Tutorial

Cara Perkalian Bersusun

Perkalian adalah salah satu operasi matematika dasar yang perlu dikuasai oleh setiap anak. Salah satu metode perkalian yang dapat membantu anak meningkatkan kemampuan berhitung adalah perkalian bersusun. Perkalian bersusun merupakan metode perkalian yang digunakan untuk mengalikan dua bilangan dalam posisi yang bervariasi. Dalam artikel ini, kita akan membahas secara lengkap mengenai cara perkalian bersusun beserta manfaatnya.

Apa Itu Perkalian Bersusun?

Perkalian bersusun adalah metode perkalian yang dilakukan dengan mengalikan setiap angka pada satu bilangan dengan setiap angka pada bilangan lainnya. Metode ini memungkinkan anak untuk memahami konsep perkalian secara lebih mendalam dan membantu meningkatkan kemampuan berhitung mereka. Dengan perkalian bersusun, anak dapat mengembangkan kemampuan berpikir logis, kreativitas, dan ketelitian.

Manfaat Perkalian Bersusun

Perkalian bersusun memiliki banyak manfaat, antara lain:

  1. Meningkatkan pemahaman konsep perkalian
  2. Mempercepat penghitungan
  3. Mengembangkan kemampuan berpikir logis
  4. Membantu dalam memecahkan masalah matematika yang lebih kompleks
  5. Memperkuat daya ingat

Cara Perkalian Bersusun

Berikut adalah langkah-langkah cara melakukan perkalian bersusun:

1. Tentukan Bilangan Yang Akan Dikalikan

Pertama, tentukan dua bilangan yang akan dikalikan. Misalnya, kita akan mengalikan 23 dengan 14.

2. Kali Setiap Angka Pada Bilangan Pertama Dengan Setiap Angka Pada Bilangan Kedua

Kali angka pertama dari bilangan pertama (2) dengan angka pertama dari bilangan kedua (1), kemudian kalikan angka kedua dari bilangan pertama (3) dengan angka pertama dari bilangan kedua (1). Lanjutkan dengan mengalikan angka pertama dari bilangan pertama (2) dengan angka kedua dari bilangan kedua (4), dan terakhir kalikan angka kedua dari bilangan pertama (3) dengan angka kedua dari bilangan kedua (4).

3. Tambahkan Hasil Perkalian

Tambahkan hasil perkalian yang telah dilakukan pada langkah sebelumnya. Hasil penjumlahan inilah yang merupakan hasil perkalian kedua bilangan yang dipilih.

Contoh Perkalian Bersusun

Untuk lebih memahami cara perkalian bersusun, berikut adalah contoh perhitungan 23 x 14:

23

x 14

——

46 (2 x 1)

+ 69 (3 x 1, 2 x 4)

——

322

——

Latihan Perkalian Bersusun

Latihan adalah kunci utama dalam memahami dan menguasai perkalian bersusun. Berikut adalah beberapa latihan yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kemampuan berhitung anak:

  1. 14 x 23
  2. 32 x 17
  3. 56 x 12
  4. 88 x 10
  5. 41 x 19

Penutup

Perkalian bersusun merupakan metode yang efektif untuk meningkatkan kemampuan berhitung anak. Dengan memahami konsep perkalian bersusun, anak akan dapat mengalikan dua bilangan dengan lebih cepat dan tepat. Selain itu, perkalian bersusun juga dapat membantu anak mengembangkan kemampuan berpikir logis dan kreatif. Dengan melakukan latihan secara rutin, anak akan semakin mahir dalam melakukan perkalian bersusun. Selamat mencoba!

Redaksi KSDA Jateng

KSDA Jateng adalah portal berita dan informasi terbaru Jateng. Situs ini memiliki visi untuk memberikan informasi yang akurat, terkini, dan bermanfaat bagi masyarakat Jateng.
Back to top button