Tutorial

Cara Merekam Layar Iphone

Apakah Anda sering kali ingin merekam layar iPhone Anda untuk keperluan tertentu? Mungkin Anda ingin merekam tutorial penggunaan aplikasi, menyimpan percakapan video, atau menangkap momen-momen penting saat menggunakan iPhone. Apapun alasannya, merekam layar iPhone sebenarnya tidaklah sulit. Berikut adalah beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk merekam layar iPhone dengan mudah:

1. Menggunakan Fitur Bawaan iPhone: Screen Recording

Fitur screen recording merupakan fitur bawaan pada iPhone yang dapat membantu Anda merekam aktivitas layar iPhone tanpa perlu mengunduh aplikasi pihak ketiga. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Pertama, pastikan Anda telah mengaktifkan fitur Screen Recording di Control Center. Caranya adalah buka Pengaturan > Kontrol, lalu ketuk Sunting di bagian atas layar. Selanjutnya, temukan opsi Screen Recording dan tambahkan ke Control Center.
  2. Setelah itu, buka Control Center dengan menggeser layar ke atas (pada iPhone dengan Home button) atau geser layar dari pojok kanan atas ke bawah (pada iPhone tanpa Home button).
  3. Ketuk ikon **rec** yang terdapat di bagian bawah layar untuk memulai proses rekaman layar.
  4. Anda juga dapat memilih opsi untuk merekam suara dari mikrofon agar dapat merekam percakapan suara selama proses rekaman.
  5. Untuk menghentikan rekaman, cukup ketuk ikon **rec** kembali dan pilih Selesai.

2. Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga: Record it!

Jika Anda membutuhkan fitur yang lebih lengkap dan dapat disesuaikan, Anda dapat mengunduh aplikasi pihak ketiga seperti Record it! dari App Store. Aplikasi ini menawarkan berbagai fitur tambahan seperti pengeditan langsung setelah merekam, menambahkan teks atau gambar, serta membagikan hasil rekaman langsung ke berbagai platform media sosial.

Berikut langkah-langkah penggunaan aplikasi Record it!:

  1. Unduh dan pasang aplikasi Record it! dari App Store.
  2. Buka aplikasi dan atur pengaturan rekaman sesuai keinginan Anda.
  3. Mulai rekaman dengan menekan tombol rekam yang terdapat di layar aplikasi.
  4. Setelah selesai merekam, Anda dapat langsung mengedit hasil rekaman tersebut sebelum membagikannya ke teman-teman atau menyimpannya di perangkat.

3. Menggunakan Komputer: QuickTime Player

Jika Anda lebih nyaman untuk merekam layar iPhone menggunakan komputer, Anda dapat menggunakan QuickTime Player yang tersedia pada perangkat Mac. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Sambungkan iPhone Anda ke komputer menggunakan kabel USB.
  2. Buka QuickTime Player di komputer Anda.
  3. Pada menu QuickTime Player, pilih menu File > New Movie Recording.
  4. Klik panah kecil yang terdapat di sebelah tombol merekam dan pilih iPhone Anda sebagai perangkat perekaman.
  5. Anda dapat memulai rekaman dengan menekan tombol merekam yang terdapat di layar QuickTime Player.
  6. Setelah selesai merekam, Anda dapat menyimpan hasil rekaman tersebut di komputer Anda.

4. Menggunakan AirPlay Mirroring

Metode terakhir yang dapat Anda coba adalah menggunakan fitur AirPlay Mirroring yang tersedia pada iPhone. Dengan menggunakan fitur ini, Anda dapat menampilkan layar iPhone Anda langsung ke layar komputer, sehingga Anda dapat merekam layar iPhone menggunakan software perekaman layar komputer.

Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Pastikan iPhone dan komputer Anda terhubung dalam satu jaringan Wi-Fi yang sama.
  2. Di iPhone, buka Control Center dan ketuk opsi Screen Mirroring.
  3. Pilih perangkat komputer Anda yang mendukung AirPlay.
  4. Layar iPhone Anda akan ditampilkan di layar komputer.
  5. Gunakan software perekaman layar komputer untuk merekam aktivitas layar iPhone.

Dengan menggunakan salah satu dari empat metode di atas, Anda dapat dengan mudah merekam layar iPhone untuk berbagai keperluan. Pilihlah metode yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda dan mulailah merekam layar iPhone Anda sekarang juga!

KSDA Jateng adalah portal berita dan informasi terbaru Jateng. Situs ini memiliki visi untuk memberikan informasi yang akurat, terkini, dan bermanfaat bagi masyarakat Jateng.
Back to top button