Tutorial

Tata Cara Sholat Tasbih 2 Rakaat

Sholat merupakan salah satu kewajiban utama bagi umat muslim. Sholat dapat dilakukan dalam berbagai bentuk, salah satunya adalah sholat sunnah tasbih. Sholat tasbih adalah salah satu sholat sunnah yang dianjurkan dilakukan oleh Rasulullah SAW. Salah satu bentuknya adalah Sholat Tasbih 2 Rakaat. Pada artikel ini, kita akan membahas tata cara sholat tasbih 2 rakaat secara lengkap.

Apa Itu Sholat Tasbih?

Sholat tasbih adalah sholat sunnah yang diajarkan oleh Nabi Muhammad SAW kepada umat Islam. Sholat ini memiliki keutamaan tersendiri bagi yang melakukannya. Sholat tasbih bisa dilakukan setiap hari, tidak terkecuali.

Keutamaan Sholat Tasbih

Sholat tasbih memiliki beberapa keutamaan, di antaranya adalah:

  1. Mendekatkan diri kepada Allah SWT: Dengan melaksanakan sholat tasbih, seseorang bisa semakin mendekatkan diri kepada Allah SWT.
  2. Menghapus dosa: Dengan melaksanakan sholat tasbih, dosa-dosa yang telah dilakukan dapat diampuni oleh Allah SWT.
  3. Menenangkan jiwa: Sholat tasbih juga bisa membuat hati dan jiwa seseorang menjadi lebih tenang dan tentram.
  4. Menambah pahala: Setiap amal ibadah yang dilakukan dengan ikhlas pasti akan mendapatkan pahala yang berlipat.

Tata Cara Sholat Tasbih 2 Rakaat

Berikut adalah tata cara sholat tasbih 2 rakaat yang benar:

1. Niat

Niat adalah langkah pertama sebelum melaksanakan sholat tasbih. Niat dilakukan dalam hati untuk memperjelas tujuan ibadah yang dilakukan.

Contoh niat sholat tasbih 2 rakaat: “Saya niat sholat sunnah tasbih 2 rakaat karena Allah SWT.”

2. Takbiratul Ihram

Seperti sholat pada umumnya, sholat tasbih juga dimulai dengan takbiratul ihram atau pembacaan takbir pertama. Angkat tangan sejajar dengan bahu sambil membaca “Allahu Akbar”.

3. Membaca Surat Al-Fatihah dan Surat Pilihan

Setelah takbiratul ihram, bacalah Surat Al-Fatihah seperti biasa diikuti dengan surat pilihan seperti Surat Al-Ikhlas atau Surat-Surat pendek lainnya.

4. Ruku dan I’tidal

Sesudah membaca surat, ruku dan i’tidal dilakukan seperti sholat pada umumnya. Ruku dilakukan dengan posisi badan membungkuk ke depan sambil membaca “Subhanallah”. I’tidal dilakukan dengan bangkit tegak sambil membaca “Sami’Allahu liman Hamidah”.

5. Sujud

Setelah i’tidal, lakukanlah sujud. Sujud dilakukan dengan posisi dahi menyentuh lantai dan telapak tangan, lutut, dan ujung kaki menempel di lantai sambil membaca “Subhana Rabbiyal A’la”.

6. Duduk di Antara Dua Sujud

Setelah sujud pertama, duduklah sebentar sebelum melakukan sujud kedua. Duduk ini dilakukan dengan posisi duduk tawarruk atau bersila sambil membaca “Rabbighfirli”.

7. Tahiyat Awal dan Akhir

Setelah sujud kedua, lakukan tahiyat awal dan akhir sebagaimana yang dilakukan dalam sholat pada umumnya.

8. Salam

Akhir dari sholat tasbih adalah dengan mengucapkan salam. Salam dilakukan dengan menghadap ke kanan dan mengucapkan “Assalamu’alaikum warahmatullah”.

Demikanlah tata cara sholat tasbih 2 rakaat yang benar. Semoga dapat bermanfaat dan menjadi amal ibadah yang diterima oleh Allah SWT. Mari kita tingkatkan kualitas ibadah kita agar mendapatkan keberkahan dan rahmat-Nya.

Kesimpulan

Sholat tasbih adalah salah satu sholat sunnah yang memiliki keutamaan tersendiri. Melaksanakan sholat tasbih 2 rakaat dengan benar dapat membawa berkah dan keberkahan bagi yang melakukannya. Janganlah sia-siakan kesempatan untuk mendekatkan diri kepada Allah melalui ibadah yang satu ini. Selamat mencoba!

Redaksi KSDA Jateng

KSDA Jateng adalah portal berita dan informasi terbaru Jateng. Situs ini memiliki visi untuk memberikan informasi yang akurat, terkini, dan bermanfaat bagi masyarakat Jateng.
Back to top button