Tata Cara Sholat Tahajud 2 Rakaat

Sholat Tahajud adalah salah satu ibadah sunnah yang sangat dianjurkan untuk dilakukan oleh umat Muslim. Sholat ini dilakukan di malam hari, setelah bangun dari tidur, untuk memperoleh berkah dan keberkahan dari Allah SWT. Berikut ini adalah tata cara sholat Tahajud 2 rakaat yang dapat diikuti oleh umat Muslim:

1. Niat

Sebelum memulai sholat Tahajud, seorang Muslim harus berniat untuk melaksanakan sholat Tahajud 2 rakaat karena Allah SWT. Niat dilakukan di dalam hati tanpa perlu diucapkan dengan kata-kata secara lisan. Niat harus murni karena Allah semata tanpa ada unsur riya’ atau pamer.

2. Wudhu

Setelah berniat, seorang Muslim harus mempersiapkan diri dengan melakukan wudhu seperti biasa sebelum sholat. Pastikan wudhu dilakukan dengan sempurna dan memperhatikan setiap bagian tubuh yang wajib dibasuh dalam wudhu.

3. Menunaikan Sholat Tahajud

a. Sholat Sunnah Tahajud

Sholat tahajud dikerjakan pada malam hari, sebaiknya dalam dua rakaat. Sholat sunah tahajud adalah sunah yang dilakukan di malam hari sesudah tidur terlebih dahulu. Allah Subhannahu Wa Ta’ala berfirman:

وَمِنَ ٱلَّيۡلِ فَتَهَجَّدۡ بِهِۦ نَافِلَةً۬ لَّكَ عَسَىٰٓ أَن يَبۡعَثَكَ رَبُّكَ مَقَامً۬ا مَّحۡمُودً۬ا

“Dan diwaktu malam, bersembahyanglah kepada-Nya sebagai suatu ibadah tambahan bagimu; mudah-mudahan Tuhanmu akan membangkitkanmu ke tempat yang terpuji.” (QS. Al-Isra: 79)

b. Cara Melaksanakan Sholat Tahajud

Berikut adalah tata cara melaksanakan sholat Tahajud 2 rakaat yang mudah diikuti:

  1. Takbiratul Ihram: memulai sholat dengan niat dan mengangkat tangan sambil mengucapkan takbir (Allahu Akbar).
  2. Qiyam: berdiri dengan khusyuk dan khushu’ selama membaca Al-Fatihah dan surah di rakaat pertama dan kedua.
  3. Ruku’: membungkuk dengan lurus dan meletakkan tangan di atas lutut sambil mengucapkan dzikir ruku’.
  4. I’tidal: bangkit dari ruku’ dengan posisi berdiri lurus sambil mengucapkan “Sami’Allahu liman hamidah, Rabbana lakal hamd.”
  5. Sujud: sujud dua kali dengan khusyuk sambil mengucapkan dzikir sujud.
  6. Duduk diantara dua sujud: duduk sebentar setelah sujud pertama sebelum sujud kedua.
  7. Tashahhud: duduk tasyahhud di rakaat kedua setelah sujud kedua.
  8. Salam: mengakhiri sholat dengan salam.

c. Bacaan dalam Sholat Tahajud

Untuk sholat Tahajud, bacaan Al-Fatihah dan surah pendek di rakaat pertama dan rakaat kedua dapat berbeda. Surah yang biasa dibaca adalah surah Al-Ikhlas, Al-Falaq, An-Nas, atau surah-surah pendek lainnya.

4. Waktu Pelaksanaan Sholat Tahajud

Sholat Tahajud dikerjakan pada malam hari, sebaiknya di waktu sepertiga atau dua pertiga malam setelah tidur. Rasulullah SAW bersabda, “Sesungguhnya Allah turun ke langit dunia ketika sepertiga malam terakhir berlalu dan Dia berfirman, ‘Ada yang meminta kepada-Ku, maka Aku akan memberi; ada yang memohon ampun kepada-Ku, maka Aku akan memberi ampunan; ada yang minta rahmat, maka Aku akan memberi rahmat.” (HR. Bukhari dan Muslim)

5. Keutamaan Sholat Tahajud

Sholat Tahajud memiliki banyak keutamaan dan manfaat bagi seorang Muslim. Beberapa keutamaan sholat Tahajud antara lain:

  • Mendekatkan diri kepada Allah SWT: Sholat Tahajud adalah waktu di mana seorang Muslim bisa berkomunikasi langsung dengan Allah SWT tanpa gangguan dan keheningan malam.
  • Menghapus dosa-dosa: Sholat Tahajud dapat menghapus dosa-dosa yang telah dilakukan sejak terakhir kali sholat sunah.
  • Menambah pahala: Sholat Tahajud adalah amal ibadah yang penuh pahala dan kebaikan di sisi Allah SWT.
  • Menjamin masuk surga: Rasulullah SAW bersabda, “Setiap manusia di antara kalian ada yang ditaruh pada pintu surga, masing-masing pintu itu mempunyai namanya, dan setiap-tiap pintu itu ada yang mendoakan mereka dhuhur selalu sholat malam.” (HR. Bukhari dan Muslim)

6. Penutup

Sholat Tahajud 2 rakaat merupakan salah satu ibadah sunnah yang sangat dianjurkan untuk dilakukan oleh umat Muslim. Melaksanakan sholat Tahajud dengan penuh khusyuk dan keikhlasan akan mendatangkan berkah dan keberkahan dari Allah SWT. Dengan mengikuti tata cara sholat Tahajud 2 rakaat yang benar, diharapkan umat Muslim dapat semakin mendekatkan diri kepada Allah SWT dan meraih keutamaan-keutamaan yang terkandung dalam ibadah ini.

Redaksi KSDA Jateng

KSDA Jateng adalah portal berita dan informasi terbaru Jateng. Situs ini memiliki visi untuk memberikan informasi yang akurat, terkini, dan bermanfaat bagi masyarakat Jateng.
Back to top button