Tips

Cara Deteksi Lagu Dari Video Online

Mendengarkan lagu yang baru ditemukan melalui video online seperti di YouTube atau media sosial lainnya seringkali membuat penasaran dengan judul lagu tersebut. Namun, terkadang tidak semua video online menyertakan informasi detail mengenai lagu yang dimainkan di dalamnya. Untungnya, ada beberapa cara untuk mendeteksi lagu dari video online. Berikut adalah beberapa metode yang dapat Anda gunakan.

1. Menggunakan Aplikasi Pengenal Lagu

Salah satu cara tercepat dan paling mudah untuk mendeteksi lagu dari video online adalah dengan menggunakan aplikasi pengenal lagu. Ada beberapa aplikasi populer seperti Shazam, SoundHound, atau Musixmatch yang dapat membantu Anda mengidentifikasi judul lagu hanya dengan memainkan audio dari video tersebut di dekat mikrofon perangkat Anda.
Dengan aplikasi pengenal lagu ini, Anda dapat dengan cepat mengetahui informasi lengkap mengenai lagu yang sedang diputar, termasuk judul lagu, artis, album, dan bahkan liriknya. Beberapa aplikasi ini bahkan dapat terintegrasi dengan layanan streaming musik sehingga Anda dapat langsung mendengarkan lagu selengkapnya.

2. Menggunakan Mesin Pencari Teks

Jika Anda tidak ingin menginstal aplikasi tambahan, Anda juga dapat mencoba menggunakan mesin pencari teks seperti Google. Cukup ketik beberapa lirik dari lagu yang Anda dengar di video online ke dalam mesin pencari, dan hasilnya mungkin akan mencantumkan judul lagu beserta informasi lainnya.
Untuk hasil yang lebih akurat, pastikan untuk memasukkan lirik yang tepat dan cukup khas dari lagu tersebut. Jika liriknya umum, Anda mungkin perlu menambahkan informasi lain seperti genre musik atau nama artis untuk mempersempit hasil pencarian.

3. Mencari di Komentar atau Deskripsi Video

Jika Anda sedang menonton video di platform seperti YouTube, kadang-kadang informasi mengenai lagu yang sedang diputar dapat ditemukan di kolom komentar atau deskripsi video. Pengguna yang mengetahui lagu tersebut mungkin akan membagikan informasinya di kolom komentar, atau pembuat video dapat mencantumkan informasi lagu di deskripsi video.
Jadi, pastikan untuk melihat komentar dan deskripsi video dengan cermat. Anda bahkan dapat menggunakan fungsi pencarian di halaman video untuk mencari kata kunci terkait lagu yang sedang Anda cari.

4. Menghubungi Pembuat Video

Jika metode-metode di atas tidak berhasil, Anda juga dapat mencoba menghubungi langsung pembuat video. Beberapa pembuat video mungkin akan bersedia memberikan informasi mengenai lagu yang mereka gunakan dalam video mereka.
Cari informasi kontak pembuat video di platform media sosial atau website mereka, dan jangan ragu untuk mengirim pesan atau komentar yang sopan untuk meminta informasi mengenai lagu yang sedang Anda cari.

5. Berbagi Video di Media Sosial

Terakhir, jika Anda masih kesulitan untuk menemukan judul lagu dari video online, Anda dapat mencoba untuk berbagi video tersebut di media sosial dan meminta bantuan dari orang lain. Siapa tahu, ada teman atau pengikut Anda yang dapat membantu mengidentifikasi lagu tersebut.
Dengan mengunggah cuplikan video dan menyertakan pertanyaan mengenai lagu yang sedang diputar, Anda dapat memanfaatkan jaringan sosial Anda untuk mendapatkan informasi yang Anda butuhkan.
Dengan menggunakan salah satu atau beberapa metode di atas, Anda dapat dengan mudah mendeteksi lagu dari video online tanpa perlu bertanya-tanya lagi. Baik itu melalui aplikasi pengenal lagu, mesin pencari teks, atau berinteraksi dengan pengguna lainnya, Anda dapat mengetahui informasi lengkap mengenai lagu yang sedang Anda dengarkan. Semoga informasi ini bermanfaat dan selamat mencoba!

KSDA Jateng adalah portal berita dan informasi terbaru Jateng. Situs ini memiliki visi untuk memberikan informasi yang akurat, terkini, dan bermanfaat bagi masyarakat Jateng.
Back to top button