Tips

Cara Mengatasi Gigi Ngilu

Gigi ngilu atau sensitifitas gigi merupakan kondisi dimana seseorang merasa nyeri atau tidak nyaman pada gigi ketika menjalani aktivitas sehari-hari seperti mengonsumsi makanan atau minuman panas, dingin, manis, atau asam. Sensitifitas gigi bisa disebabkan oleh berbagai faktor seperti gigi berlubang, gigi retak, gingivitis, abrasi gigi, atau bahkan pengeroposan email gigi. Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi gigi ngilu:

1. Menjaga Kebersihan Mulut

Menjaga kebersihan mulut merupakan langkah pertama yang harus dilakukan untuk mengatasi gigi ngilu. Pastikan untuk menyikat gigi setidaknya dua kali sehari dengan pasta gigi yang mengandung fluoride. Selain itu, jangan lupa membersihkan sela-sela gigi dengan benang gigi atau sikat interdental.

2. Menghindari Makanan dan Minuman Berbahaya

Menghindari makanan dan minuman berbahaya seperti makanan atau minuman yang terlalu panas, terlalu dingin, terlalu manis, atau terlalu asam dapat membantu mengurangi sensitifitas gigi. Hindari juga kebiasaan mengunyah es atau menggigit benda keras yang dapat merusak email gigi.

3. Menggunakan Pasta Gigi Khusus Sensitif

Pasta gigi khusus sensitif mengandung bahan-bahan yang dapat membantu mengurangi sensitifitas gigi. Gunakan pasta gigi ini secara teratur untuk membantu mengatasi gigi ngilu.

4. Berkumur dengan Larutan Khusus Sensitif

Berkumur dengan larutan khusus sensitif juga dapat membantu mengurangi sensitifitas gigi. Larutan khusus sensitif biasanya mengandung fluoride atau bahan-bahan lain yang dapat menguatkan email gigi dan mengurangi rasa ngilu.

5. Menghindari Kebiasaan Menggosok Gigi Terlalu Keras

Kebiasaan menggosok gigi terlalu keras dapat merusak email gigi dan menyebabkan sensitifitas gigi. Gunakan sikat gigi dengan bulu yang lembut dan sikat gigi dengan gerakan yang lembut untuk menghindari masalah ini.

6. Menggunakan Pelindung Gigi Malam

Pelindung gigi malam dapat membantu mengurangi gesekan antar gigi ketika tidur dan mengurangi rasa ngilu pada gigi. Gunakan pelindung gigi malam secara teratur untuk menjaga kesehatan gigi Anda.

7. Mengunjungi Dokter Gigi

Jika gigi ngilu tidak kunjung reda atau terasa semakin parah, segera berkonsultasi dengan dokter gigi. Dokter gigi akan melakukan pemeriksaan dan menentukan penyebab sebenarnya dari gigi ngilu Anda. Setelah itu, dokter gigi akan memberikan penanganan yang tepat sesuai dengan kondisi gigi Anda.

8. Menghindari Kebiasaan Merokok

Kebiasaan merokok tidak hanya berdampak buruk bagi kesehatan gigi dan mulut, namun juga dapat meningkatkan risiko gigi ngilu. Hindari kebiasaan merokok dan konsumsi alkohol secara berlebihan untuk menjaga kesehatan gigi Anda.

Dengan mengikuti tips di atas dan menjaga kebersihan gigi serta mulut secara teratur, Anda dapat mengatasi gigi ngilu dan mengurangi sensitifitas gigi. Namun, jika gigi ngilu terus berlanjut atau semakin parah, segera konsultasikan dengan dokter gigi terdekat. Jangan anggap remeh masalah gigi ngilu, karena kondisi ini dapat menjadi tanda adanya masalah serius pada gigi dan mulut Anda.

KSDA Jateng adalah portal berita dan informasi terbaru Jateng. Situs ini memiliki visi untuk memberikan informasi yang akurat, terkini, dan bermanfaat bagi masyarakat Jateng.
Back to top button