Servis Dengan Pukulan Melambung Tinggi Ke Belakang Disebut

Servis merupakan salah satu teknik dasar dalam olahraga bulu tangkis yang memiliki peran penting dalam permainan. Salah satu jenis servis yang cukup populer adalah servis dengan pukulan melambung tinggi ke belakang. Pada artikel ini, kita akan membahas lebih lanjut tentang servis dengan pukulan melambung tinggi ke belakang dan teknik-teknik yang perlu diperhatikan dalam melakukannya.

Apa Itu Servis Dengan Pukulan Melambung Tinggi Ke Belakang?

Servis dengan pukulan melambung tinggi ke belakang merupakan jenis servis di mana pemain melakukan pukulan mengarah ke belakang lapangan lawan dengan sudut pukulan yang cukup tinggi. Servis ini biasanya digunakan untuk mengubah ritme permainan, mengambil inisiatif, atau mencari posisi yang lebih menguntungkan dalam permainan.

Teknik Dasar Servis Dengan Pukulan Melambung Tinggi Ke Belakang

  1. Posisi Tubuh
  2. Pastikan posisi tubuh Anda berada di tengah-tengah area servis. Posisi kaki sedikit terbuka dan berat tubuh agak condong ke depan.

  3. Pegangan Raket
  4. Pegang raket dengan pegangan overhead grip untuk mendapatkan kontrol yang lebih baik dalam melakukan servis.

  5. Pukulan
  6. Pukul shuttlecock dengan menggunakan pergelangan tangan yang fleksibel untuk mendapatkan pukulan yang melambung tinggi ke belakang.

  7. Sudut Pukulan
  8. Pastikan sudut pukulan Anda cukup tinggi agar shuttlecock dapat mencapai area belakang lapangan lawan dengan tepat.

  9. Daya Pukulan
  10. Pastikan memberikan daya pukul yang cukup untuk menghindari shuttlecock terlalu dekat dengan net dan memudahkan lawan dalam melakukan serangan balik.

Strategi Menggunakan Servis Dengan Pukulan Melambung Tinggi Ke Belakang

Servis dengan pukulan melambung tinggi ke belakang dapat digunakan dalam berbagai strategi permainan. Beberapa strategi yang dapat Anda terapkan adalah:

  1. Menggertak lawan
  2. Dengan melakukan servis melambung tinggi ke belakang, Anda dapat menggertak lawan untuk bereaksi cepat dan mengambil inisiatif dalam permainan.

  3. Mencari posisi yang lebih menguntungkan
  4. Dengan menggunakan servis melambung tinggi ke belakang, Anda dapat mencari posisi yang lebih menguntungkan dalam permainan dan memaksa lawan untuk bergerak lebih jauh ke belakang lapangan.

  5. Mengubah ritme permainan
  6. Servis melambung tinggi ke belakang juga dapat digunakan untuk mengubah ritme permainan dan membuat lawan kesulitan dalam mengikuti permainan Anda.

Kesimpulan

Servis dengan pukulan melambung tinggi ke belakang merupakan salah satu teknik servis yang cukup populer dalam olahraga bulu tangkis. Dengan memperhatikan teknik dasar, strategi permainan, dan mengasah kemampuan pukulan, Anda dapat menguasai servis ini dan menggunakannya untuk meningkatkan permainan Anda. Selalu latih teknik servis Anda secara berkala untuk meningkatkan kualitas permainan dan menjadi pemain bulu tangkis yang lebih baik.

KSDA Jateng adalah portal berita dan informasi terbaru Jateng. Situs ini memiliki visi untuk memberikan informasi yang akurat, terkini, dan bermanfaat bagi masyarakat Jateng.
Back to top button