Tutorial

Cara Kerja Plts

Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) merupakan salah satu sistem pembangkit listrik yang menggunakan energi matahari sebagai sumber energinya. PLTS menjadi salah satu solusi untuk mengurangi penggunaan bahan bakar fosil yang semakin menyebabkan kerusakan lingkungan. Berikut ini adalah cara kerja PLTS.

1. Penangkapan Sinar Matahari

Proses pertama dalam cara kerja PLTS adalah penangkapan sinar matahari. PLTS menggunakan panel surya yang terbuat dari material semikonduktor, seperti silikon. Panel surya ini akan menangkap sinar matahari dan mengubahnya menjadi energi listrik. Panel surya terdiri dari sel-sel surya yang terhubung secara seri atau paralel untuk menghasilkan tegangan dan arus listrik yang dibutuhkan.

2. Konversi Energi Matahari Menjadi Listrik

Sinar matahari yang ditangkap oleh panel surya akan diubah menjadi energi listrik melalui proses fotovoltaik. Proses ini terjadi di dalam sel surya, di mana cahaya matahari diserap oleh material semikonduktor dan elektron-elektron di dalamnya terlepas. Elektron-elektron tersebut akan menghasilkan arus listrik yang dapat digunakan untuk memasok daya ke dalam rumah atau bangunan.

3. Penyimpanan Energi

Energi listrik yang dihasilkan oleh PLTS tidak selalu digunakan secara langsung. Oleh karena itu, PLTS dilengkapi dengan sistem penyimpanan energi yang biasanya menggunakan baterai sebagai media penyimpanannya. Energi listrik yang tidak digunakan akan disimpan di dalam baterai dan dapat digunakan saat dibutuhkan, misalnya pada malam hari atau saat cuaca tidak cerah.

4. Inverter dan Pengatur Daya

Listrik yang dihasilkan oleh panel surya berupa arus searah (DC), sedangkan kebanyakan peralatan rumah tangga menggunakan arus bolak-balik (AC). Oleh karena itu, PLTS dilengkapi dengan inverter yang berfungsi untuk mengubah arus DC menjadi arus AC agar dapat digunakan oleh peralatan elektronik. Selain itu, terdapat juga pengatur daya yang bertugas untuk mengontrol distribusi daya listrik sesuai kebutuhan.

5. Penyambungan ke Grid Listrik (Opsional)

Jika PLTS menghasilkan lebih banyak energi listrik daripada yang dibutuhkan, maka energi tersebut dapat disalurkan ke grid listrik. PLTS yang terhubung ke grid listrik disebut dengan On-Grid System. Dengan menyambungkan PLTS ke grid listrik, pemilik PLTS dapat memanfaatkan sistem pembayaran feed-in tariff yang ditawarkan oleh pemerintah sebagai insentif bagi pengguna energi terbarukan.

6. Monitor dan Maintenance

Untuk memastikan kinerja PLTS tetap optimal, diperlukan monitoring secara berkala terhadap sistem PLTS. Hal ini meliputi pemantauan terhadap kinerja panel surya, baterai, inverter, dan komponen lainnya. Selain itu, maintenance yang berkala juga diperlukan untuk memperpanjang umur pakai dan menjaga efisiensi PLTS.

7. Kelebihan PLTS PLTS memiliki beberapa kelebihan dibandingkan dengan pembangkit listrik konvensional, antara lain:
  • Sumber energi terbarukan: PLTS menggunakan energi matahari yang merupakan sumber energi terbarukan dan ramah lingkungan.
  • Biaya operasional rendah: Setelah instalasi, biaya operasional PLTS relatif rendah karena sumber energinya gratis.
  • Pemanfaatan lahan kosong: PLTS dapat dipasang di atap bangunan atau lahan kosong yang tidak digunakan, sehingga tidak memerlukan lahan tambahan.
  • Penyimpanan energi: PLTS dilengkapi dengan sistem penyimpanan energi yang memungkinkan penggunaan energi listrik di luar jam matahari.
  • Insentif pemerintah: Pemerintah biasanya memberikan insentif bagi pemilik PLTS seperti pajak rendah atau feed-in tariff.

8. Kesimpulan

Secara singkat, PLTS bekerja dengan cara menangkap sinar matahari melalui panel surya, mengubahnya menjadi energi listrik melalui proses fotovoltaik, menyimpan energi yang tidak digunakan, mengonversi arus listrik dari DC ke AC, dan menyambungkan ke grid listrik jika diperlukan. PLTS memiliki kelebihan dalam hal sumber energi terbarukan, biaya operasional rendah, pemanfaatan lahan kosong, penyimpanan energi, dan insentif pemerintah.

KSDA Jateng adalah portal berita dan informasi terbaru Jateng. Situs ini memiliki visi untuk memberikan informasi yang akurat, terkini, dan bermanfaat bagi masyarakat Jateng.
Back to top button