Tips

Cara Agar Tidak Terlihat Online Di Instagram

Instagram merupakan salah satu platform media sosial yang sangat populer di kalangan masyarakat saat ini. Dengan adanya fitur online, pengguna dapat melihat kapan teman-temannya sedang aktif di platform tersebut. Namun, bagi sebagian orang, privasi menjadi hal yang penting, sehingga mereka ingin agar tidak terlihat online di Instagram. Bagaimana cara untuk bisa melakukan hal tersebut? Simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

1. Nonaktifkan Status Aktif

Langkah pertama yang dapat dilakukan untuk tidak terlihat online di Instagram adalah dengan nonaktifkan status aktif. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk melihat kapan teman-temannya terakhir kali aktif. Untuk melakukan hal ini, buka aplikasi Instagram, lalu pergi ke bagian Pengaturan. Setelah itu, pilih opsi Privasi, kemudian Nonaktifkan Status Aktif. Dengan begitu, orang lain tidak akan bisa melihat kapan terakhir kali Anda online.

2. Matikan Notifikasi Aktivitas

Matikan notifikasi aktivitas juga merupakan cara efektif agar tidak terlihat online di Instagram. Dengan mematikan notifikasi aktivitas, pengguna tidak akan mendapatkan pemberitahuan ketika teman-temannya melakukan aktivitas seperti like atau komentar di postingan. Untuk melakukan hal ini, buka aplikasi Instagram, lalu pergi ke bagian Pengaturan. Pilih opsi Notifikasi, kemudian nonaktifkan notifikasi aktivitas.

3. Gunakan Mode Pesawat atau Mode Tidak Terhubung

Salah satu cara paling praktis untuk tidak terlihat online di Instagram adalah dengan menggunakan mode pesawat atau mode tidak terhubung di ponsel. Dengan menggunakan mode ini, ponsel tidak akan terhubung dengan internet sehingga tidak akan muncul status aktif di Instagram. Namun, pengguna tetap dapat menggunakan fitur lain di ponsel seperti kamera atau galeri foto.

4. Gunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Ada beberapa aplikasi pihak ketiga yang dapat membantu pengguna untuk tidak terlihat online di Instagram. Aplikasi tersebut biasanya menawarkan fitur-fitur tambahan seperti menyembunyikan status aktif, mematikan notifikasi aktivitas, dan bahkan menyembunyikan aktivitas pengguna seperti like dan komentar. Pengguna dapat mencari dan mengunduh aplikasi tersebut melalui platform aplikasi resmi seperti App Store untuk pengguna iPhone atau Google Play Store untuk pengguna Android.

5. Atur Waktu Aktif Secara Manual

Jika pengguna tidak ingin menggunakan fitur-fitur di atas, mereka juga dapat mengatur waktu aktif secara manual. Caranya adalah dengan mengakses profil, memilih opsi Ubah Profil, lalu pilih opsi Atur Waktu Aktif. Dengan mengatur waktu aktif tersebut, pengguna dapat menentukan kapan mereka ingin terlihat online di Instagram dan kapan tidak. Meskipun cara ini membutuhkan sedikit usaha ekstra, namun dapat memberikan kontrol yang lebih besar terhadap privasi pengguna.

6. Batasi Akun Terlihat Online

Instagram juga memberikan fitur untuk membatasi akun-akun tertentu agar tidak terlihat online. Fitur ini dapat ditemukan pada bagian Pengaturan, kemudian pilih opsi Privasi. Dalam opsi ini, pengguna dapat memilih akun-akun tertentu yang tidak ingin melihat kapan terakhir kali mereka online. Hal ini berguna untuk menjaga privasi ketika melakukan interaksi dengan akun-akun tertentu yang mungkin ingin dijaga jaraknya.

7. Gunakan Fitur Privasi Lainnya

Selain fitur-fitur di atas, Instagram juga menyediakan fitur privasi lainnya yang dapat membantu pengguna untuk tidak terlihat online. Fitur ini termasuk mengatur siapa yang dapat melihat aktivitas pengguna seperti menyukai postingan atau mengirim pesan. Dengan menggunakan fitur-fitur ini, pengguna dapat lebih mudah mengontrol siapa saja yang dapat melihat aktivitas mereka di Instagram.

Dengan melakukan beberapa cara di atas, diharapkan pengguna dapat dengan mudah untuk tidak terlihat online di Instagram. Namun, pengguna juga perlu memperhatikan bahwa privasi merupakan hak setiap individu, sehingga sebaiknya tidak ada yang merasa terganggu dengan keputusan seseorang untuk menjaga privasinya. Semoga artikel ini bermanfaat dan membantu Anda untuk meningkatkan pengalaman penggunaan Instagram secara lebih aman dan nyaman.

KSDA Jateng adalah portal berita dan informasi terbaru Jateng. Situs ini memiliki visi untuk memberikan informasi yang akurat, terkini, dan bermanfaat bagi masyarakat Jateng.
Back to top button