Ini Dia Doa Setelah Adzan yang Penuh Makna dan Keutamaannya!

Adzan merupakan panggilan untuk umat Muslim agar datang ke masjid dan melaksanakan shalat lima waktu. Setelah adzan selesai, umat Muslim disunnahkan untuk membaca doa tertentu sebagai tanda bersyukur dan memohon kepada Allah SWT. Berikut ini adalah beberapa doa setelah adzan beserta artinya yang bisa dipahami dan diamalkan oleh umat Muslim.

1. Doa Setelah Adzan Pertama

Doa: أَشْهَدُ أَنْ لَا إِلٰهَ إِلَّا اللهُ وَحْدَهُ لَا شَرِيْكَ لَهُ، وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ، رَضِيْتُ بِاللهِ رَبًّا، وَبِمُحَمَّدٍ رَسُوْلًا، وَبِاْلْاِسْلَامِ دِيْنًا

Artinya: Aku bersaksi bahwa tidak ada Tuhan selain Allah, Yang Maha Esa, tiada sekutu bagi-Nya, dan aku bersaksi bahwa Nabi Muhammad adalah hamba dan Rasul-Nya. Aku ridha Allah sebagai Tuhan, Muhammad sebagai Rasul, dan Islam sebagai agama.

2. Doa Setelah Adzan Kedua

Doa: اللهُمَّ رَبَّ هَذِهِ الدَّعْوَةِ التَّامَّةِ وَالصَّلاَةِ الْقَآئِمَةِ، آتِ مُحَمَّدًا الْوَسِيْلَةَ وَالْفَضِيْلَةَ وَابْعَثْهُ مَقَامًا مَحْمُوْدًا الَّذِي وَعَدْتَه

Artinya: Ya Allah, Tuhan panggilan yang sempurna dan shalat yang didirikan, berikanlah kepada Nabi Muhammad kedudukan yang terpuji yang telah Engkau janjikan kepadanya.

3. Doa Setelah Adzan Ketiga

Doa: اللّهُمَّ اجْعَلْني مِنَ الَّذِينَ يَسْتَمِعُونَ الْقَوْلَ فَيَتَّبِعُونَ أَحْسَنَهُ، فَإِنَّهُمْ أُولئِكَ الَّذِينَ هَداهُمُ اللهُ وَأُولئِكَ هُمْ أُوْلُوا الْأَلْبَابِ

Artinya: Ya Allah, jadikanlah aku termasuk orang-orang yang mendengarkan perkataan lalu mengikuti yang terbaik darinya, sesungguhnya mereka itulah orang-orang yang telah diberi petunjuk oleh Allah dan mereka itulah orang-orang yang memiliki akal.

4. Doa Setelah Adzan Keempat

Doa: اللّهُمَّ رَبَّ هَذِهِ الدَّعْوَةِ التَّامَّةِ وَالصَّلاَةِ الْقَائِمَةِ، اَتِ مُحَمَّدًا الْوَسِيْلَةَ وَالْفَضِيْلَةَ وَابْعَثْهُ مَقَامًا مَحْمُوْدً الَّذِي وَعَدْتَه

Artinya: Ya Allah, Tuhan panggilan yang sempurna dan shalat yang didirikan, berikanlah kepada Nabi Muhammad kedudukan yang terpuji yang telah Engkau janjikan kepadanya.

5. Doa Setelah Adzan Kelima

Doa: اللّهُمَّ اغْفِرْ لي وَلِوَالِدَيَّ وَلِلْمُؤْمِنِينَ وَالْمُؤْمِنَاتِ، وَالْمُسْلِمِينَ وَالْمُسْلِمَاتِ، الأَحْيَاءِ مِنْهُمْ وَالأَمْوَاتِ

Artinya: Ya Allah, berikanlah ampunan kepada aku, orang tua ku, orang-orang mukmin laki-laki dan perempuan, orang-orang Islam laki-laki dan perempuan, orang-orang yang masih hidup di antara mereka dan orang-orang yang telah meninggal.

6. Doa Setelah Adzan Keenam

Doa: اللّهُمَّ رَبَّ هَذِهِ الدَّعْوَةِ التَّامَةِ وَالصَّلاَةِ الْقائِمَةِ، اَتِ مُحَمَّدًا الْوَسِيلَةَ وَالْفَضيلَةَ وَابْعَثْهُ مَقَاماً مَحْمُوداً الذي وعدَتَه

Artinya: Ya Allah, Tuhan panggilan yang sempurna dan shalat yang didirikan, berikanlah kepada Nabi Muhammad kedudukan yang terpuji yang telah Engkau janjikan kepadanya.

7. Doa Setelah Adzan Ketujuh

Doa: اللّهُمَّ إِنِّي اَسْأَلُكَ عِلْمًا نَافِعًا وَرِزْقًا طَيِّبًا وَعَمَلًا مُتَقَبَّلاً

Artinya: Ya Allah, aku memohon kepada-Mu ilmu yang bermanfaat, rizki yang halal, dan amal yang diterima di sisi-Mu.

8. Doa Setelah Adzan Kedelapan

Doa: رَضِيتُ بِاللهِ رَبًّا، وَبِالإِسْلاَمِ دِيْنًا، وَبِمُحَمَّدٍ نَبِيْا

Artinya: Aku ridha Allah sebagai Tuhan, Islam sebagai agama, dan Nabi Muhammad sebagai nabi.

Demikianlah beberapa doa setelah adzan beserta artinya yang dianjurkan untuk diamalkan oleh umat Muslim setelah adzan dikumandangkan. Doa-doa tersebut mengandung makna syukur, memohon ampunan, dan permohonan yang baik kepada Allah SWT. Semoga dengan membaca doa setelah adzan, kita senantiasa mendapatkan rahmat dan ridha-Nya.

Redaksi KSDA Jateng

KSDA Jateng adalah portal berita dan informasi terbaru Jateng. Situs ini memiliki visi untuk memberikan informasi yang akurat, terkini, dan bermanfaat bagi masyarakat Jateng.
Back to top button