Tutorial

Cara Print Excel Agar Tidak Terpotong

Microsoft Excel adalah salah satu program spreadsheet yang paling populer digunakan di seluruh dunia. Seringkali, ketika Anda mencoba mencetak data dari Excel, terutama jika data tersebut membutuhkan lebih dari satu halaman, Anda mungkin mengalami masalah di mana output cetakan terpotong atau tidak sesuai dengan yang Anda inginkan. Untuk mengatasi masalah ini, berikut adalah beberapa cara yang dapat Anda lakukan agar print Excel tidak terpotong.

1. Mengatur Area Cetak

Mengatur area cetak adalah langkah pertama yang dapat Anda lakukan untuk menjamin bahwa cetakan Excel Anda tidak akan terpotong. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Pilih area yang ingin Anda cetak: Sebelum Anda mencetak spreadsheet, pastikan Anda telah memilih area yang ingin dicetak. Anda dapat melakukannya dengan menyeret kursor Anda di sel-sel tertentu atau dengan menekan tombol ‘Ctrl’ dan ‘A’ untuk memilih seluruh spreadsheet.
  2. Pilih tab ‘Page Layout’: Setelah Anda memilih area yang ingin dicetak, pilih tab ‘Page Layout’ di bagian atas jendela Excel.
  3. Pilih ‘Print Area’ dan kemudian ‘Set Print Area’: Di grup ‘Page Setup’, klik pada ‘Print Area’ dan pilih ‘Set Print Area’. Ini akan membatasi area cetak untuk area yang telah Anda pilih sebelumnya.

2. Mengatur Skala Cetakan

Mengatur skala cetakan adalah langkah berikutnya yang dapat Anda lakukan untuk memastikan bahwa cetakan Excel Anda tidak terpotong. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Pilih tab ‘File’ dan kemudian ‘Print’: Setelah Anda mengatur area cetak, pilih tab ‘File’ di bagian atas jendela Excel dan kemudian pilih ‘Print’.
  2. Pilih opsi ‘No Scaling’: Di bagian ‘Settings’, pastikan Anda memilih opsi ‘No Scaling’ atau ‘Actual Size’ untuk mencetak spreadsheet tanpa memperkecil atau memperbesar ukurannya.
  3. Atur Margin: Di bagian ‘Margins’, pastikan Anda mengatur margin sesuai kebutuhan Anda agar tidak ada data yang terpotong saat dicetak.

3. Menggunakan Fitur ‘Fit Sheet on One Page’

Jika Anda masih mengalami masalah dengan ukuran cetakan Excel yang terpotong, Anda dapat mencoba untuk menggunakan fitur ‘Fit Sheet on One Page’. Fitur ini akan secara otomatis memperkecil atau memperbesar ukuran spreadsheet Anda agar muat dalam satu halaman cetak.

  1. Pilih tab ‘File’ dan kemudian ‘Print’: Seperti langkah sebelumnya, pilih tab ‘File’ di bagian atas jendela Excel dan kemudian pilih ‘Print’.
  2. Pilih opsi ‘Fit Sheet on One Page’: Di bagian ‘Settings’, pilih opsi ‘Fit Sheet on One Page’. Excel akan secara otomatis menyesuaikan ukuran spreadsheet Anda agar muat dalam satu halaman cetak.

4. Memeriksa Layout dan Orientasi

Selain mengatur area cetak dan skala cetakan, Anda juga perlu memeriksa layout dan orientasi cetakan Anda untuk memastikan bahwa cetakan Excel tidak terpotong.

  1. Pilih tab ‘Page Layout’ dan kemudian ‘Orientation’: Pilih tab ‘Page Layout’ di bagian atas jendela Excel dan kemudian pilih ‘Orientation’. Pastikan Anda telah memilih orientasi (P landscape atau portrait) yang sesuai dengan data yang ingin Anda cetak.
  2. Atur Layout Cetakan: Di bagian ‘Page Setup’, Anda juga dapat mengatur layout cetakan seperti header, footer, dan tata letak halaman agar sesuai dengan kebutuhan Anda.

5. Melakukan Percobaan Cetak

Langkah terakhir yang dapat Anda lakukan adalah dengan melakukan percobaan cetak sebelum mencetak data secara resmi. Pastikan untuk memeriksa tampilan cetakan Anda di preview sebelum mencetaknya.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat memastikan bahwa print Excel Anda tidak terpotong dan sesuai dengan yang Anda inginkan. Selamat mencoba!

Itulah beberapa cara print Excel agar tidak terpotong. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda. Terima kasih!

KSDA Jateng adalah portal berita dan informasi terbaru Jateng. Situs ini memiliki visi untuk memberikan informasi yang akurat, terkini, dan bermanfaat bagi masyarakat Jateng.
Back to top button