Tips

Aplikasi Belajar Bahasa Inggris Gratis Untuk Pemula

Kemampuan berbahasa Inggris menjadi hal yang sangat penting di era globalisasi ini. Dengan menguasai bahasa Inggris, seseorang dapat memperluas kesempatan karir, mendapatkan pengetahuan dari berbagai sumber internasional, dan berkomunikasi dengan orang dari berbagai negara. Bagi pemula yang ingin belajar bahasa Inggris, tidak perlu khawatir karena saat ini sudah banyak tersedia aplikasi belajar bahasa Inggris gratis yang dapat diakses melalui smartphone. Berikut adalah beberapa rekomendasi aplikasi belajar bahasa Inggris gratis yang cocok untuk pemula:

1. Duolingo

Duolingo merupakan salah satu aplikasi belajar bahasa yang sangat populer saat ini. Aplikasi ini menawarkan pembelajaran bahasa Inggris secara menyenangkan melalui berbagai aktivitas, mulai dari latihan mendengarkan, membaca, menulis, hingga berbicara. Pengguna akan diajak untuk menyelesaikan level-level tertentu sebelum bisa mempelajari level berikutnya. Aplikasi ini cocok untuk pemula karena menyediakan pembelajaran dari dasar hingga tingkat lanjutan.

2. Babbel

Sama seperti Duolingo, Babbel juga merupakan salah satu aplikasi belajar bahasa Inggris terpopuler. Aplikasi ini menawarkan materi pelajaran yang disusun secara terstruktur dan sistematis. Babbel menawarkan berbagai topik pembelajaran, mulai dari kosa kata, tata bahasa, percakapan sehari-hari, hingga pelajaran tentang budaya Inggris. Aplikasi ini cocok untuk pemula karena presentasi materinya yang mudah dipahami.

3. Busuu

Aplikasi Busuu juga merupakan pilihan yang sangat baik untuk pemula yang ingin belajar bahasa Inggris secara gratis. Aplikasi ini menawarkan materi pelajaran yang disesuaikan dengan tingkat keahlian pengguna. Selain itu, Busuu juga memberikan fitur untuk berlatih percakapan dengan penutur asli melalui fitur “chat” yang tersedia dalam aplikasi. Dengan fitur ini, pemula dapat berlatih langsung dalam berkomunikasi dengan orang yang menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa ibu.

4. Rosetta Stone

Rosetta Stone merupakan salah satu aplikasi terbaik untuk belajar bahasa Inggris secara menyeluruh. Aplikasi ini menggunakan metode pembelajaran yang sangat efektif dalam mengasah kemampuan berbahasa. Rosetta Stone menawarkan berbagai fitur, seperti pembelajaran kosa kata, latihan mendengarkan, pembelajaran tata bahasa, hingga uji percakapan. Aplikasi ini cocok untuk pemula yang ingin belajar bahasa Inggris secara serius.

5. HelloTalk

HelloTalk adalah aplikasi belajar bahasa Inggris yang berbeda dari yang lain. Aplikasi ini fokus pada latihan percakapan antar pengguna dengan bahasa asing yang ingin dipelajari. HelloTalk memberikan fitur untuk berkomunikasi langsung dengan penutur asli bahasa Inggris melalui pesan teks, suara, maupun panggilan video. Dengan fitur ini, pemula dapat langsung berlatih percakapan dengan orang yang menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa ibu.

6. Memrise

Aplikasi Memrise menawarkan cara belajar bahasa Inggris yang unik melalui teknik memori visual. Aplikasi ini menawarkan pembelajaran yang menyenangkan dengan memanfaatkan gambar dan audio yang menarik. Selain itu, Memrise juga menawarkan fitur “flashcard” yang memudahkan pengguna untuk mengingat kosa kata bahasa Inggris dengan lebih mudah. Aplikasi ini cocok untuk pemula yang ingin belajar bahasa Inggris dengan cara yang berbeda.

7. Mango Languages

Mango Languages juga merupakan salah satu aplikasi belajar bahasa Inggris yang dapat diakses secara gratis. Aplikasi ini menawarkan fitur pembelajaran bahasa Inggris melalui berbagai materi interaktif, seperti teks, audio, video, serta latihan percakapan. Mango Languages cocok untuk pemula yang ingin belajar bahasa Inggris dengan gaya pembelajaran yang beragam.
Dari keseluruhan aplikasi belajar bahasa Inggris gratis untuk pemula di atas, tentu tiap aplikasi memiliki keunggulan masing-masing. Pemula dapat mencoba satu per satu aplikasi tersebut untuk menentukan mana yang paling cocok dengan gaya pembelajaran mereka. Selamat belajar dan semoga sukses dalam menguasai bahasa Inggris!

KSDA Jateng adalah portal berita dan informasi terbaru Jateng. Situs ini memiliki visi untuk memberikan informasi yang akurat, terkini, dan bermanfaat bagi masyarakat Jateng.
Back to top button