraf tertentu, cedera, atau masalah kesehatan seperti diabetes, penyakit jantung, atau gangguan saraf. Kesemutan juga bisa terjadi akibat kekurangan vitamin B12, asupan alkohol yang berlebihan, atau efek samping dari obat-obatan tertentu.

Cara Menghilangkan Kesemutan

1. Ubah Posisi Tubuh
Ketika merasakan kesemutan, cobalah untuk segera mengubah posisi tubuh. Posisi yang salah dapat menyebabkan tekanan pada saraf-saraf tertentu, sehingga dengan mengubah posisi tubuh, Anda dapat membantu mengembalikan aliran darah yang lancar ke area yang terkena kesemutan.
2. Lakukan Peregangan
Peregangan ringan dapat membantu mengurangi tekanan pada saraf-saraf dan memperlancar aliran darah. Cobalah untuk melakukan peregangan pada area yang terkena kesemutan selama beberapa menit.
3. Pijat Area yang Terkena Kesemutan
Pijatan ringan pada area yang kesemutan juga dapat membantu memperlancar aliran darah. Pastikan untuk melakukan pijatan dengan lembut dan hindari tekanan yang berlebihan.
4. Konsumsi Makanan Sehat
Kekurangan vitamin B12 dan zat besi dapat menyebabkan kesemutan. Pastikan untuk mengonsumsi makanan yang kaya akan nutrisi, seperti sayuran hijau, kacang-kacangan, biji-bijian, dan daging.
5. Minum Air Putih Secukupnya
Dehidrasi juga dapat menyebabkan kesemutan. Pastikan untuk selalu menjaga asupan cairan tubuh dengan minum air putih secukupnya setiap hari.

Kapan Harus Mengunjungi Dokter?

Jika kesemutan terjadi terus-menerus dan tidak kunjung hilang, ada baiknya untuk segera berkonsultasi dengan dokter. Dokter dapat melakukan pemeriksaan lebih lanjut untuk mencari tahu penyebab dari kesemutan yang Anda alami. Jika kesemutan disertai dengan gejala lain seperti lemah otot, kesulitan berbicara, atau kesulitan berjalan, segera pergi ke dokter untuk mendapatkan perawatan yang tepat.

Kesimpulan

Kesemutan bisa terjadi karena berbagai alasan, mulai dari posisi tubuh yang salah hingga masalah kesehatan yang lebih serius. Untuk menghilangkan kesemutan, Anda dapat mencoba untuk mengubah posisi tubuh, melakukan peregangan, atau konsumsi makanan sehat. Namun, jika kesemutan terus-menerus dan disertai dengan gejala lain, segera pergi ke dokter untuk mendapatkan perawatan yang tepat. Jangan biarkan kesemutan mengganggu aktivitas Anda, segera temukan cara mengatasi kesemutan yang tepat untuk kesehatan Anda.

KSDA Jateng adalah portal berita dan informasi terbaru Jateng. Situs ini memiliki visi untuk memberikan informasi yang akurat, terkini, dan bermanfaat bagi masyarakat Jateng.
Back to top button