Wiki

Surat Al Falaq Latin Dan Arti

Surat Al Falaq merupakan surat ke-113 dalam Al-Qur’an dan terdiri dari 5 ayat. Surat ini termasuk dalam golongan surat Makkiyah yang diturunkan di kota Mekah. Surat Al Falaq banyak diselipkan dalam amalan sehari-hari umat Islam karena dikenal sebagai surat perlindungan dari berbagai macam kejahatan. Dalam artikel ini, akan dibahas mengenai teks surat Al Falaq dalam huruf Latin beserta artinya.

Teks Surat Al Falaq dalam Huruf Latin

Berikut adalah teks surat Al Falaq dalam huruf Latin beserta terjemahan dalam bahasa Indonesia:

A’udzu birobbil falaq
Min syarri maa kholaq
Wa min syarri ghaasiqin idza waqob
Wa min syarri naffaatsaat fil ‘uqod
Wa min syarri haasidin idza hasad

Terjemahan:
Aku berlindung kepada Tuhan yang menguasai subuh
Dari kejahatan (makhluk yang) Dia ciptakan
Dan dari kejahatan malam apabila telah gelap gulita
Dan dari kejahatan wanita-wanita tukang sihir yang meniup pada buhul-buhul
Dan dari kejahatan orang yang dengki apabila ia dengki

Arti Surat Al Falaq

Surat Al Falaq mengandung doa perlindungan kepada Allah dari berbagai macam kejahatan yang dapat menimpa manusia. Di dalam surat ini, terdapat penjelasan mengenai kejahatan yang diciptakan oleh Allah, baik dalam bentuk makhluk ciptaan-Nya maupun kejahatan yang dilakukan oleh manusia.

Dalam ayat pertama, surat ini memulai dengan menyebut nama Tuhan yang menguasai pagi hari, yaitu Allah Yang Maha Esa. Selanjutnya, dalam ayat-ayat berikutnya menjelaskan tentang ancaman kejahatan yang mengintai manusia, baik di waktu siang maupun di waktu malam.

Ayat kedua dan ketiga menjelaskan tentang kejahatan yang datang di waktu malam, yang seringkali dikaitkan dengan hal-hal yang gelap dan tidak terlihat. Sementara, ayat keempat membahas tentang kejahatan yang dilakukan oleh wanita-wanita tukang sihir yang melakukan sihir dengan meniup pada buhul-buhul (paras rambut).

Terakhir, ayat kelima menyinggung tentang kejahatan yang dilakukan oleh orang yang dengki terhadap orang lain. Dendam dan iri hati merupakan sifat buruk yang harus dihindari karena dapat menimbulkan kejahatan yang merugikan baik diri sendiri maupun orang lain.

Keutamaan Membaca Surat Al Falaq

Membaca Surat Al Falaq memiliki banyak keutamaan dan manfaat bagi umat Islam. Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut:

  1. Mendapatkan perlindungan dari segala macam kejahatan yang mengintai
  2. Menjauhkan diri dari kesialan dan bencana
  3. Menyucikan diri dari gangguan makhluk halus
  4. Menjaga diri dari fitnah dan musibah
  5. Mendapatkan ketenangan dan keamanan dalam menjalani hidup

Dengan memahami dan mengamalkan Surat Al Falaq, umat Islam diharapkan dapat terhindar dari segala macam kejahatan dan mendapatkan perlindungan serta ridha Allah SWT.

Cara Mengamalkan Surat Al Falaq

Untuk mendapatkan manfaat dan keutamaan dari Surat Al Falaq, umat Islam dianjurkan untuk membacanya secara rutin dan konsisten setiap hari. Berikut ini adalah beberapa cara untuk mengamalkan Surat Al Falaq:

  1. Membaca Surat Al Falaq setiap selesai shalat fardhu
  2. Membaca Surat Al Falaq sebelum tidur di malam hari
  3. Membaca Surat Al Falaq sebagai amalan harian sebelum memulai aktivitas
  4. Mengajarkan Surat Al Falaq kepada anak-anak dan keluarga
  5. Menggunakan Surat Al Falaq sebagai jampi-jampi perlindungan di berbagai kesempatan

Dengan mengamalkan Surat Al Falaq sesuai dengan tata cara yang benar, diharapkan umat Islam dapat merasakan manfaat dan keberkahan dalam setiap langkah kehidupannya.

Kesimpulan

Surat Al Falaq merupakan surat perlindungan dari segala macam kejahatan yang dijelaskan dalam ayat-ayatnya. Dengan memahami teks dan artinya, serta mengamalkannya secara konsisten, umat Islam diharapkan dapat mendapatkan berbagai manfaat dan keutamaan dalam menjalani kehidupan sehari-hari.

Dengan penuh keyakinan dan ketundukan kepada Allah SWT, membaca Surat Al Falaq menjadi salah satu upaya untuk meningkatkan keimanan dan ketakwaan sebagai hamba-Nya. Semoga artikel ini bermanfaat dan menjadi motivasi untuk lebih mendalami isi Al-Qur’an sebagai petunjuk hidup yang benar. Aamiin.

Redaksi KSDA Jateng

KSDA Jateng adalah portal berita dan informasi terbaru Jateng. Situs ini memiliki visi untuk memberikan informasi yang akurat, terkini, dan bermanfaat bagi masyarakat Jateng.
Back to top button