Tutorial

Cara Menghilangkan Cegukan Pada Orang Dewasa

Cegukan, atau hiccups, adalah suara yang tidak disengaja yang dihasilkan ketika otot diafragma Anda berkontraksi tiba-tiba. Hal ini umumnya terjadi karena kontraksi yang tidak terkendali dari diafragma, menyebabkan masuknya udara ke paru-paru dengan cepat dan tertutup oleh pita suara, yang menyebabkan bunyi cegukan. Cegukan bisa terjadi pada siapa saja, dan seringkali dapat mengganggu aktivitas sehari-hari.

Berikut ini adalah beberapa metode yang dapat membantu mengatasi cegukan pada orang dewasa:

1. Mengonsumsi Air Putih

Minum air putih dalam jumlah yang cukup dapat membantu mengatasi cegukan. Air putih dapat membantu mengembalikan ritme pernapasan dan mengurangi iritasi pada diafragma.

2. Menarik Nafas Dalam-dalam dan Tahan

Teknik pernapasan seperti menarik nafas dalam-dalam dan menahannya selama beberapa detik sebelum perlahan-lahan mengeluarkannya dapat membantu mengatur ritme pernapasan dan mengurangi cegukan.

3. Menelan Gula

Menelan satu sendok makan gula kering tanpa dicampur air dapat merangsang saraf tenggorokan dan menghentikan cegukan.

4. Menarik Lidah

Cara lain untuk menghentikan cegukan adalah dengan menarik lidah keluar sejauh mungkin dan menahannya selama beberapa detik.

5. Menghirup Kapur Barus

Menghirup kapur barus yang telah dihancurkan dan dihirup bersama dengan sedikit air dapat membantu merangsang saraf tenggorokan dan menghentikan cegukan.

6. Mengonsumsi Es Batu

Mengunyah es batu atau minum air dingin dapat membantu merangsang saraf tenggorokan dan mengatasi cegukan.

7. Mengendus Bawang Putih

Mengendus bau bawang putih yang kuat dapat merangsang saraf dan membantu menghentikan cegukan.

8. Mengalihkan Perhatian

Cara lain yang dapat dicoba untuk mengatasi cegukan adalah dengan mengalihkan perhatian Anda pada sesuatu yang menarik, seperti memikirkan sesuatu yang membuat Anda tertawa.

9. Mengompres Area Telinga

Mengompres area telinga dengan lembut dapat merangsang saraf telinga dan membantu menghentikan cegukan.

10. Mengatur Pola Makan

Mengatur pola makan dengan memastikan Anda makan secara perlahan dan menghindari makanan pedas atau berlemak dapat membantu mencegah timbulnya cegukan.

Dengan mencoba beberapa metode di atas, diharapkan Anda dapat mengatasi cegukan dengan lebih mudah. Jika cegukan terus berlanjut dan tidak kunjung hilang, segera konsultasikan dengan dokter untuk penanganan lebih lanjut.

Selamat mencoba!

KSDA Jateng adalah portal berita dan informasi terbaru Jateng. Situs ini memiliki visi untuk memberikan informasi yang akurat, terkini, dan bermanfaat bagi masyarakat Jateng.
Back to top button