Doa Sholat Tarawih Dan Witir

Doa sholat tarawih dan witir merupakan doa-do yang dibaca pada saat melaksanakan sholat sunnah tarawih dan sholat sunnah witir. Sholat tarawih dilakukan pada bulan Ramadhan setelah sholat Isya dan sebelum sholat witir. Sedangkan sholat witir adalah sholat sunnah yang dilakukan pada malam hari.

Doa Sholat Tarawih

Berikut adalah doa yang bisa dibaca setelah melaksanakan sholat tarawih:

  1. Doa setelah 2 rakaat pertama: Subhaanal malikil qudduusi
  2. Doa setelah 4 rakaat: Allahumma innaka affuwun kariimun tuhibbul afwa fa’fu annii
  3. Doa setelah 6 rakaat: Allahumma innaka afuwwun tuhibbul afwa fa’afoo ‘anni
  4. Doa setelah 8 rakaat: Allahumma inni as-aluka ‘ilmann naafi’an wa rizqan tayyiban wa ‘amalan mutaqabbalan

Doa Sholat Witir

Setelah melaksanakan sholat witir, berikut adalah doa yang bisa dibaca:

  1. Doa qunut witir: Allahumma ihdini fiiman hadayta, wa ‘aafini fiiman ‘aafayta, wa tawalani fiiman tawallayta, wa baarik li fiima a’taita, wa qini syarra maa qadayta, fa innaka taqdi wa laa yuqda ‘alayka, innahu laa yadzillu munzillu wa laa yu’izzu man aadaita, tabaarakta rabbanaa wa ta’aalayta.

Penjelasan Doa Sholat Tarawih Dan Witir

Doa-doa yang dibaca setelah sholat tarawih dan witir mengandung makna permohonan ampunan, petunjuk, keberkahan, dan perlindungan dari segala keburukan. Dengan membaca doa-doa tersebut, umat muslim diharapkan mendapatkan ridha dan keberkahan dari Allah SWT serta terhindar dari segala mara bahaya.

Sholat tarawih dan witir merupakan ibadah sunnah yang dianjurkan untuk dilaksanakan pada bulan Ramadhan. Melalui sholat ini, umat muslim diberikan kesempatan untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT dan meningkatkan ketaqwaan.

Manfaat Membaca Doa Sholat Tarawih Dan Witir

Membaca doa sholat tarawih dan witir memiliki berbagai manfaat, antara lain:

  1. Mendekatkan diri kepada Allah SWT
  2. Mendapatkan keberkahan dalam ibadah
  3. Mendapatkan perlindungan dari segala mara bahaya
  4. Memohon ampunan atas dosa-dosa yang telah dilakukan

Kesimpulan

Doa sholat tarawih dan witir merupakan bagian penting dari ibadah sholat sunnah yang dilakukan pada bulan Ramadhan. Dengan membaca doa-doa tersebut, umat muslim diharapkan mendapatkan ridha dan keberkahan dari Allah SWT serta terhindar dari segala mara bahaya.

Sebagai umat muslim, penting bagi kita untuk melaksanakan sholat tarawih dan witir serta membaca doa-doa yang dianjurkan. Dengan demikian, kita dapat memperoleh keberkahan dan perlindungan dari Allah SWT.

Redaksi KSDA Jateng

KSDA Jateng adalah portal berita dan informasi terbaru Jateng. Situs ini memiliki visi untuk memberikan informasi yang akurat, terkini, dan bermanfaat bagi masyarakat Jateng.
Back to top button