Tips

Cara Kembalikan Foto Yang Terhapus

Kejadian menghapus foto secara tidak sengaja merupakan hal yang biasa terjadi dalam kehidupan sehari-hari. Namun, tidak perlu panik karena masih ada cara untuk mengembalikan foto yang terhapus. Dalam artikel ini, kita akan membahas berbagai metode yang dapat digunakan untuk mengembalikan foto yang telah hilang.

1. Cek Folder Tempat Sampah (Recycle Bin)

Jika Anda menggunakan komputer atau laptop, langkah pertama yang dapat dilakukan adalah dengan memeriksa folder tempat sampah atau Recycle Bin. Terkadang foto yang dihapus secara tidak sengaja akan terdapat di dalam Recycle Bin. Jika demikian, Anda dapat dengan mudah mengembalikan foto tersebut dengan mengklik kanan dan memilih opsi “Restore”.

2. Gunakan Software Pemulihan Data

Jika foto yang terhapus tidak ada di Recycle Bin, Anda dapat menggunakan software pemulihan data seperti Recuva, EaseUS Data Recovery Wizard, atau Wondershare Recoverit. Software-software ini dapat memindai dan mengembalikan foto yang telah terhapus dari perangkat Anda. Pastikan untuk mengikuti langkah-langkah yang disediakan oleh software tersebut untuk memulihkan foto dengan sukses.

3. Mencari Backup Foto

Selalu disarankan untuk melakukan backup secara teratur, entah itu menggunakan layanan cloud seperti Google Drive atau iCloud, atau menyimpan foto di hard drive eksternal. Jika Anda memiliki backup foto, Anda dapat dengan mudah mengembalikan foto yang terhapus dari sana.

4. Memanfaatkan Fitur Google Photos

Jika Anda menggunakan Google Photos untuk menyimpan foto-foto Anda, Anda beruntung karena Google Photos memiliki fitur Trash yang menyimpan foto-foto yang telah dihapus selama 60 hari terakhir. Anda dapat dengan mudah mengembalikan foto yang terhapus dengan masuk ke Trash di Google Photos dan memilih opsi untuk mengembalikan foto tersebut.

5. Menggunakan Fitur Time Machine (untuk Pengguna Mac)

Bagi pengguna Mac, Anda dapat memanfaatkan fitur Time Machine yang secara otomatis membuat backup dari sistem Anda. Dengan Time Machine, Anda dapat mengembalikan foto yang telah terhapus ke versi sebelumnya dengan mudah. Cukup buka Time Machine, cari foto yang ingin dikembalikan, dan klik tombol Restore.

6. Memperhatikan Langkah Pencegahan di Masa Depan

Agar menghindari kejadian menghapus foto yang tidak diinginkan di masa mendatang, berikut adalah beberapa langkah pencegahan yang bisa Anda lakukan:

  1. Backup secara teratur. Simpan foto-foto Anda di lebih dari satu tempat penyimpanan.
  2. Jangan menghapus foto secara gegabah. Pastikan foto yang akan dihapus benar-benar tidak terlalu diperlukan lagi.
  3. Gunakan fitur penguncian untuk foto-foto penting agar tidak terhapus secara tidak sengaja.

Kesimpulan

Secara keseluruhan, mengembalikan foto yang terhapus bukanlah hal yang sulit jika Anda menggunakan metode yang tepat. Mulai dari memeriksa Recycle Bin hingga menggunakan software pemulihan data, ada banyak cara yang bisa Anda coba. Selalu ingat untuk melakukan backup secara teratur dan berhati-hati ketika menghapus foto agar kejadian yang sama tidak terulang di masa depan.

Dengan menggunakan langkah-langkah di atas, semoga Anda berhasil mengembalikan foto yang telah terhapus dan dapat menikmati kembali momen-momen berharga yang telah terekam dalam foto-foto tersebut.

KSDA Jateng adalah portal berita dan informasi terbaru Jateng. Situs ini memiliki visi untuk memberikan informasi yang akurat, terkini, dan bermanfaat bagi masyarakat Jateng.
Back to top button